home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

9 Manfaat Buah Murbei, dari Turunkan Kolesterol Hingga Cegah Obesitas

9 Manfaat Buah Murbei, dari Turunkan Kolesterol Hingga Cegah Obesitas

Jika membahas buah beri, Anda mungkin tidak asing dengan stroberi atau blueberry. Namun, pernahkah Anda mencoba mulberry atau murbei? Kabarnya, buah murbei kaya akan beraneka vitamin, mineral, dan fitonutrien yang memiliki manfaat bagi tubuh.

Kandungan buah murbei

kandungan murbei

Murbei adalah buah beri beraneka warna yang umumnya tumbuh di Amerika Utara dan benua Asia. Selain dikonsumsi langsung, buah ini juga sering diolah menjadi jus, teh, minuman anggur, atau dikeringkan seperti kismis.

Satu genggam mulberry seberat 100 gram dapat memberikan tubuh Anda kandungan gizi sebagai berikut.

  • Energi: 43 kkal
  • Protein: 1,4 gram
  • Karbohidrat: 9,8 gram
  • Lemak: 0,4 gram
  • Serat: 1,7 gram
  • Vitamin B1: 0,03 miligram
  • Vitamin C: 36,4 miligram
  • Vitamin K: 7,8 mikrogram
  • Kalsium: 39 miligram
  • Besi: 1,9 miligram
  • Magnesium: 18 miligram
  • Fosfor: 38 miligram
  • Kalium: 194 miligram
  • Zinc: 1,12 miligram

Manfaat buah murbei

Kandungan vitamin, mineral, dan zat antioksidan dalam mulberry diyakini memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa di antaranya.

1. Membantu mencegah obesitas

Pada sebuah studi terhadap hewan, pemberian buah murbei ternyata dapat membantu menurunkan lemak yang berlebih. Antioksidan di dalamnya juga mengurangi lemak pada organ dan mencegah peradangan yang menjadi salah satu penyebab obesitas.

2. Menurunkan kolesterol jahat

Penelitian yang sama turut menunjukkan bahwa pemberian bubuk murbei membantu menurunkan kadar trigliserida, kolesterol LDL, dan kolesterol total. Selain itu, ekstrak buah beri ini juga meningkatkan jumlah kolesterol HDL yang baik bagi tubuh.

3. Menjaga kesehatan jantung

Dengan menurunkan trigliserida dan kolesterol LDL, buah bercita rasa manis ini juga turut melindungi kesehatan jantung Anda. Ini karena kolesterol LDL yang menumpuk dapat membentuk plak pada pembuluh darah sehingga memicu penyakit jantung.

4. Meredakan peradangan

Selain memberikan manfaat untuk otak, zat C3G pada buah murbei juga memiliki efek antiradang yang kuat. Studi terdahulu pun menunjukkan bahwa pemberian mulberry secara rutin dapat meredakan gejala pada tikus yang mengalami peradangan sendi.

5. Mencegah penyakit perlemakan hati

Manfaat lain dari buah mulberry adalah menurunkan risiko penyakit perlemakan hati. Pasalnya, senyawa antioksidan dalam buah yang berkerabat dengan sukun ini bisa menghambat penumpukan dan pembentukan lemak, terutama pada hati.

6. Menurunkan risiko kanker

Mulberry memiliki potensi untuk menurunkan risiko kanker paru-paru, lambung, dan kulit. Pada uji coba laboratorium, senyawa polifenol di dalamnya mampu menghambat pertumbuhan dan bahkan perpindahan sel-sel kanker ke organ tubuh lain.

7. Menjaga kesehatan otak

Salah satu antioksidan terbanyak dalam murbei adalah cyanidin 3-O-glucoside (C3G). Pada penelitian terhadap hewan, zat ini berpotensi mencegah kerusakan otak akibat kurangnya pasokan darah serta melindungi otak dari penurunan fungsi berpikir.

8. Manfaat buah murbei untuk penderita diabetes

Buah beri liar seperti murbei dapat menjadi pilihan buah yang baik bagi diabetesi. Ini karena zat 1-deoxynojirimycin dalam buah ini bisa menghambat kerja enzim pengurai gula. Jadi, kadar gula darah Anda tidak akan naik dengan cepat.

9. Menjaga kesehatan gigi

Menurut sebuah penelitian pada 2016, buah murbei putih mempunyai efek antimikroba yang mungkin dapat mencegah gigi berlubang, radang gusi, dan periodontitis. Ekstrak akar buah ini bahkan dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur.

Hal yang perlu Anda perhatikan

Sejauh ini, tidak ada laporan yang menyebutkan efek samping buah mulberry terhadap kesehatan. Kasus alergi buah ini juga sangat langka, tetapi serbuk sari pohon murbei diketahui dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang.

Jika Anda alergi terhadap serbuk sari tanaman beri atau betula, Anda mungkin akan mengalami reaksi serupa saat menghirup serbuk sari pohon murbei. Alergi serbuk sari biasanya menyebabkan bersin, mata berair, serta hidung gatal atau mampet.

Meskipun belum ada laporan pasti mengenai efek samping buah murbei, konsumsilah buah ini dalam jumlah sewajarnya. Anda bisa memakannya dalam kondisi segar atau mencampurkannya dengan bahan lain sebagai camilan yang menyehatkan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Mulberries, raw. (2021). Retrieved 10 February 2021, from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/169913/nutrients

Ou, T. T., Hsu, M. J., Chan, K. C., Huang, C. N., Ho, H. H., & Wang, C. J. (2011). Mulberry extract inhibits oleic acid-induced lipid accumulation via reduction of lipogenesis and promotion of hepatic lipid clearance. Journal of the science of food and agriculture, 91(15), 2740–2748. https://doi.org/10.1002/jsfa.4489

Huang, H. P., Ou, T. T., & Wang, C. J. (2013). Mulberry ( sang shèn zǐ) and its bioactive compounds, the chemoprevention effects and molecular mechanisms in vitro and in vivo. Journal of traditional and complementary medicine, 3(1), 7–15. https://doi.org/10.4103/2225-4110.106535

Lim, H., Lee, S., Kim, S., Yang, S., & Lim, Y. (2013). Anti-inflammatory and antiobesity effects of mulberry leaf and fruit extract on high fat diet-induced obesity. Experimental Biology And Medicine, 238(10), 1160-1169. https://doi.org/10.1177/1535370213498982

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari
Tanggal diperbarui 03/03/2021
x