home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Manfaat Acai Berry, Buah Super yang Baik bagi Kesehatan

5 Manfaat Acai Berry, Buah Super yang Baik bagi Kesehatan

Pernah mendengar buah acai berry? Buah ini merupakan salah satu superfood yang menjadi tren konsumen masa kini. Seperti buah berry pada umumnya, acai berry kaya akan serat dan antioksidan yang memberikan manfaat bagi kesehatan.

Kandungan gizi acai berry

Acai berry adalah buah yang tumbuh di pohon palem acai di hutan hujan Amerika Tengah dan Selatan. Buah acai mempunyai kulit berwarna ungu gelap seperti buah anggur dengan daging buah berwarna kuning dan biji buah berukuran besar.

Di tempat asalnya, acai berry biasanya direndam terlebih dulu hingga kulitnya melunak, lalu dihaluskan hingga berbentuk pasta. Selain dikonsumsi secara langsung, buah ini kadang juga digunakan sebagai penambah rasa alami atau diolah menjadi minyak.

Acai berry memiliki kandungan gizi yang unik, terutama karena termasuk buah rendah gula dan punya kandungan lemak cukup tinggi. Semua manfaat acai berry berasal dari zat gizi di bawah ini.

  • Energi: 70 kkal
  • Protein: 1,75 gram
  • Lemak: 5,3 gram
  • Karbohidrat: 5,3 gram
  • Serat: 5,3 gram
  • Kalsium: 35 gram
  • Zat besi: 0,6 gram
  • Kalium: 105 gram
  • Vitamin A: 15% AKG (Angka Kecukupan Gizi)

Selain itu, acai berry mengandung beragam mineral seperti kromium, magnesium, tembaga, dan fosfor. Ada pula kandungan antioksidan, khususnya antosianin yang memberikan warna ungu gelap pada kulit buah acai.

Manfaat acai berry bagi kesehatan

laki-laki pria sehat senyum punya manfaat

Di bawah ini berbagai khasiat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi buah khas suku Amazon ini.

1. Menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung

Acai berry memiliki kandungan antioksidan yang jauh lebih tinggi daripada buah-buahan pada umumnya. Antioksidan merupakan zat yang dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas.

Radikal bebas dari makanan, kebiasaan merokok, atau faktor lain bisa merusak sel yang sehat. Jika kerusakan terjadi pada sel pembuluh darah, ini bisa meningkatkan risiko pembentukan plak yang mungkin berujung menjadi stroke dan penyakit jantung.

2. Membantu mengendalikan kolesterol

Sebagian besar lemak acai berry merupakan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang memiliki manfaat bagi tubuh. Keduanya merupakan lemak baik yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Tidak hanya itu, tumbuhan acai juga mengandung sterol alami. Sterol adalah zat yang dapat mencegah penyerapan kolesterol di dalam tubuh. Alhasil, kadar kolesterol akan menurun dan menjadi lebih terkontrol.

3. Berpotensi menurunkan risiko kanker

Acai berry mengandung antioksidan kuat yang memiliki sifat antikanker. Beberapa studi pada hewan telah membuktikan bahwa antioksidan pada buah ini mampu menghambat pertumbuhan kanker, mematikan sel kanker, dan mengurangi peradangan pada tubuh.

Manfaat acai berry yang satu ini terlihat pada uji coba terhadap kanker usus besar dan kanker kandung kemih. Peneliti mengungkap buah ini bisa saja membantu pengobatan kanker di masa depan, tapi khasiatnya masih perlu dikaji lebih lanjut.

4. Meningkatkan fungsi otak

Peradangan dan radikal bebas pada sel otak dapat menurunkan kemampuan berpikir, mengingat, dan fungsi otak lainnya. Kabar baiknya, sejumlah penelitian terhadap hewan menunjukkan bahwa antioksidan pada buah acai dapat mencegah hal ini.

Pada studi lain, pemberian ekstrak buah ini bahkan meningkatkan kemampuan memori hewan dalam uji coba. Buah ini kemungkinan membantu proses pembersihan sel yang sudah tua di dalam otak sehingga otak dapat membentuk sel baru yang sehat.

5. Mencegah hipertensi

Acai berry mengandung sejenis lemak tak jenuh yang disebut asam oleat. Salah satu penelitian dalam Journal of Hypertension menunjukkan bahwa konsumsi asam oleat dari sumber nabati membantu mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi.

Kandungan antioksidan acai berry juga memiliki manfaat serupa. Zat ini menurunkan tekanan darah dengan cara melindungi lapisan dalam pembuluh darah. Fungsi lapisan ini biasanya menurun karena sering mengembang dan mengerut saat darah mengalir.

7 Jenis Buah Beri yang Paling Sehat untuk Dimakan

Apakah makan acai berry ada efek sampingnya?

Tidak banyak penelitian yang membahas keamanan dari suplemen acai berry. Namun, para ahli menganjurkan agar Anda berhati-hati jika sedang hamil dan menghindari sepenuhnya jika memiliki alergi buah terutama tumbuhan dari keluarga palem.

Mengonsumsi buah acai juga dapat memengaruhi hasil pemeriksaan MRI. Oleh karena itu, jika Anda dijadwalkan menjalani pemeriksaan MRI, ada baiknya Anda memberi tahu dokter atau tidak mengonsumsi buah ini dalam waktu dekat.

Terlepas dari potensi efek sampingnya, acai berry merupakan buah yang kaya manfaat. Anda bisa memakannya secara langsung, meminum suplemennya, atau menggunakan produk dengan kandungan buah ini untuk mendapatkan manfaatnya.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Acai Berry Puree – US Department of Agriculture. (2019). Retrieved 2 June 2021, from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/492294/nutrients

What are acai berries, and what are their possible health benefits? – Mayo Clinic. (2020). Retrieved 2 June 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/acai/faq-20057794

Poulose, S. M., Fisher, D. R., Larson, J., Bielinski, D. F., Rimando, A. M., Carey, A. N., Schauss, A. G., & Shukitt-Hale, B. (2012). Anthocyanin-rich açai (Euterpe oleracea Mart.) fruit pulp fractions attenuate inflammatory stress signaling in mouse brain BV-2 microglial cells. Journal of agricultural and food chemistry, 60(4), 1084–1093. https://doi.org/10.1021/jf203989k

Choi, Y. J., Choi, Y. J., Kim, N., Nam, R. H., Lee, S., Lee, H. S., Lee, H. N., Surh, Y. J., & Lee, D. H. (2017). Açaí Berries Inhibit Colon Tumorigenesis in Azoxymethane/Dextran Sulfate Sodium-Treated Mice. Gut and liver, 11(2), 243–252. https://doi.org/10.5009/gnl16068

Dias, M. M., Noratto, G., Martino, H. S., Arbizu, S., Peluzio, M., Talcott, S., Ramos, A. M., & Mertens-Talcott, S. U. (2014). Pro-apoptotic activities of polyphenolics from açai (Euterpe oleracea Martius) in human SW-480 colon cancer cells. Nutrition and cancer, 66(8), 1394–1405. https://doi.org/10.1080/01635581.2014.956252

Udani, J., Singh, B., Singh, V., & Barrett, M. (2011). Effects of Açai (Euterpe oleracea Mart.) berry preparation on metabolic parameters in a healthy overweight population: A pilot study. Nutrition Journal, 10(1). https://doi.org/10.1186/1475-2891-10-45

Miura, K., Stamler, J., Brown, I. J., Ueshima, H., Nakagawa, H., Sakurai, M., Chan, Q., Appel, L. J., Okayama, A., Okuda, N., Curb, J. D., Rodriguez, B. L., Robertson, C., Zhao, L., Elliott, P., & INTERMAP Research Group (2013). Relationship of dietary monounsaturated fatty acids to blood pressure: the International Study of Macro/Micronutrients and Blood Pressure. Journal of hypertension, 31(6), 1144–1150. https://doi.org/10.1097/HJH.0b013e3283604016

Pizzini, A., Lunger, L., Demetz, E., Hilbe, R., Weiss, G., Ebenbichler, C., & Tancevski, I. (2017). The Role of Omega-3 Fatty Acids in Reverse Cholesterol Transport: A Review. Nutrients, 9(10), 1099. https://doi.org/10.3390/nu9101099

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Priscila Stevanni Diperbarui 16/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x