backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

12 Manfaat Buah Anggur bagi Tubuh, Jaga Kesehatan Otak

Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri · General Practitioner · Integrated Therapeutic


Ditulis oleh Riska Herliafifah · Tanggal diperbarui 09/10/2023

12 Manfaat Buah Anggur bagi Tubuh, Jaga Kesehatan Otak

Anggur memiliki berbagai warna, ada yang merah keunguan, hijau, dan hitam. Rasa buah ini sedikit asam tetapi masih ada manis-manisnya. Tidak hanya segar, anggur memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Berikut penjelasan lengkapnya.

Kandungan gizi dalam anggur

Anggur termasuk buah yang bisa Anda konsumsi dengan berbagai cara, dari memakannya secara langsung, jus, agar-agar, minuman beralkohol, sampai diolah menjadi kismis. 

Di samping kegunaannya, anggur juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram anggur memiliki kandungan gizi sebagai berikut.

  • Kalori: 30 kkal.
  • Air: 92,3 miligram (mg).
  • Serat: 1,2 mg.
  • Protein: 0,5 gram (g).
  • Lemak: 0,2 g.
  • Karbohidrat: 6,8 g.
  • Vitamin C: 3 mg.
  • Kalsium: 39 mg.
  • Fosfor: 12 mg.
  • Zat besi: 1,1 mg.

Bila melihat kandungan gizinya, anggur termasuk buah-buahan rendah kalori yang bisa Anda santap sebagai camilan untuk menurunkan berat badan.

Bentuknya yang kecil dan bulat membuat anggur sangat cocok Anda gunakan sebagai hidangan pencuci mulut.

Manfaat anggur bagi kesehatan

jeruk dan anggur untuk penderita diabetes dan sakit jantung

Tidak hanya rasanya yang lezat, anggur memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, sampai penyakit kanker. 

Berikut penjelasan lengkap seputar manfaat buah anggur untuk kesehatan.

1. Mencegah kanker

Kandungan resveratrol dalam anggur dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Resveratrol adalah salah satu jenis antioksidan yang bisa memperlambat pertumbuhan sel tumor dan kanker, terutama kanker payudara, lambung, dan getah bening. 

Tak hanya itu, resveratrol dalam anggur juga baik untuk menghalau radiasi berbahaya, seperti sinar ultraviolet A (UVA) dan B (UVB) dari sengatan matahari. Paparan radiasi tersebut berisiko menyebabkan kanker kulit

Meski begitu, masih butuh penelitian lanjutan dengan cakupan yang lebih luas untuk memastikan manfaat anggur satu ini.

2. Melawan penuaan dini

Selain resveratrol, buah ini kaya akan kandungan antioksidan lainnya seperti quercetin dan rutin. Ketiga antioksidan ini berfungsi untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh. 

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel, protein, DNA, serta gangguan keseimbangan dalam tubuh. 

Kerusakan sel ini yang bisa menyebabkan penuaan dini. Gejalanya antara lain kulit keriput, rambut beruban, atau tulang keropos.

3. Menjaga kesehatan otak

Tahukah Anda kalau anggur memiliki manfaat untuk meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak secara umum?

Sebuah studi dari Frontiers in Pharmacology melakukan penelitian pada 111 lansia selama 12 minggu. Masing-masing diberikan 250 mg anggur setiap harinya. Hasilnya, kemampuan kognitif, bahasa, dan daya ingat lansia meningkat daripada sebelumnya. 

Meningkatnya kesehatan otak berkat kandungan resveratrol dalam buah mampu memperlancar peredaran darah menuju otak. Otak membutuhkan darah sebagai sumber oksigen dan zat gizi agar bisa berfungsi dengan baik.

4. Meredakan gejala alergi dan peradangan

Alergi

Buah ini juga bisa membantu melawan peradangan dalam tubuh berkat sifat antiradang dan antihistamin. Peradangan merupakan respon tubuh terhadap suatu bahaya, seperti stres, infeksi bakteri dan virus, serta bahan kimia beracun.

Mengonsumsi buah ini mungkin bisa membantu meringankan gejala peradangan, seperti arthritis, radang gusi, radang usus, radang kulit, atau radang pada jantung (miokarditis).

Tak hanya itu, sifat antihistamin dalam buah ini juga bisa membantu meringankan gejala alergi. 

5. Menurunkan kadar kolesterol

Anggur berwarna merah memiliki manfaat sebagai cara alami menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida tinggi.

Salah satu penelitian dari jurnal Food & Function melakukan studi yang melibatkan 69 orang dengan kolesterol tinggi. Mereka mengonsumsi 500 gram anggur setiap hari selama delapan minggu. Hasilnya, kadar kolesterol jahat (LDL) menurun setelah rutin mengonsumsi buah anggur setiap hari. 

Keberhasilan tersebut berkat kandungan resveratrol dan saponin. Kedua zat tersebut bisa menangkap kelebihan kolesterol dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah. Dengan begitu, kadar kolesterol Anda pun tetap seimbang.

6. Menjaga kesehatan mata

Selain wortel, anggur juga memiliki manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan mata. Buah ini mengandung lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid dengan sifat antioksidan yang penting bagi kesehatan mata.

Kedua antioksidan ini dapat membantu menyaring gelombang cahaya biru yang berbahaya dari gadget dan membantu melindungi sel-sel mata.

Lutein dan zeaxanthin dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata kronis seperti katarak dan degenerasi makula pada lansia. Meski begitu, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui khasiat dan manfaat makan anggur karena observasi masih pada hewan.

Mata Untuk Anakku | Health Story

Berharap Raka tumbuh sebagaimana mestinya, orangtuanya justru harus menerima kenyataan pahit kalau anak pertamanya yang pada saat itu belum berusia satu tahun didiagnosis kanker mata.

7. Mengendalikan gula darah

Jika ingin mengontrol kadar gula dalam darah, tambahkan anggur dalam menu makan sehari-hari. Anggur termasuk salah satu buah yang memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak akan menyebabkan gula darah melonjak secara tiba-tiba.

Mengutip dari Nutrition Data, 151 gram anggur hanya mengandung 23 gram gula, sehingga cocok untuk penderita diabetes.

Selain itu, resveratrol dalam anggur juga mampu mengaktifkan suatu gen yang dapat mencegah tubuh terpapar obesitas. Resveratrol juga mampu mencegah terjadinya resistensi insulin.

8. Membantu menurunkan berat badan

Jika sedang berusaha mendapatkan berat badan ideal, Anda bisa menyiapkan buah anggur sebagai camilan. 

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram gram anggur hanya mengandung 30 kalori. 

Meski begitu, pastikan Anda mengonsumi buah ini secukupnya. Lebih baik lagi jika Anda mengimbangi asupan nutrisi dari berbagai jenis buah lainnya.

9. Meningkatkan daya tahan tubuh

Konsumsi anggur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan ini membantu meningkatkan sistem kekebalan untuk melawan infeksi bakteri, virus, atau jamur.

Vitamin E, dan flavonoid dalam anggur juga dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Jenis antioksidan ini yang dapat menjaga kesehatan sel dan jaringan tubuh dari berbagai penyakit.

Selain mengonsumsi anggur, jangan lupa terapkan pola makan dengan nutrisi seimbang, jaga berat badan ideal, berolahraga teratur, dan kelola stres dengan baik.

10. Menjaga kesehatan tulang

Anggur dapat memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan tulang berkat kandungan vitamin K dan mineral seperti kalsium dan magnesium.

Kalsium dan fosfor merupakan komponen utama dari tulang dan gigi, sedangkan magnesium berperan dalam penyerapan kalsium dan pembentukan tulang yang kuat.

Sementara itu, vitamin K penting dalam penyerapan kalsium oleh tulang. Dengan penyerapan yang lebih baik, tulang Anda dapat memanfaatkan kalsium dengan lebih efisien untuk menjaga kekuatan dan kepadatannya.

11. Menurunkan tekanan darah

Anggur memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini karena kandungan kalium yang penting dalam menjaga tekanan darah yang sehat.

Kalium membantu mengimbangi efek natrium dalam tubuh sehingga mengurangi tekanan darah. 

Penting untuk diingat, kombinasikan konsumsi anggur dengan pola makan seimbang, olahraga teratur, dan gaya hidup sehat agar tekanan darah tetap normal.

12. Mencegah infeksi bakteri

Anggur memiliki sifat antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur. Hal ini karena adanya kandungan resveratrol yang mampu mencegah Campylobacter jejuni dan Candida albicans. 

Campylobacter jejuni adalah bakteri yang menyebabkan infeksi saluran pencernaan. Sementara itu, Candida albicans merupakan jamur penyebab kandidiasis.

Selain itu, anggur mengandung antosianin dapat menghancurkan dinding sel pada bakteri sehingga mencegah pertumbuhannya.

Kesimpulan

Dengan kandungan gizi dan senyawa-senyawa sehatnya, anggur menawarkan beragam khasiat, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga mendukung kesehatan jantung dan tulang. 

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Tania Savitri

General Practitioner · Integrated Therapeutic


Ditulis oleh Riska Herliafifah · Tanggal diperbarui 09/10/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan