Habis Olahraga Makan Apa, Ya? 6 Menu Sehat Ini Bisa Anda Pilih!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Olahraga memicu pemecahan protein dalam tubuh, sehingga setelah berolahraga tubuh menjadi kekurangan tenaga. Untuk mengembalikannya, tubuh membutuhkan waktu dan makanan sebagai pendukung. Makanan apa saja yang direkomendasikan setelah olahraga? Simak ulasannya berikut ini.

Makanan membantu menormalkan tubuh setelah olahraga

Sehabis berolahraga, otot menggunakan glikogen untuk bahan bakar dan sel-selnya mengalami kerusakan. Untuk mengembalikan glikogen yang telah digunakan, menumbuhkan kembali protein otot, dan merangsang pertumbuhan otot baru, mengonsumsi makanan bernutrisi membantu tubuh untuk menyelesaikan proses tersebut lebih cepat.

1. Makanan kaya karbohidrat dan protein

Dilansir dari Men’s Fitness, Manuel Vilacorta, R.D., ahli gizi sekaligus juru bicara dari American Dietetic Association mengatakan bahwa karbohidrat dan protein merupakan dua hal yang penting yang dibutuhkan oleh tubuh setelah berolahraga, yaitu saat darah beredar dengan baik.

Karbohidrat membantu tubuh memaksimalkan sintesis protein dan glikogen yang telah digunakan selama berolahraga. Sementara protein yang mengandung asam amino membantu mempercepat pertumbuhan otot baru dan memperbaiki sel-sel otot yang mengalami kerusakan selama berolahraga. Agar produksi insulin yang mendorong sintesis glikogen lebih maksimal, lebih baik mengonsumsi makanan dengan kandungan protein dan karbohidrat secara bersamaan. Namun, tetap perhatikan perbandingan porsi keduanya, yaitu sekitar tiga banding satu. Misalnya, makanan dengan kandungan 120 gram karbohidrat dengan 40 gram protein.

Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat seperti ubi, kentang, nasi, buah (nanas, beri, pisang, dan kiwi), oatmeal, atau sayuran hijau. Sedangkan makanan yang mengandung protein seperti telur, susu, keju, yogurt, daging ayam, ikan tuna, atau salmon.

 2. Makanan yang mengandung lemak

Dilansir dari Healthline, lemak membantu meningkatkan pertumbuhan otot setelah berolahraga. Kemudian, 45 persen energi pada tubuh juga berasal dari lemak. Beberapa makanan dan minuman yang mengandung lemak sehat yaitu alpukat, kacang-kacangan, dan susu sapi.

Menu makanan kombinasi setelah olahraga

Sebenarnya, Anda bisa langsung mengonsumsi buah-buahan atau makanan lain yang sudah disebutkan sebelumnya. Namun, makanan tersebut lebih baik dikonsumsi bersamaan (dikombinasikan) karena efeknya pada tubuh lebih maksimal. Setelah berolahraga mungkin Anda tidak bertenaga untuk membuat makanan yang harus diolah dan dimasak terlebih dahulu. Berikut beberapa menu makanan yang mudah Anda buat setelah berolehraga, seperti:

jenis yogurt

1. Yogurt buah dan kacang

Campurkan yogurt, buah beri, pisang, atau kiwi dan tambahkan kacang almond. Menu makanan ini dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein yang hilang selama berolahraga. Bahkan, mengonsumsi pisang saja sudah membantu Anda memenuhi kebutuhan karbohidrat.

2. Sereal susu dan kacang

Campurkan susu, sereal kesukaan Anda, dan kacang almond. Tanpa menghabiskan waktu, Anda bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein yang hilang setelah berolahraga.

3. Salad buah

Campuran potongan buah kiwi dan nanas dapat dibuat dengan mudah. Selain kaya vitamin,  buah-buahan ini mudah dicerna dan membantu memecah asam amino dan mencegah peradangan yang terjadi pada otot. Anda juga bisa menambahkan buah-buahan yang mengandung banyak air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, misalnya semangka.

4. Oatmeal

Cara membuatnya cukup praktis. Campurkan oats dan susu dalam sebuah mangkuk dan aduk hingga rata. Kemudian, masak dengan api sedang selama beberapa menit. Sajikan dengan buah beri atau pisang.

5. Roti isi telur

Telur kaya manfaat dan sangat mudah disajikan. Untuk menu ini, rebus telor ceplok sampai matang. Kemudian, panggang roti, taruh telur yang sudah direbus sebelumnya, dan tambahkan potongan alpukat. Anda bisa mengganti alpukat dengan sayuran hijau lainnya dan telur bisa diganti dengan potongan daging ayam atau ikan tuna.

6. Roti daging

Masak daging cincang, bawang merah cincang, kecap, lada, saus tomat, dan garam selama lima atau tujuh menit. Aduk hingga warnanya menjadi kecokelatan. Sajikan dengan roti tawar atau roti burger. Anda bisa menambahkan sayuran hijau, seperti selada dan timun.

Selain makanan, Anda juga perlu memperhatikan asupan air selama berolahraga. Air menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu proses pemulihan tubuh lebih baik setelah berolahraga.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Zat Aditif pada Makanan Ternyata Tak Selalu Berbahaya

Zat aditif ada dalam setiap makanan kemasan. Biasanya sengaja ditambahkan untuk tujuan tertentu. Namun, apakah berbahaya bila dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Fakta Gizi, Nutrisi 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda memiliki bintik atau bercak putih di puting susu atau sekitarnya? Tak usah khawatir, kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit