7 Makanan yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Ingin berat badan turun? Sudah melakukan berbagai cara tapi tidak bisa? Mungkin yang salah adalah pola makan Anda. Terkadang, terlalu membatasi makanan yang dimakan dapat membuat Anda stres dan akhirnya Anda malah memakan semua makanan yang diinginkan. Tentu, ini dapat mengacaukan diet Anda.

Nah, untuk mengatasi hal ini, mungkin Anda perlu mengubah menu makanan Anda. Mungkin Anda perlu mengonsumsi makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan berikut ini. Makanan penurun berat badan ini mungkin bisa membuat Anda kenyang lebih lama, menekan nafsu makan Anda, melancarkan pencernaan, memberi kepuasan setelah makan, dan manfaat lainnya sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Makanan penurun berat badan

Makanan berikut ini mempunyai caranya masing-masing dalam membantu Anda menurunkan berat badan. Namun, hal ini juga tergantung dari bagaimana Anda dapat mengontrol nafsu makan Anda sendiri. Selamat mencoba!

1. Dark chocolate

Selama ini mungkin Anda mengira bahwa cokelat dapat menyumbang banyak kalori ke dalam tubuh Anda. Namun, bagaimana dengan dark chocolate? Ternyata dark chocolate justru dapat membantu Anda saat sedang diet. Makanan ini bisa menjadi camilan Anda.

Dark chocolate yang mengandung banyak antioksidan ini dapat membuat Anda puas setelah memakannya. Hal ini karena kandungan serotonin (zat kimia dalam otak yang membuat bahagia), theobromine, dan magnesium yang ada dalam kakao. Untuk mendapatkan manfaat ini, sebaiknya Anda mengonsumsi dark chocolate  yang mengandung kakao lebih dari 70%.

2. Kentang rebus dingin

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang bisa Anda manfaatkan saat diet. Menurut penelitian dalam European Journal of Clinical Nutrition tahun 1995, kentang dinobatkan menjadi peringkat nomor satu dalam satiety index (indeks yang menunjukkan seberapa besar makanan tersebut membuat Anda kenyang).

Sebaiknya, konsumsilah kentang rebus yang sudah dingin karena kentang yang sudah dingin ini lebih banyak mengandung pati resisten (seperti serat). Sehingga, lebih mampu membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

3. Telur saat sarapan

Telur juga bisa Anda manfaatkan saat diet. Telur mengandung protein tinggi, lemak sehat, dan juga dapat membuat Anda merasa kenyang dengan jumlah kalori yang relatif rendah. Sebuah penelitian yang melibatkan 30 wanita gemuk menunjukkan bahwa makan telur saat sarapan dapat membuat mereka kenyang lebih lama, sehingga mereka akan makan lebih sedikit pada waktu makan selanjutnya.

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, kale, sawi, lettuce, brokoli, kembang kol, dan kol brussel mempunyai banyak serat dan rendah kalori, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai makanan penurun berat badan. Serat dalam sayuran dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga asupan makan Anda bisa lebih terjaga. Selain itu, kandungan kalsium di dalamnya juga terbukti dapat membantu pembakaran lemak, menurut beberapa penelitian.

5. Buah apel dan pir sebelum makan

Apel dan pir mengandung cukup serat yang dapat memperlancar pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang, sehingga dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Selain itu, apel atau pir yang langsung dimakan juga dapat menekan nafsu makan Anda. Mengunyah apel atau pir dapat mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda telah makan sesuatu. Sebaiknya konsumsilah buah ini beberapa jam sebelum Anda makan.

6. Alpukat setelah makan siang

Alpukat mengandung lemak yang cukup tinggi, namun dalam jenis lemak baik yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Alpukat juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian dalam Journal Nutrition menunjukkan bahwa penambahan setengah buah alpukat saat makan siang dapat meningkatkan kekenyangan sebesar 26% dan mengurangi keinginan untuk makan sebesar 40% selama 3 jam. Alpukat dapat meningkatkan penyerapan nutrisi yang larut dalam lemak dan juga mengandung serat.

7. Yogurt

Yogurt, terutama greek yoghurt, juga dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan karena efek kenyang yang diberikannya. Kandungan protein tinggi dalam greek yoghurt dan kandungan asam dalam yogurt dapat membuat Anda lebih kenyang dalam waktu lebih lama. Selain itu, bakteri probiotik yang terkandung dalam yogurt juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Diet Alpukat, Betulkah Bermanfaat untuk Turun Berat Badan?

Diet alpukat adalah salah satu variasi diet buah yang dianggap mampu untuk menurunkan berat badan. Benarkah? Bagaimana caranya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Diet, Nutrisi 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Beras Merah vs Beras Shirataki, Mana yang Efektif untuk Diet?

Bagi yang sedang diet, konsumsi beras atau nasi mungkin akan dibatasi. Beras merah atau beras shirataki dapat menjadi pilihan, tapi mana yang lebih efektif?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 14 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit

Olahraga Kardio vs Angkat Beban: Mana yang Lebih Cepat Turunkan Berat Badan?

Olahraga adalah cara mendapatkan berat badan ideal yang paling efektif. Namun dari semua jenis, mana yang lebih manjur: olahraga kardio atau angkat beban?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Olahraga Kardio, Kebugaran 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

buah yang bisa bikin gemuk

Hati-Hati, 5 Buah-buahan Ini Justru Bisa Bikin Gemuk

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
diet cico adalah

Mengenal Diet CICO, yang Penting Kalori Masuk dan Keluar Sama

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
perbedaan mentega dan margarin

Perbedaan Mentega dan Margarin: Mana yang Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
strategi menahan lapar

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit