home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tak Hanya Lancarkan BAB, Simak 5 Manfaat Yogurt yang Menakjubkan

Tak Hanya Lancarkan BAB, Simak 5 Manfaat Yogurt yang Menakjubkan

Yogurt selama ini dikenal dengan manfaatnya sebagai sumber probiotik, yaitu bakteri baik yang membantu melancarkan pencernaan. Namun, tahukah Anda bahwa masih banyak manfaat lain dari kandungan yogurt yang sayang bila dilewatkan?

Kandungan gizi yogurt

Yogurt dibuat dengan mencampurkan susu matang dengan bakteri, terutama dari jenis Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Campuran ini lalu dibiarkan dalam suhu 43 – 46 derajat celsius selama beberapa jam.

Susu mengandung sejenis gula yang disebut laktosa. Bakteri memecah laktosa, lalu mengubahnya menjadi asam laktat. Zat ini membuat susu mengental dan memberikan rasa asam yang menjadi ciri khas yogurt.

Proses fermentasi makanan sering kali tidak hanya mengubah zat gizi, tapi juga memperkaya dan meningkatkan kualitasnya. Beda dengan susu, mengonsumsi segelas yogurt sebanyak 100 gram dapat memberikan tubuh Anda kandungan gizi sebagai berikut.

  • Energi: 52 kkal
  • Protein: 3,3 gram
  • Lemak: 2,5 gram
  • Karbohidrat: 4 gram
  • Vitamin A: 22 miligram
  • Thiamin (vitamin B1): 0,04 miligram
  • Riboflavin (vitamin B2):0,1 miligram
  • Niasin (vitamin B3): 0,2 miligram
  • Kalsium: 120 miligram
  • Fosfor: 90 miligram
  • Zat besi: 0,1 miligram
  • Natrium: 40 miligram
  • Kalium: 299 miligram
  • Zinc: 0,6 miligram

Manfaat yogurt bagi kesehatan

probiotik makan yogurt

Yogurt memiliki jangkauan khasiat yang sangat luas, mulai dari pencernaan, tulang dan gigi, jantung, hingga daya tahan tubuh. Dengan mengonsumsi produk fermentasi ini, tubuh Anda berpeluang mendapatkan kebaikan berikut.

1. Sumber protein bagi tubuh

Protein amat penting dalam pertumbuhan dan perbaikan sel. Kekurangan protein dapat menyebabkan hilangnya massa otot, kesulitan berpikir, serta rapuhnya rambut, kulit, dan kuku. Untungnya, yogurt mengandung sebagian besar protein yang Anda perlukan.

Setiap jenis yogurt mungkin mengandung protein dalam jumlah yang berbeda. Apabila Anda mencari kandungan protein tertinggi, cobalah greek yogurt. Dalam 6 ons greek terkandung 15 – 20 gram protein yang kira-kira setara dengan 30% kebutuhan harian.

2. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Yogurt mengandung sejumlah zat gizi yang memberikan manfaat untuk kesehatan tulang, seperti kalsium, fosfor, dan kalium. Beberapa jenis yogurt juga mengandung vitamin D yang membantu penyerapan kalsium.

Semua zat gizi tersebut diperlukan untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi, serta mencegah osteoporosis. Selain itu, makan yogurt tidak akan mengikis lapisan email gigi. Asam laktat di dalamnya justru berfungsi melindungi gusi Anda dari infeksi.

3. Mengatasi gejala masalah pencernaan

Selain melancarkan buang air besar, probiotik pada yogurt juga berpotensi mengatasi gejala gangguan pencernaan. Contohnya, sebuah studi pada 2016 menunjukkan bahwa bakteri Bifidobacteria dan Lactobacillus dapat mengurangi gejala sindrom iritasi usus.

Beberapa penelitian lainnya juga menemukan bahwa probiotik mungkin bisa mencegah diare dan sembelit akibat konsumsi antibiotik. Semua manfaat ini bisa Anda dapatkan cukup dengan mengonsumsi beberapa sendok makan yogurt sebelum beraktivitas.

4. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi yogurt sebanyak 2 – 3 porsi per hari (atau lebih) mengalami penurunan tekanan darah. Penurunan tersebut bahkan mencapai 50% dibandingkan mereka yang tidak makan yogurt sama sekali.

Manfaat yogurt ini datang dari kandungan kalium yang dapat mengeluarkan kelebihan natrium dari dalam tubuh. Natrium adalah mineral yang meningkatkan tekanan darah, yang banyak ditemukan dalammakanan tinggi garam.

5. Menjaga kesehatan jantung

Walaupun kandungan lemaknya tinggi, yogurt ternyata dapat meningkatkan kolesterol baik yang disebut HDL (high-density lipoprotein). Menurut beberapa penelitian, inilah mengapa konsumsi yogurt bisa mengurangi risiko penyakit jantung secara keseluruhan.

Kemampuannya dalam menurunkan tekanan darah juga menyehatkan jantung dan pembuluh darah. Menurut para ahli, manfaat ini terutama akan lebih besar pada orang yang telah didiagnosis menderita penyakit tekanan darah tinggi.

6. Membantu menurunkan berat badan

Yogurt sering disebut sebagai camilan sehat yang tidak akan bikin gemuk. Ini karena kombinasi kandungan probiotik, protein, dan kalsium di dalamnya dapat meningkatkan produksi hormon antilapar, yaitu GLP-1 dan peptide YY.

Itu sebabnya Anda bisa lebih cepat kenyang setelah makan yogurt dan tidak akan tergoda untuk makan lagi sampai waktu makan berikutnya. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, pilihlah greek yogurt yang terbukti lebih padat protein.

Seperti susu yang menjadi bahan bakunya, yogurt adalah sumber zat gizi bermanfaat terutama protein, vitamin, dan mineral. Dengan adanya proses fermentasi, hal ini juga memperkaya berbagai zat gizi tersebut sehingga khasiatnya pun kian beragam.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Data Komposisi Bahan Pangan (Yoghurt, segar). (2018). Retrieved 26 February 2021, from https://www.panganku.org/id-ID/view

Yogurt. (2020). https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/food-features/yogurt/

What’s So Great About Yogurt? (2020). Retrieved 26 February 2021, from https://now.tufts.edu/articles/whats-so-great-about-yogurt

U of T researchers find health benefits differ for probiotic yogurts. (2017). Retrieved 26 February 2021, from https://www.utoronto.ca/news/u-t-researchers-find-health-benefits-differ-probiotic-yogurts

German J. B. (2014). The future of yogurt: scientific and regulatory needs. The American journal of clinical nutrition, 99(5 Suppl), 1271S–8S. https://doi.org/10.3945/ajcn.113.076844

Rozenberg, S., Body, J. J., Bruyère, O., Bergmann, P., Brandi, M. L., Cooper, C., Devogelaer, J. P., Gielen, E., Goemaere, S., Kaufman, J. M., Rizzoli, R., & Reginster, J. Y. (2016). Effects of Dairy Products Consumption on Health: Benefits and Beliefs–A Commentary from the Belgian Bone Club and the European Society for Clinical and Economic Aspects of Osteoporosis, Osteoarthritis and Musculoskeletal Diseases. Calcified tissue international, 98(1), 1–17. https://doi.org/10.1007/s00223-015-0062-x

Distrutti, E., Monaldi, L., Ricci, P., & Fiorucci, S. (2016). Gut microbiota role in irritable bowel syndrome: New therapeutic strategies. World journal of gastroenterology, 22(7), 2219–2241. https://doi.org/10.3748/wjg.v22.i7.2219

Guarino, A., Guandalini, S., & Lo Vecchio, A. (2015). Probiotics for Prevention and Treatment of Diarrhea. Journal of clinical gastroenterology, 49 Suppl 1, S37–S45. https://doi.org/10.1097/MCG.0000000000000349

Rice B. H. (2014). Dairy and Cardiovascular Disease: A Review of Recent Observational Research. Current nutrition reports, 3(2), 130–138. https://doi.org/10.1007/s13668-014-0076-4

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Adelia Marista Safitri
Tanggal diperbarui 4 minggu lalu
x