7 Makanan Penurun Berat Badan untuk Mewujudkan Tubuh Langsing nan Ramping

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Makan banyak memang jadi salah satu penyebab angka timbangan terus naik. Namun, menurut Heather Mangieri, RD., juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics di Amerika Serikat, ada beberapa makanan yang justru bisa membantu menurunkan berat badan. Kelompok makanan ini membantu membuat Anda kenyang lebih lama dan mengurangi hasrat untuk makan. Berikut daftar makanan penurun berat badan yang wajib Anda ketahui untuk menyukseskan program turun berat badan.

Daftar makanan penurun berat badan

1. Telur

alergi telur ayam

Telur adalah salah satu makanan terbaik untuk membantu mengurangi angka timbangan. Telur kaya akan protein, lemak sehat, dan bisa membuat Anda kenyang lebih lama dengan jumlah kalori yang sangat rendah. Menariknya, telur termasuk makanan yang padat nutrisi sehingga Anda tak usah takut kekurangan gizi.

2. Sayuran hijau

bayam bikin batu ginjal

Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam mengandung kalori dan karbohidrat yang sangat rendah. Sebaliknya, kandungan serat di dalamnya sangat kaya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan tinggi serat membantu membuat Anda kenyang lebih lama.

Oleh karena itu, Anda bisa memenuhi piring makan dengan beragam sayuran hijau  tanpa takut menjadi gemuk. Sayuran hijau sangat bergizi dan kaya akan vitamin serta mineral. Bahkan, sayuran hijau kaya akan kalsium yang telah terbukti membantu berperan dalam proses pembakaran lemak tubuh.

3. Apel

apel merah dan apel hijau

Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa makan buah tertentu di antara waktu makan atau tepat sebelum makan bisa membantu menghilangkan rasa lapar. Buah seperti apel sangat cocok dimakan jika Anda sedang dalam program melangsingkan badan. Apel mengandung pektin, serat yang larut dalam air dan bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

4. Sup

sup tahu

Beberapa penelitian menunjukkan fakta bahwa sup merupakan makanan rendah kalori yang bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Ini karena sup mengandung banyak air dan sayuran yang kaya akan serat.

Selain itu, dikutip dari penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, makan makanan dengan kadar air yang tinggi efektif untuk mengurangi asupan energi lain yang bersumber dari makanan. Dengan begitu, menambahkan sup ke dalam menu makan Anda bisa membantu mengendalikan berat badan.

Namun, bukan berarti Anda bisa menambahkan banyak lemak seperti santan, krim, atau minyak. Sup yang mengandung banyak lemak otomatis mengandung kalori yang berlebih. Bukannya membuat berat badan turun, makanan ini justru membuat angka timbangan melonjak naik.

5. Alpukat

manfaat alpukat

Berbeda dengan buah-buahan lainnya yang tinggi karbohidrat, alpukat justru kaya akan lemak sehat. Alpukat mengandung asam oleat tak jenuh tunggal, jenis lemak yang ditemukan dalam minyak zaitun. Di samping itu, alpukat juga mengandung banyak air dan serat. Anda bisa menambahkan alpukat ke dalam salad dengan sayuran lainnya sebagai pelengkap.

6. Yoghurt tinggi lemak

yoghurt saat puasa

Yoghurt mengandung probiotik yang bisa meningkatkan kerja usus. Usus yang sehat membantu melindungi tubuh dari peradangan dan resistensi leptin, salah satu kondisi yang mendorong hormon utama penyebab obesitas.

Pilihlah yoghurt yang tinggi lemak karena bisa menurunkan risiko obesitas dan diabetes tipe 2 seiring berjalannya waktu. Sementara itu, yoghurt rendah lemak biasanya tinggi gula (supaya rasanya tetap enak) sehingga sebaiknya Anda menghindari jenis yang satu ini saat sedang diet.

7. Sayuran cruciferous

manfaat kembang kol

Kembang kol, brokoli, lobak, dan selada air termasuk ke dalam makanan penurun berat badan dari keluarga cruciferous. Seperti kebanyakan sayuran lainnya, kandungan serat di dalamnya cukup tinggi. Menariknya, sayuran ini mengandung jumlah protein yang lebih tinggi dibanding yang lainnya.

Kombinasi protein, serat, dan kepadatan energi yang rendah menjadikan sayuran dari kelompok ini bagus untuk menurunkan berat badan. Tak hanya itu, sayuran cruciferous juga terbukti mengandung zat antikanker.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

11 Makanan dan Minuman Terbaik untuk Penderita Sakit Maag

Beberapa jenis makanan dan minuman ternyata bermanfaat untuk meringankan keluhan pada penderita sakit maag. Apa saja daftarnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Pencernaan, Gastritis & Maag 11 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Olahraga Kardio vs Angkat Beban: Mana yang Lebih Cepat Turunkan Berat Badan?

Olahraga adalah cara mendapatkan berat badan ideal yang paling efektif. Namun dari semua jenis, mana yang lebih manjur: olahraga kardio atau angkat beban?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Olahraga Kardio, Kebugaran 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Perlukah Melakukan Medical Check Up secara Rutin?

Medical check up dapat membantu Anda mengetahui kondisi kesehatan yang dimiliki. Tes pemeriksaan apa saja yang biasa dilakukan dalam medical check up?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan, Tes Kesehatan A-Z 7 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

4 Alternatif Sehat Pengganti Kopi di Pagi Hari

Tahukah Anda bahwa minum kopi sebaiknya tidak dilakukan di pagi hari? Lalu apa yang bisa jadi alternatifnya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Tips Makan Sehat, Nutrisi 5 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

diet alpukat

Mengenal Diet Alpukat, Betulkah Bermanfaat untuk Turun Berat Badan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
pilihan beras untuk menurunkan berat badan

Beras Merah vs Beras Shirataki, Mana yang Efektif untuk Diet?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
olahraga untuk mantan penderita sembuh dari pasien kanker survivor

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
panduan diet sehat untuk menurunkan berat badan, cara diet sehat, menu diet sehat, makanan diet sehat, diet sehat alami

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit