Kacang Dapat Menurunkan Berat Badan, Bagaimana Bisa?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi kacang dapat menurunkan berat badan? Ya, jika Anda sering mengonsumsi makanan yang satu ini, berat badan Anda berpotensi akan turun. Tapi, bagaimana bisa? Simak penjelasan berikut ini.

Nutrisi yang terdapat di dalam kacang

Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa kacang adalah salah satu jenis makanan sehat. Kacang kaya akan nutrisi serta antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Bahkan, menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition, kacang bermanfaat untuk melawan penyakit jantung dan diabetes.

Akan tetapi, kacang juga kaya akan lemak dan kalori. Itu sebabnya, orang yang ingin menurunkan berat badan akan menghindari makanan ini.

Sebenarnya, kandungan lemak yang terdapat di dalam kacang adalah lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh dipercaya dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung tadi. Sehingga, lemak yang sebenarnya terdapat di dalam kacang bukanlah lemak berbahaya bagi kesehatan.

Bagaimana kacang bisa membantu menurunkan berat badan?

selai kacang untuk diet

Pada dasarnya, sering makan kacang tidak membuat badan Anda gemuk. Justru, makan kacang secara rutin diduga mampu mencegah kenaikan berat badan. Hal ini juga dinyatakan dalam sebuah penelitian yang dimuat di dalam jurnal Obesity.

Penelitian tersebut menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi dua porsi kacang atau lebih dalam seminggu memiliki risiko yang lebih kecil mengalami kenaikan berat badan dibandingkan mereka yang tidak. Tidak hanya kacang, selai kacang juga berpotensi memberikan efek yang sama.

Sebenarnya belum diketahui dengan pasti apa yang membuat kacang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, salah satu kemungkinannya adalah orang yang gemar makan kacang diduga memiliki kebiasaan atau gaya hidup yang lebih sehat.

Kacang dapat membantu mengurangi nafsu makan berlebih

Makan kacang sebagai camilan bisa membantu Anda mengurangi rasa lapar dan membuat Anda merasa lebih kenyang dalam waktu yang lebih lama. Hal inilah yang juga menjadi salah satu alasan kacang bisa membantu menurunkan berat badan.

Sebagaimana dilansir dari European Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi salah satu jenis kacang, yaitu almond, berpotensi mengurangi rasa lapar yang sering melanda.

Bahkan, kacang diketahui lebih efektif membantu menurunkan berat badan saat dikonsumsi sebagai camilan dibandingkan lauk untuk makan besar.

Kemampuan kacang untuk menahan rasa lapar kemungkinan terjadi karena produksi hormon peptide atau kolesistokinin di dalam tubuh. Keduanya diketahui dapat membantu mengatur nafsu makan Anda.

Di samping itu, tingginya kadar protein dan kadar lemak tak jenuh yang terdapat di dalam kacang juga bertanggung jawab terhadap timbulnya efek ini.

Dengan kata lain, kacang adalah makanan yang pas untuk dimakan sebagai snack jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Tidak semua lemak kacang diserap tubuh

Kacang kaya akan kandungan serat. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab kacang yang tidak dikunyah dengan baik mungkin akan berlalu begitu saja tanpa dicerna oleh usus.

Hasilnya, beberapa nutrisi yang terkandung di dalam kacang tidak bisa diserap oleh tubuh. Nutrisi yang tidak berhasil terserap tubuh akan keluar lagi dalam bentuk feses.

Nah, salah satu nutrisi yang tak terserap adalah lemak. Maka dari itu, lemak yang terdapat di dalam kacang mungkin keluar begitu saja dari tubuh tanpa dicerna. Hal ini yang membuat kacang tidak menaikkan berat badan, justru malah membantu menurunkan.

Penelitian dalam American Journal of Clinical Nutritionmenyebutkan, lemak yang keluar melalui feses meningkat lebih banyak hingga 20% setelah makan kacang.

Mengonsumsi kacang dapat meningkatkan pembakaran lemak dan kalori

Makan kacang juga dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar. Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal berjudul Clinical Nutrition menunjukkan sebuah bukti yang menarik.

Penelitian tersebut menyatakan bahwa makanan yang mengandung kacang dapat membantu membakar kalori hingga 28% lebih banyak dibanding mengonsumsi makanan yang mengandung produk olahan susu.

Pembakaran kalori yang lebih banyak juga dialami oleh orang yang memiliki berat badan berlebih serta penderita obesitas.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa mengonsumsi kacang juga dapat membantu membakar kalori di dalam tubuh. Hal ini sama artinya dengan kacang dapat membantu dalam usaha Anda menurunkan berat badan.

Maka dari itu, jika Anda ingin mengonsumsi makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan, kacang bisa menjadi salah satu pilihan menarik.

Anda tidak perlu takut jika harus mengonsumsinya sebagai snack karena efeknya jauh lebih besar saat dimakan sebagai camilan sehat.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

11 Manfaat Makan Buah Plum (Psst… Bisa Menurunkan Berat Badan!)

Plum masih satu keluarga dengan buah persik dan aprikot. Ternyata ada banyak manfaat buah plum untuk kesehatan. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Fakta Gizi, Nutrisi 8 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Plastik Wrap untuk Diet, Benarkah Bisa Mengecilkan Perut Buncit?

Hati-hati, jangan sembarangan menggunakan plastik wrap untuk diaet. Bukannya cepat kurus, Anda malah bisa terkena risiko berbahaya ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 4 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Turun Berat Badan Hanya dengan Jalan Kaki? Ini Rahasianya

Ingin menurunkan berat badan tapi tak suka olahraga yang berat? Tenang, jalan kaki bisa membantu menurunkan berat badan. Ini tipsnya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Olahraga Kardio, Kebugaran 3 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Kalau Berat Badan Sudah Normal, Bolehkah Tetap Menjalani Program Diet?

Ada beberapa orang yang masih merasa ingin diet walaupun sudah memiliki berat badan normal atau ideal. Apakah itu baik secara kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 3 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat kelapa untuk diet

Panduan Menjalankan Diet Kelapa untuk Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 19 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
menurunkan berat badan atlet

Agar Performa Tak Menurun, Ini 5 Tips Sehat Menurunkan Berat Badan Bagi Atlet

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 16 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
diet south beach

Mengulik Serba-serbi Diet South Beach untuk Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 9 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
bab menurunkan berat badan

Terasa Lega Setelah BAB, Apakah Buang Air Bisa Menurunkan Berat Badan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 8 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit