home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Makan Selai Kacang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Kok Bisa?

Makan Selai Kacang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Kok Bisa?

Memang benar, ketika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, ada baiknya hindari makanan manis dan makanan olahan. Namun, lain halnya dengan selai kacang yang rasanya manis dan gurih ini. Selai kacang nyatanya justru bisa membantu diet saat ingin menurunkan berat badan Anda, lho.

Apa saja kandungan yang terdapat di selai kacang?

Di balik rasanya yang nikmat, selai kacang mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti lemak baik, protein, fiber, dan beberapa vitamin dan mineral penting.

Sekitar 2 sendok makan atau 32 gram selai kacang mengandung:

  • Protein: 7,02 gram
  • Magnesium: 57 mg
  • Fosfor: 107 mg
  • Zinc: 0,85 mg
  • Niacin: 4,21 mg
  • Vitamin B-6: 0,17 gram
  • Serat: 3 gram

Kandungan serat yang terdapat di selai kacang mampu memenuhi 10% kebutuhan serat harian Anda. Penelitian yang diterbitkan dalan jurnal Nutritions menunjukkan bahwa asupan serat yang cukup dapat memengaruhi penurunan indeks massa tubuh.

Kacang juga mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung dan kadar kolestrol Anda, sehingga selai kacang sangat bermanfaat untuk diet Anda.

Namun, terdapat beberapa hal lain yang harus Anda perhatikan, seperti kandungan kalori, lemak jenuh, dan sodium yang terdapat di selai kacang.

Oleh karena itu, konsumsilah selai kacang dalam batas wajar, yaitu sebanyak satu atau dua sendok makan per hari.

Lalu, apa saja manfaat selai kacang untuk diet?

Sebenarnya, semua orang perlu melakukan diet. Diet yang sesungguhnya adalah mengatur pola makan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing.

Jadi, tak hanya orang yang sedang menurunkan berat badan saja yang membutuhkan diet, tapi semua orang harus menerapkan diet yang sesuai dengan kebutuhannya.

Nah, bagi Anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan, tentu harus menerapkan diet yang berbeda dengan orang kebanyakan. Prinsip diet menurunkan berat badan biasanya mengurangi makanan berlemak, manis, dan berkalori tinggi.

Maka itu, banyak orang mengira bahwa selai kacang adalah makanan yang harus dihindari pada saat diet atau program penurunan berat badan.

Nyatanya, makan selai kacang dalam takaran yang tepat sangat bermanfaat untuk kesehatan, terutama dalam membantu mengurangi berat badan Anda.

1. Merasa kenyang lebih lama

Kandungan protein, lemak, dan serat yang tinggi pada selai kacang dapat membantu tubuh Anda kenyang lebih lama.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 15 perempuan obesitas, menambahkan 3 sendok makan selai kacang pada menu sarapan saat diet menyebabkan perut terasa lebih kenyang dan enggan makan berlebihan.

Apabila Anda merasa cepat kenyang dan nafsu makan lebih terkendali, berat badan Anda pun lebih cepat turun.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat lain dari selai kacang untuk diet adalah meningkatkan proses metabolisme pada tubuh.

Selai kacang mengandung protein yang tinggi, sehingga sangat direkomendasikan untuk menjaga massa otot dalam program menurunkan berat badan.

Otot dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tubuh Anda. Metabolisme tubuh juga berpotensi melambat apabila Anda kehilangan terlalu banyak otot. Metabolisme yang melambat justru menyebabkan berat badan lebih sulit turun.

Dengan mengonsumsi selai kacang yang kaya akan protein untuk diet, berat badan Anda akan lebih cepat turun dibanding dengan melakukan diet tanpa asupan protein yang cukup.

3. Baik untuk respon glikemik tubuh

Beberapa makanan, terutama makanan yang diproses dan yang terbuat dari tepung, berpotensi meningkatkan kadar gula darah Anda.

Kadar gula darah yang tidak stabil meningkatkan risiko Anda mengalami obesitas dan diabetes. Untungnya, selai kacang baik untuk diet karena mengandung indeks glikemik yang rendah.

Sebuah studi pada tahun 2018 menunjukkan bahwa apabila Anda mencampur dua sendok makan selai kacang dengan makanan yang berindeks glikemik tinggi, selai kacang tersebut dapat membantu menstabilkan indeks glikemiknya.

4. Menjaga berat badan

Walaupun selai kacang memiliki lemak dan kalori yang cukup tinggi, ternyata makanan ini tidak berpengaruh besar pada kenaikan berat badan.

Kenyataannya, orang-orang yang rutin makan selai kacang untuk diet memiliki angka indeks massa tubuh yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang menghindari selai kacang saat diet.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Peanut Butter for Weight Loss: Good or Bad? https://www.healthline.com/nutrition/peanut-butter-for-weight-loss#tips. Accessed July 24, 2019.

Can Eating Peanut Butter Help Me Lose Weight? https://www.healthline.com/health/peanut-butter-weight-loss. Accessed July 24, 2019.

Is peanut butter good for you? https://www.medicalnewstoday.com/articles/323781.php. Accessed July 24, 2019.

Peanuts as functional food: a review. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4711439/. Accessed July 24, 2019.

The Effect of Added Peanut Butter on the Glycemic Response to a High-Glycemic Index Meal: A Pilot Study. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/30395790. Accessed July 24, 2019.

Dietary fiber and body weight. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15797686. Accessed July 24, 2019.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Shylma Na'imah Diperbarui 08/09/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita