Benarkah Wanita dengan Panggul Kecil Sulit Melahirkan Normal?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: Hello Sehat Medical Review Team

Kata orang, memiliki panggul besar bagi seorang wanita merupakan pertanda ia akan mempunyai banyak anak. Mitosnya, ini karena mungkin karena wanita dengan panggul kecil akan lebih sulit untuk melahirkan normal. Seringnya, banyak orang menebak-nebak dari ukuran tubuh ibu. Namun, sebenarnya melahirkan normal adalah sebuah proses alami yang dapat dilakukan oleh setiap wanita. Tubuh ibu secara alami mempersiapkan dirinya untuk dapat melahirkan dengan melakukan berbagai perubahan.

Apa benar wanita berpanggul kecil lebih sulit melahirkan normal?

Rongga panggul merupakan jalan keluarnya bayi saat melahirkan, namun ukuran rongga panggul tidak dapat dijadikan patokan apakah akan terjadi masalah saat melahirkan bayi. Jika ukuran panggul kecil dan ukuran bayi juga kecil, mungkin hal ini tidak akan menjadi masalah saat ibu ingin melahirkan normal. Yang menjadi masalah adalah saat ukuran panggul ibu tidak sesuai dengan ukuran bayi, di mana ukuran panggul ibu kecil atau ukuran bayi yang lebih besar dari panggul ibu, sehingga bayi tidak memungkinkan untuk keluar dengan cara normal. Di sinilah operasi caesar dibutuhkan.

Terkadang operasi caesar darurat perlu dilakukan di tengah-tengah proses kelahiran normal karena panggul kecil membuat proses melahirkan normal lebih lambat dan ini sangat berisiko. Penelitian oleh Stålberg menunjukkan bahwa ukuran panggul yang kecil berhubungan dengan meningkatnya risiko operasi caesar darurat karena kelahiran normal yang berlangsung terlalu lama.

Keadaan di mana kepala atau badan bayi lebih besar daripada ukuran panggul ibu dinamakan dengan Cephalopelvic Disproportion (CPD).

CPD ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti:

  • Ukuran bayi besar, yang dapat disebabkan karena faktor keturunan, ibu menderita diabetes, postmaturity (ibu belum melahirkan walaupun sudah lewat tanggalnya), multiparitas (bukan kehamilan yang pertama)
  • Posisi bayi dalam kandungan yang tidak normal (atau sungsang)
  • Ukuran panggul ibu kecil
  • Bentuk panggul yang tidak normal

Namun, kasus CPD ini sebenarnya jarang dan sulit untuk didiagnosis sebelum waktu kelahiran. Jadi, jangan berasumsi terlebih dahulu bahwa Anda memiliki panggul kecil sehingga tidak dapat melahirkan normal. Intinya adalah belum tentu wanita dengan ukuran panggul kecil lebih sulit untuk melahirkan bayi. Ini semua tergantung dari kesesuaian ukuran antara panggul ibu dan kepala bayi.

Lagi pula, tulang panggul tidak semuanya terdiri dari tulang padat, panggul terbentuk dari beberapa tulang yang dihubungkan dengan ligamen-ligamen. Selama kehamilan, tubuh Anda akan melepaskan hormon relaksin yang membuat ligamen dan sendi yang ada di tulang panggul menjadi lebih longgar guna mempersiapkan tubuh Anda untuk kelahiran. Hormon inilah yang mungkin menyebabkan Anda merasa ketidaknyamanan dan lemah pada sendi menjelang waktu kelahiran.

Siapa yang paling berisiko sulit melahirkan normal?

Tinggi badan tampaknya mempengaruhi kemampuan Anda melahirkan. Ibu dengan tinggi badan sangat pendek adalah yang paling berisiko untuk mengalami kesulitan saat melahirkan normal. Jika Anda memiliki tinggi badan yang kurang dari 145 cm, sebaiknya persiapkan dengan baik kelahiran Anda. Ibu dengan tinggi badan yang kurang dari 145 cm berisiko tinggi mengalami masalah saat melahirkan. Ibu pendek (< 145 cm) biasanya mempunyai ukuran panggul yang lebih kecil dibandingkan dengan ukuran kepala bayi, sehingga membuat ibu pendek sulit untuk melahirkan normal.

Ibu sangat pendek telah terbukti dapat meningkatkan risiko saat melahirkan, bahkan dapat mengakibatkan kematian bayi setelah lahir. Kematian bayi setelah lahir ini kebanyakan disebabkan oleh asfiksia, di mana bayi baru lahir tidak dapat langsung bernapas.

Ibu bertubuh pendek mungkin harus melakukan operasi caesar untuk dapat melahirkan anaknya, namun ini harus direncanakan dengan baik dari jauh hari. Operasi caesar yang tidak dilakukan tepat waktu juga dapat membawa dampak buruk bagi ibu dan bayi. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk merencanakan kelahiran bayi Anda dengan baik.

Bagaimana jika saya merasa punya panggul kecil dan ingin melahirkan normal?

Kuncinya, jika Anda ingin melahirkan normal adalah ukuran panggul Anda sesuai dengan ukuran kepala dan badan bayi. Ini membuat proses kelahiran normal dapat berjalan dengan lancar. Sehingga, jika Anda merasa mempunyai panggul kecil dan ingin sekali melahirkan dengan normal, yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Rutin melakukan pemeriksaan ke dokter untuk melihat perkembangan janin Anda. Konsultasikan juga ke dokter Anda apakah ada kemungkinan Anda dapat melahirkan normal.
  • Jaga berat badan Anda agar ukuran bayi tidak terlalu besar. Ukuran bayi yang lebih besar dari ukuran panggul Anda membuat kecil kemungkinan untuk dapat melahirkan normal.
  • Lakukan olahraga sebagai persiapan menuju kelahiran.

BACA JUGA

Sumber
Yang juga perlu Anda baca