Tanda-Tanda Pembukaan 1-10 yang Harus Dikenali Ibu Menjelang Melahirkan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Ada banyak tanda-tanda fisik yang menunjukkan Anda akan melahirkan. Nah, salah satu tanda yang akan terus dipantau oleh tim dokter atau bidan ketika Anda sudah masuk ruang bersalin adalah besarnya pembukaan vagina. Jika bukaan sudah semakin besar artinya Anda siap melahirkan. Berikut tanda-tanda pembukaan sebelum persalinan yang perlu diperhatikan setiap ibu hamil.

Tahapan pembukaan melahirkan

Pembukaan adalah proses membukanya leher rahim (serviks) per sentimeter sebagai jalur lahir bayi saat persalinan. Pembukaan umum dialami oleh ibu yang bisa dipastikan melahirkan normal. Proses pembukaan (dilatasi) juga menjadi salah satu cara dokter kandungan atau bidan melacak waktu melahirkan Anda.

Proses pembukaan persalinan biasa dihitung dengan angka 1 sampai 10. Namun, jangka waktu dari terbukanya serviks hingga tiba waktunya melahirkan dapat berbeda pada setiap ibu hamil.

Ada ibu hamil yang serviksnya masih tertutup tiba-tiba menjadi bukaan 10 dan siap melahirkan dalam hitungan jam. Ada juga ibu hamil yang mengalami pembukaan kehamilan 1 sampai 10 selama berhari-hari atau berminggu-minggu.

Pembukaan 1 

Pada tahap pertama, leher rahim sudah melebar kira-kira 1 sentimeter. Pembukaan 1 bisa terjadi berminggu-minggu sebelum proses melahirkan dimulai. Namun, ada pula yang baru mengalami bukaan pertama saat proses persalinan mulai. Ini biasa terjadi pada wanita yang baru pertama kali hamil.

Pembukaan 2

Lebar bukaan serviks pada tahapan ini sudah sekitar 2 cm. Namun, ukurannya bisa juga berbeda-beda pada setiap wanita, tergantung kondisi tubuh masing-masing. 

Pada pembukaan kedua, ibu hamil kemungkinan akan mengalami kontraksi yang hilang-timbul. 

Pembukaan  3

Pada pembukaan persalinan 3, serviks diperkirakan sudah terbuka selebar koin (kira-kira 3 cm). Ibu hamil butuh istirahat dan lebih banyak makan makanan sehat untuk menyiapkan energi menjelang persalinan yang sebentar lagi mulai.

Pembukaan  4

Pada tahap ini, bukaan serviks kira-kira sudah selebar 4 cm. Pembukaan ke-4 bisa dikatakan sebagai tanda persalinan paling pertama muncul. Ibu hamil akan merasakan kontraksi rahim yang mulai rutin. 

Pembukaan  5

Leher rahim ibu sudah membuka sekitar 5 sentimeter pada saat pembukaan persalinan di tahap ini. Jika ingin dibandingkan, ukuran lebar serviks anda sudah sebesar jeruk mandarin kecil.

Kontraksi di pembukaan persalinan 5 dapat terasa cukup menyakitkan bagi beberapa ibu, yang menjadi tanda sebentar lagi Anda akan bersalin. 

Pembukaan 6

Saat ini, bukaan serviks Anda sudah mencapai 6 cm atau sebesar buah alpukat kecil. Beberapa ibu mungkin memilih mendapatkan bius epidural pada tahapan bukaan 6 untuk meredakan rasa sakit kontraksi.

Pembukaan 7

Pembukaan lebar serviks Anda menjelang persalinan pada tahap ini sudah sebesar 7 cm, kira-kira menyerupai buah tomat.

Jika kontraksi masih terasa sakit, coba ubah posisi badan, bergerak, dan lebih banyak minum air putih untuk meredakannya.

Pembukaan 8

Bila menjelang persalinan serviks sudah terbuka sebesar 8 cm atau kira-kira sama dengan buah apel, tandanya Anda sudah masuk ke pembukaan 8.

Saat ini beberapa ibu hamil mulai merasakan dorongan untuk mengejan (ngeden) melahirkan. Mengejan membutuhkan banyak energi, dan tidak sedikit pula ibu hamil sampai mengalami muntah di tahap ini karena kelelahan.

Pembukaan 9 

Lebar leher rahim ibu pada pembukaan 9 sudah sebesar donat, dengan diameter sekitar 9 sentimeter. pada saat ini ibu hamil akan disarankan untuk terus mengejan untuk melahirkan bayi.

Durasi transisi pembukaan 8, 9, dan menuju 10 selama persalinan umumnya berlangsung singkat. 

Pembukaan 10

Ini adalah pembukaan persalinan yang terakhir dengan lebar serviks sampai kira-kira 10 cm. Pada tahap ini ibu akan terus diminta untuk mengejan untuk mengeluarkan bayi sampai keluar seutuhnya. Dorongan mengejan mungkin terasa seperti ingin buang air besar.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca