home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Yang Harus Anda Tahu Sebelum Menjalani Pemeriksaan MRI

Yang Harus Anda Tahu Sebelum Menjalani Pemeriksaan MRI

Mungkin Anda diminta dokter untuk melakukan pemeriksaan MRI atau magnetic resonance imaging untuk mengetahui dengan pasti kondisi kesehatan Anda. Namun sebelum melakukannya, Anda sebaiknya mengetahui dulu apa saja yang harus disiapkan untuk melakukan pemeriksaan ini.

Apa itu pemeriksaan MRI?

Magnetic resonance imaging atau MRI adalah pemeriksaan medis yang menggunakan teknologi magnet dan gelombang radio untuk melihat detil bagian tubuh Anda. Alat ini bisa diibaratkan seperti scanner, yang dapat melihat dan memeriksan bagian organ dalam Anda. bahkan hampir semua bagian tubuh bisa diperiksa dengan melakukan pemeriksaan MRI, seperti bagian:

  • Otak dan tulang belakang
  • Tulang dan sendi
  • Payudara
  • Jantung dan pembuluh darah
  • Berbagai organ dalam tubuh seperti hati, rahim, kandung kemih, atau kelenjar prostat.

Hasil pemeriksaan ini akan membantu tim medis Anda menentukan diagnosis penyakit yang Anda alami dan rencana pengobatan yang sebaiknya dilakukan selanjutnya.

Apa saja yang harus disiapkan bila akan menjalani pemeriksaan MRI?

Sebenarnya, tak ada yang perlu Anda siapkan untuk melakukan pemeriksaan ini. Ketika datang ke ruangan pemeriksaan, maka dokter atau tim medis Anda akan meminta Anda untuk melepas baju Anda dan menggantinya dengan baju khusus.

Karena menggunakan teknologi magnet, maka semua barang yang mengandung besi dan metal harus Anda lepaskan dari tubuh Anda. Pada beberapa kasus, pasien akan diberikan obat yang disuntikan langsung ke pembuluh darah. hal ini berguna untuk memperjelas gambaran organ-organ tubuh Anda.

Apa yang terjadi ketika saya menjalani pemeriksaan ini?

Setelah melakukan persiapan sebelum melakukan pemeriksaan MRI, maka Anda akan diminta untuk berbaring pada bagian alat yang telah dipersiapkan. Alat MRI berbentuk seperti kapsul, maka selama pemeriksaan Anda akan masuk ke dalam kapsul tersebut.

Ketika pemeriksaan ini berlangsung Anda juga sebaiknya tidak bergerak agar alat bisa ‘membaca’ bagian tubuh yang sedang diperiksa. Pemeriksaan ini berlangsung selama kurang lebih 15-90 menit. Tetapi jika saat pemeriksaan berlangsung Anda merasakan keluhan, maka jangan sungkan untuk menyampaikannya pada tim medis.

Apakah pemeriksaan ini aman untuk saya yang sedang hamil?

Pemeriksaan MRI berbeda dengan pemeriksaan rontgen yang menggunakan sinar x yang dapat berbahaya bagi kesehatan janin dan anak. Pemeriksaan ini cukup aman untuk dilakukan ibu hamil dan anak-anak karena menggunakan teknologi magnet dan tidak menimbulkan rasa sakit apapun. Sebab Anda hanya diminta untuk berbaring saja selama beberapa menit dan biarkan alat tersebut membaca organ tubuh Anda.

Lalu, apakah semua orang boleh menjalaninya?

Memang pemeriksaan ini cukup aman untuk dilakukan, tidak menimbulkan sakit atau efek samping apapun. Namun bukan berarti semua orang dapat melakukannya.

Bagi Anda yang memiliki pen yang tertanam pada tulang Anda atau jenis alat metal lainnya yang ditanam dalam tubuh, seperti pacemaker, maka Anda tidak dapat melakukan pemeriksaan ini. Adanya alat berbahan metal di tubuh akan mengganggu cara kerja alat tersebut dan hasil pemeriksaan MRI akan tidak maksimal.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Medical News Today. (2017). MRI Scans: All You Need To Know. [online] Available at: http://www.medicalnewstoday.com/articles/146309.php  [Accessed 7 Jul. 2017].

Mayo Clinic. (2017). Why it’s done – Mayo Clinic. [online] Available at: http://www.mayoclinic.org/tests-procedures/mri/details/why-its-done/icc-20235706  [Accessed 7 Jul. 2017].

Nhs.uk. (2017). MRI scan – NHS Choices. [online] Available at: http://www.nhs.uk/conditions/mri-scan/Pages/Introduction.aspx  [Accessed 7 Jul. 2017].

Foto Penulis
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M pada 18/09/2020
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
x