Bahaya Prolaps Tali Pusar: Saat Tali Pusar Mendahului Kepala Bayi

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Tali pusar adalah saluran yang menghubungkan ibu dan janin. Melalui tali pusar, nutrisi dan oksigen dari ibu dapat diterima oleh janin. Karena fungsinya yang sangat penting ini, maka keberadaan tali pusar yang normal dan sehat harus selalu dipertahankan sampai bayi lahir ke dunia. Namun begitu, tali pusar juga dapat mengalami masalah. Salah satu masalahnya adalah prolaps tali pusar. Untuk mengetahuinya lebih lanjut. Sebaiknya simak penjelasan berikut ini.

Apa itu prolaps tali pusar?

Prolaps tali pusar adalah suatu kondisi di mana tali pusar berada mendahului kepala bayi di leher rahim atau bahkan di vagina Anda. Hal ini dapat terjadi sebelum maupun selama kelahiran. Tali pusar yang mendahului kepala bayi dapat menghalangi jalannya bayi untuk lahir dan juga dapat menekan tali pusar bayi. Penekanan pada tali pusar inilah yang membuat prolaps tali pusar dapat menjadi masalah serius pada bayi. Seperti yang sudah diketahui, tali pusar adalah yang menghubungkan ibu dan janin. Jadi, jika terjadi tekanan atau sumbatan pada aliran darah di tali pusar, maka hal ini dapat berdampak serius pada kesehatan bayi.

BACA JUGA: 4 Hal yang Perlu Ibu Lakukan Pada Tali Pusar Bayi Setelah Lahir

Prolaps tali pusar sangat jarang terjadi, bisa terjadi pada sekitar 1 dari setiap 300 kelahiran. Biasanya, masalah pada tali pusar ini lebih sering terjadi selama proses kelahiran. Pada saat ini, bayi Anda akan lebih banyak bergerak, sehingga posisi tali pusar bisa berubah dan menutupi jalan keluarnya bayi yang akan lahir.

Apa akibat dari prolaps tali pusar?

Bayi masih membutuhkan pasokan nutrisi dan oksigen yang cukup saat ia sedang dalam proses kelahiran. Bahkan, beberapa menit setelah bayi lahir, tali pusar masih dapat menyediakan nutrisi dan oksigen ke bayi lewat aliran darah. Sehingga, jika terjadi masalah pada tali pusar sebelum bayi lahir ke dunia, tentu ini dapat menyebabkan bayi mengalami masalah.

Tali pusar yang tertekan saat prolaps tali pusar terjadi dapat menyebabkan penurunan detak jantung bayi dan terhambatnya pasokan aliran darah ke bayi. Ini berarti bayi dapat mengalami kekurangan pasokan nutrisi dan oksigen dari ibu. Selain itu, penekanan pada tali pusar dapat menyebabkan karbon dioksida menumpuk dalam aliran darah bayi, yang akhirnya dapat mengakibatkan asidosis pernapasan.

Jika hal ini tidak ditangani dengan segera, maka bayi bisa saja mengalami kekurangan aliran oksigen ke otak sehingga dapat menyebabkan bayi mengalami risiko kerusakan otak. Prolaps tali pusar yang berlangsung lama juga dapat menyebabkan bayi lahir mati (stillbirth).

Apa saja yang menyebabkan prolaps tali pusar?

Pergerakan bayi yang sangat aktif selama dalam kandungan atau selama persalinan dapat menyebabkan tali pusar tertekan. Namun, penyebab paling umum dari prolaps tali pusar adalah ketuban pecah dini. Kantung ketuban yang pecah sesaat sebelum bayi lahir atau sebelum kepala bayi benar-benar sudah berada di leher rahim dapat meningkatkan risiko Anda mengalami prolaps tali pusar.

Adapun penyebab lain dari prolaps tali pusar adalah:

BACA JUGA: Apa yang Menyebabkan Ketuban Pecah Sebelum Waktunya?

Bagaimana cara mengetahui prolaps tali pusar?

Anda dapat mengetahui apakah Anda mengalami prolaps tali pusar saat hamil dengan cara memeriksakan kehamilan Anda ke dokter. Dokter dapat mendeteksi hal tersebut melalui beberapa cara. Saat melahirkan, dokter akan menggunakan alat untuk memonitor jantung janin, apakah detak jantung janin normal. Jika telah terjadi masalah pada tali pusar, detak jantung bayi akan melambat (kurang dari 120 kali per menit) atau bayi mengalami bradikardia. Untuk memeriksa masalah tali pusar ini, dokter juga bisa melakukan pemeriksaan pada panggul Anda. Dokter akan melihat atau meraba panggul Anda, apakah ada tali pusar di dalamnya. Jika ada, dokter mungkin akan segera mengambil tindakan.

Apa yang bisa dilakukan jika terjadi prolaps tali pusar?

Karena masalah pada tali pusar dapat mengakibatkan hal yang sangat serius terhadap bayi, penanganan prolaps tali pusar harus dilakukan segera setelah diketahui. Dokter mungkin akan menjauhkan janin dari tali pusar untuk mengurangi tekanan pada tali pusar sehingga dapat menurunkan risiko kekurangan oksigen pada bayi. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin akan melakukan tindakan untuk melahirkan bayi Anda segera dengan cara operasi caesar. Jika prolaps tali pusar tidak ditangani secepat mungkin, dampak yang dapat diterima oleh bayi bisa lebih besar, seperti kerusakan otak atau kematian.

BACA JUGA: Berapa Kali Operasi Caesar yang Boleh Dijalani Seorang Wanita?

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca