home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil yang Sayang Jika Dilewatkan

7 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil yang Sayang Jika Dilewatkan

Anda dan pasangan perlu mengetahui bahwa pada masa kehamilan, mendapatkan asupan nutrisi yang tepat lebih diperlukan daripada hanya makan banyak. Salah satu sumber nutrisi yang direkomendasikan adalah buah alpukat. Apa saja manfaat buah alpukat untuk ibu hamil? Apakah ada bahaya atau efek samping dari alpukat? Ini penjelasannya!

Manfaat makan alpukat untuk ibu hamil

manfaat alpukat untuk ibu hamil

Memang benar bahwa semua kalori dari makanan yang dikonsumsi ibu hamil akan bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

Dikutip dari Kids Health, kunci pola makan sehat selama kehamilan adalah meningkatkan nutrisi, bukannya melipatgandakan porsi makan.

Kehamilan adalah waktu yang penting bagi ibu untuk makan lebih banyak zat besi, kalsium, protein, vitamin A, B dan C, folat, magnesium, selenium, dan zinc.

Salah satu jenis makanan yang dapat memenuhi kebutuhan kalori dan nutrisi harian ibu hamil adalah buah alpukat.

Hal ini karena buah alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal sehingga mempunyai manfaat untuk ibu hamil atau bumil.

Tidak ada pantangan khusus untuk menghindari makan alpukat selama kehamilan, kecuali Anda memiliki alergi alpukat.

Berikut beberapa manfaat buah alpukat untuk bumil atau ibu hamil yang perlu Anda ketahui, seperti:

1. Mempunyai kandungan asam folat

Tahukah Anda jika buah alpukat mempunyai kandungan asam folat yang lebih tinggi daripada buah untuki ibu hamil lainnya seperti pisang?

Setengah buah alpukat mengandung sekitar 90 mikrogram (mcg) asam folat, sementara dua buah pisang mengandung 60 mcg asam folat.

Asam folat adalah nutrisi utama pada masa kehamilan yang memproduksi dan memelihara sel-sel baru sehingga mencegah terjadinya cacat lahir pada bayi.

Memenuhi kecukupan folat selama trimester pertama kehamilan sangat penting karena sistem saraf pusat bayi (termasuk otak dan sumsum tulang belakang) sedang terbentuk di masa ini.

Maka dari itu, Anda bisa merasakan manfaat buah alpukat yang kaya asam folat untuk ibu hamil sebagai pencegahan terjadinya cacat tulang pada bayi

Selain itu, asam folat juga bermanfaat untuk mencegah komplikasi kehamilan seperti depresi, anemia, cacat lahir, keguguran, dan preeklampsia.

2. Alpukat sebagai sumber lemak baik

Penambahan berat badan merupakan hal yang umum terjadi pada masa kehamilan.

Namun, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memastikan bahwa asupan lemak yang masuk ke dalam tubuh adalah lemak baik.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya obesitas atau kemungkinan serangan jantung pada ibu hamil.

Alpukat diperkaya dengan kalori dan lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh tunggal adalah lemak baik yang membantu Anda mencukupi kebutuhan kalori yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu saja, manfaat lainnya dari lemak baik di dalam alpukat untuk ibu hamil adalah meningkatkan kesehatan jantung, mengatur kadar gula darah, dan membuat Anda tetap kenyang.

Lalu, lemak baik juga dapat membantu memperkuat struktur sel membran bayi hingga meningkatkan kualitas tidur ibu hamil.

3. Terdapat kandungan serat yang dibutuhkan ibu hamil

Sembelit merupakan salah satu keluhan yang paling umum dirasakan oleh ibu hamil. Maka dari itu, Anda juga perlu mengonsumsi makanan dengan kandungan serat.

Manfaat lainnya dari buah alpukat untuk ibu hamil atau bumil adalah kandungan serat di dalamnya mudah larut. Hal ini baik untuk melancarkan metabolisme serta pencernaan.

Tidak hanya itu saja, dikutip dari sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal Food Science & Nutrition, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti alpukat juga dapat membantu mengurangi risio diabetes gestasional dan preeklampsia.

4. Kaya akan kandungan antioksidan

Ada kandungan lainnya di dalam buah alpukat, yaitu likopen serta beta karoten yang merupakan antioksidan sehingga bermanfaat untuk tubuh.

Maka dari itu, manfaat alpukat yang satu ini baik untuk ibu hamil atau bumil karena antioksidan dapat meningkatkan regenerasi sel reproduksi di dalam tubuh.

5. Menjaga keseimbangan tekanan darah

Manfaat lainnya dari buah alpukat untuk ibu hamil adalah dapat mengatur dan menyeimbangkan tekanan darah. Hal ini karena kandungan magnesium serta kalium di dalamnya.

Maka dari itu, apabila Anda mempunyai kemungkinan mengalami hipertensi gestasional, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah alpukat pada masa kehamilan.

Walaupun hipertensi gestasional bisa hilang setelah melahirkan, tetapi bisa meningkatkan kemungkinan Anda mengalami hipertensi kronis di masa depan.

Lalu, hipertensi kronis juga dapat memicu terjadinya preeklampsia pada kehamilan Anda.

6. Membantu mempercepat proses penyerapan nutrisi

Ada cukup banyak kandungan di dalam buah alpukat sehingga dapat membantu memenuhi asupan harian yang dibutuhkan ibu hamil.

Kandungan di dalanya berupa protein, vitamin A, vitamin K, folat, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin E.

Menariknya, semua kombinasi nutrisi berkualitas dari buah alpukat sebenarnya juga mempunyai manfaat lainnya untuk ibu hamil atau bumil.

Sebagai contoh adalah membantu tubuh Anda agar dapat lebih baik menyerap nutrisi dari sumber lainnya yang masuk ke dalam tubuh..

Bahkan, penelitian yang terbit dalam Nutrition Journal menunjukkan bahwa makan alpukat dapat membantu meningkatkan penyerapan karotenoid oleh tubuh yang ditemukan dalam wortel, ubi jalar, dan sayuran hijau.

7. Mencegah dan meringankan kram

Salah satu keluhan ibu hamil yang cukup sering terjadi adalah merasakan kram pada bagian tubuh tertentu seperti kaki.

Kram kaki saat hamil biasanya terjadi di trimester ketiga karena tubuh kekurangan asupan kalium, kalsium, serta magnesium.

Selama kehamilan, volume darah Anda meningkat hingga 50% yang berarti Anda akan membutuhkan sedikit lebih banyak kalium daripada biasanya.

Tidak hanya dari suplemen, Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari buah alpukat untuk ibu hamil seperti mencegah terjadinya kram.

Hal ini karena terdapat kandungan kalium sebanyak 458 mg dalam 100 gram buah alpukat.

Tidak hanya manfaat alpukat untuk ibu hamil atau bumil yang sudah disebutkan di atas, ada pula yang mengatakan bahwa buah ini juga ampuh untuk program hamil.

Hal ini dibahas dalam penelitian The Role of Avocados in Maternal Diet during the Periconceptional Period, Pregnancy, and Lactation.

Dikatakan bahwa penurunan berat badan pada wanita yang obesitas merupakan faktor utama dalam meningkatkan kesuburan. Nah, Anda bisa mengonsumsi asupan makanan tinggi lemak baik.

Tidak hanya manfaat alpukat untuk ibu hamil, buah ini juga dapat membantu meningkatkan kesuburan untuk program hamil karena lemak baik serta antioksidan di dalamnya.

Apakah ada bahaya dari alpukat untuk ibu hamil?

Sudah dijelaskan di atas bahwa ada cukup banyak manfaat yang dapat Anda dapatkan dari buah alpukat untuk ibu hamil.

Sebenarnya, Anda juga boleh untuk mengonsumsinya setiap hari apalagi juga direkomendasikan oleh dokter.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah Anda tidak lupa untuk menambah variasi nutrisi lemak baik dari jenis makanan ibu hamil lainnya agar gizinya tetap seimbang.

Selalu konsultasikan dan patuhi anjuran dokter kandungan, bidan, atau ahli gizi prenatal untuk menentukan makanan sehat yang paling aman untuk kehamilan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Zerfu, T., & Mekuria, A. (2019). Pregnant women have inadequate fiber intake while consuming fiber‐rich diets in low‐income rural setting: Evidences from Analysis of common “ready‐to‐eat” stable foods. Food Science & Nutrition, 7(10), 3286-3292. doi: 10.1002/fsn3.1188

Primary Health Benefits of Avocados | Cedars-Sinai. (2021). Retrieved 1 February 2021, from https://www.cedars-sinai.org/blog/healthy-and-delicious-avocado.html

Eating During Pregnancy (for Parents) – Nemours KidsHealth. (2021). Retrieved 1 February 2021, from https://kidshealth.org/en/parents/eating-pregnancy.html

Fulgoni, V., Dreher, M., & Davenport, A. (2013). Avocado consumption is associated with better diet quality and nutrient intake, and lower metabolic syndrome risk in US adults: results from the National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) 2001–2008. Nutrition Journal, 12(1). doi: 10.1186/1475-2891-12-1

Zielińska, M., Wesołowska, A., Pawlus, B., & Hamułka, J. (2017). Health Effects of Carotenoids during Pregnancy and Lactation. Nutrients, 9(8), 838. doi: 10.3390/nu9080838

Comerford, K., Ayoob, K., Murray, R., & Atkinson, S. (2016).The Role of Avocados in Maternal Diets during the Periconceptional Period, Pregnancy, and Lactation. Nutrients, 8(5), 313. doi: 10.3390/nu8050313

Can You Eat Too Much Avocado?. (2018). Retrieved 1 February 2021, from https://health.clevelandclinic.org/can-you-eat-too-much-avocado/

High Blood Pressure During Pregnancy. (2020). Retrieved 1 February 2021, from https://www.cdc.gov/bloodpressure/pregnancy.htm#

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh Ajeng Quamila
Tanggal diperbarui 2 minggu lalu
x