home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tak Perlu Cemas, Ini 5 Cara Menambah Berat Badan Janin di dalam Kandungan

Tak Perlu Cemas, Ini 5 Cara Menambah Berat Badan Janin di dalam Kandungan
Kenapa berat badan bayi saat lahir itu penting?|Bagaimana cara menambah berat badan janin?

Kebutuhan gizi ibu hamil cenderung mengalami peningkatan guna memenuhi nutrisi untuk janin di dalam kandungan. Sayangnya, ibu hamil mungkin pernah mengalami kesulitan menambah berat badan sehingga berpengaruh pada bobot janin. Namun, jangan khawatir, Anda masih punya kesempatan untuk menambah berat badan janin asal tahu cara tepatnya.

Apa saja cara yang perlu dilakukan untuk membantu menambah berat badan janin di dalam kandungan?

Kenapa berat badan bayi saat lahir itu penting?

bayi lahir caesar

Kenaikan berat badan ibu saat hamil tentu akan memengaruhi berat badan janin di dalam kandungan. Hal ini nantinya juga menjadi penentu berat badan bayi saat lahir.

Menurut UNICEF, berat badan bayi baru lahir ini sangat penting karena menjadi salah satu acuan untuk kesehatan bayi.

Bayi yang lahir dengan kondisi berat badan lahir rendah (BBLR) cenderung lebih sulit untuk melawan infeksi dan mengontrol suhu tubuhnya sendiri.

Bukan hanya itu, nantinya bayi juga lebih rentan terserang penyakit saat tumbuh dewasa, seperti penyakit kardiovaskuler, diabetes tipe 2, hingga hipertensi.

Bila berat badan bayi yang rendah ini terus terbawa hingga ia dewasa, khususnya anak perempuan, ia berisiko melahirkan bayi dengan berat badan yang rendah juga.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menaikkan berat badan Anda saat hamil sampai batas yang cukup.

Ingat, terlalu banyak kenaikan berat badan saat hamil juga tidak baik. Perlu Anda ketahui bahwa bayi mengalami percepatan penambahan berat badan saat trimester ketiga kehamilan.

Dengan kata lain, berat badan Anda pada trimester ketiga kehamilan mungkin juga akan bertambah lebih cepat.

Ini karena selain berat janin yang bertambah, Anda juga mengalami penambahan cadangan lemak, cairan, volume darah, dan cairan ketuban.

Bukan hanya itu, berat plasenta dan ukuran rahim yang semakin membesar turut andil menambah berat badan Anda selama kehamilan.

Mengingat begitu pentingnya berat badan yang cukup saat lahir, Anda perlu memastikan berat badan janin bertambah di jalur yang tepat.

Jika saat ini kenaikan berat badan janin di dalam kandungan belum ideal, ketahui cara menambah bobot janin yang tepat.

Dengan begitu, kenaikan berat badan janin nantinya juga akan memengaruhi penambahan berat badan ibu hamil.

Bagaimana cara menambah berat badan janin?

sarapan ibu hamil

Sebagian ibu mungkin merasa sulit untuk menaikkan berat badan saat hamil. Namun, beberapa lainnya justru merasa berat badannya sangat mudah bertambah.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti metabolisme dalam tubuh, ibu hamil susah makan karena kehilangan nafsu makan, punya masalah medis tertentu, dan lainnya.

Pengaruh dari morning sickness di trimester pertama kerap dijadikan salah satu patokan atau tanda-tanda hamil yang bisa turut menentukan cepat atau lambatnya kenaikan berat badan ibu.

Ibu yang mengalami morning sickness biasanya susah bahkan enggan untuk makan.

Hal ini yang kemudian membuat berat badan ibu tidak kunjung bertambah sehingga bobot janin di dalam kandungan pun kecil.

Kenaikan berat badan yang kurang selama kehamilan tidak hanya berdampak pada ibu, tetapi juga berpengaruh pada janin di dalam kandungan.

Janin bisa mengalami berat badan yang kecil untuk usia kehamilan (small for gestational age), mengalami pertumbuhan yang terbatas dalam rahim (IUGR atau intrauterine growth restriction), atau kelahiran prematur.

Jadi, jika Anda belum mencapai kenaikan berat badan saat hamil yang direkomendasikan, sebaiknya coba cara menambah berat badan agar bobot janin juga bertambah.

Upaya menambah berat badan selama kehamilan merupakan bagian dari diet untuk ibu hamil.

Ibu hamil bisa mencoba berbagai cara berikut untuk menambah berat badan janin sekaligus berat badan diri sendiri:

1. Makan lebih banyak kalori dan protein hewani

Asupan nutrisi ibu hamil turut memengaruhi kenaikan berat badan. Mungkin Anda mengira bahwa apa yang Anda makan sudah memenuhi kebutuhan gizi harian.

Padahal, bisa jadi Anda masih kekurangan nutrisi tertentu sehingga kenaikan berat badan bayi di dalam kandungan belum tercapai secara optimal.

Coba tingkatkan asupan kalori harian sebagai cara menambah berat badan janin selama kehamilan dan perbanyak konsumsi protein hewani.

Ada berbagai makanan untuk ibu hamil yang menjadi pilihan Anda untuk diolah dan dimakan sehari-hari.

Jika ibu hamil merasa tidak nafsu makan, sebaiknya fokus menambah jumlah kalori yang terkandung dalam makanan walaupun hanya dalam porsi kecil.

Ibu hamil juga bisa memilih makanan yang kaya kandungan lemak sehat, seperti alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian (roti gandum utuh, pasta gandum utuh, kacang polong, atau kacang merah).

Jika khawatir kenaikan berat badan terlalu banyak, Anda tetap bisa mengontrol berat badan saat hamil, kok.

Kenaikan berat badan selama kehamilan bisa Anda kontrol melalui kalkulator kenaikan berat badan ibu hamil dari Hello Sehat.

2. Lakukan olahraga ringan

Selain dari makanan, cara untuk menambah berat badan janin juga bisa dengan rutin berolahraga saat hamil.

Ya, olahraga untuk ibu hamil memang direkomendasikan bukan hanya bagi kesehatan ibu, tetapi juga untuk si kecil di dalam kandungan.

Melansir dari American College of Obstetricians and Gynecologists, Anda bisa melakukan olahraga seperti jalan santai, senam hamil, berenang saat hamil, bersepeda, dan lainnya.

Jalan santai bisa Anda lakukan setiap pagi atau sore hari secukupnya untuk membuat badan lebih segar dan bugar.

3. Istirahat yang cukup

Sebaiknya biasakan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari selama hamil. Istirahat yang cukup dapat memberikan ibu hamil energi sehingga membuat tubuh tetap segar.

Jika Ibu merasa lebih cepat lelah dari biasanya pada siang hari, sebaiknya kurangi aktivitas dan luangkan waktu tidur siang bila memungkinkan.

4. Kurangi stres dan cemas

Saat ibu hamil merasa stres atau cemas, porsi makan biasanya jadi tidak terkontrol. Tak menutup kemungkinan, ibu hamil bisa jadi malas makan.

Jadi, secara tidak langsung, cara untuk membantu menambah berat badan janin lainnya yakni dengan menghindari stres dan cemas.

Ibu hamil sebaiknya tetap tenang sehingga bisa lebih mengontrol nafsu makan harian.

makanan ibu hamil agar bayi cerdas

5. Minum vitamin prenatal

Jangan lupa minum vitamin prenatal untuk ibu hamil sesuai dengan rekomendasi dari dokter.

Vitamin prenatal dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil yang mungkin kurang bisa dipenuhi dari makanan.

Cara ini turut mendukung kesehatan tubuh ibu selama kehamilan sekaligus membantu menambah berat badan janin di dalam kandungan.

6. Makan buah setelah waktu makan utama

Jika Anda terbiasa makan buah sebelum waktu makan utama, sebaiknya pindahkan waktunya setelah makan.

Buah untuk ibu hamil memang baik. Namun, kandungan serat di dalam buah yang cukup tinggi ini bisa membuat Anda cepat kenyang bila dimakan sebelum waktu makan utama.

7. Bukan berarti Anda boleh makan junk food

Meskipun Anda disarankan untuk beralih ke makanan yang mengandung kalori tinggi, perhatikan juga gizi yang terkandung dalam makanan tersebut.

Junk food memang mengandung kalori yang tinggi, tetapi tidak menyumbang nutrisi bagi ibu hamil.

Selain junk food, juga sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi, makanan yang digoreng, dan makanan berpengawet.

Tetap pertimbangkan untuk makan makanan dengan gizi seimbang. Sayuran, buah-buahan, daging, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan karbohidrat adalah makanan yang baik untuk Anda dan janin.

Makanlah sebanyak 3-4 kali makan utama per hari dan tambahkan dengan makan selingan di antara makan utama untuk mendukung kenaikan berat badan Anda dan janin.

Jangan lupa juga untuk minum yang cukup agar terhindar dari dehidrasi saat hamil. Tak perlu khawatir, berat badan Anda akan melonjak naik karena janin yang juga semakin besar.

Hal ini karena berat badan setelah melahirkan bisa kembali turun seperti sebelum hamil nantinya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Low Birth Weight – Country, Regional, and Global Estimates. Retrieved 11 December 2020, from https://www.unicef.org/publications/files/low_birthweight_from_EY.pdf

Pregnancy: Nutrition. Retrieved 11 December 2020, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/12593-pregnancy-nutrition

Exercise During Pregnancy. Retrieved 11 December 2020, from https://www.acog.org/womens-health/faqs/exercise-during-pregnancy

Healthy Eating for Two. Retrieved 11 December 2020, from https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/eating-for-two-970/

Weight and Pregnancy. Retrieved 11 December 2020, from https://www.thewomens.org.au/health-information/pregnancy-and-birth/a-healthy-pregnancy/weight-pregnancy

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Tanggal diperbarui 23/01/2021
x