7 Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Susu kedelai belakangan ini banyak diperbincangkan, terutama di antara vegetarian. Kandungan kalsium yang terdapat di dalam susu kedelai memang masih kurang diketahui. Meskipun begitu, susu kedelai memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh kita.

Keuntungan dari mengonsumsi susu kedelai antara lain mengurangi risiko kolesterol, kanker, dan obesitas. Selain itu, susu kedelai juga meningkatkan kesehatan jantung serta menurunkan masalah yang dialami setelah menopause. Susu kedelai memiliki sumber energi, protein, gula, serat, dan lemak yang baik. Termasuk di dalamnya terkandung berbagai mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

Apa saja manfaat susu kedelai?

1. Kesehatan jantung

Susu kedelai mengandung protein yang dibutuhkan manusia sebagai sumber nutrisi dan pertumbuhan. Protein terbuat dari asam amino yang memiliki keuntungan mencegah berbagai penyakit. Asam amino dan isoflavone yang terkandung dalam susu kedelai memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Beberapa penelitian membandingkan susu kedelai dengan susu sapi dalam menurunkan tekanan darah. Didapatkan bahwa susu kedelai mampu menurunkan tekanan darah lebih baik dibandingkan dengan susu sapi pada pasien dengan hipertensi ringan sampai sedang.

Di antara pasien dengan diabetes tipe 2, konsumsi susu kedelai memiliki efek yang baik untuk tekanan darah. Sehingga, konsumsi susu kedelai sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

2. Mengurangi gejala post-menopause

Susu kedelai dapat mengurangi masalah kesehatan pada wanita setelah menopause. Beberapa penelitian menemukan bahwa isoflavone pada kedelai dapat menjaga kadar estrogen pada wanita menopause.

Sistem imun dapat tertekan setelah menopause karena efek penuaan dan berkurangnya estrogen. Isoflavone adalah komponen yang mengandung bahan estrogenik dan antioksidan, sehingga bisa membantu menguatkan daya tahan tubuhpada wanita pada periode ini.

3. Mencegah osteoporosis

Manfaat susu kedelai lainnya adalah mengurangi kemungkinan terjadinya osteoporosis pada wanita post menopause. Osteoporosis merupakan risiko yang dialami wanita pada usia menopause. Kurangnya kalsium dapat meningkatkan terjadinya penyakit tersebut.

4. Anti karsinogenik

Konsumsi susu kedelai memiliki keuntungan menurunkan risiko kanker prostat pada pria. Hasil dari beberapa penelitian merekomendasikan untuk mengonsumsi susu kedelai untuk menurunkan risiko terjadinya kanker prostat. Selain itu, kanker payudara yang turut berhubungan dengan kadar estrogen juga dapat dicegah dengan konsumsi susu kedelai.

5. Anti oksidan

Efek antioksidan yang dimiliki isoflavone pada susu kedelai memiliki keuntungan untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis. Susu kedelai memiliki efek anti oksidan dan pelindung hati yang dapat membantu menurunkan stress oksidatif dan kerusakan yang terjadi didalam tubuh. Kerusakan sel sebagai hasil stress oksidatif dipercaya merupakan penyebab utama dari penyakit kardiovaskular melalui oksidasi LDL dan kanker melalui DNA.

Pada manusia, isoflavone ditemukan dapat mencegah oksidasi LDL dan menghambat kerusakan DNA. Sistem imun sendiri dipercaya dapat membuat pertahanan untuk melawan penyakit karena penuaan. Wanita menopause rentan terhadap penyakit kronis yang berhubungan dengan proses penuaan dan hormon. Isoflavone dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada populasi tersebut dan menghambat kerusakan oksidatif DNA pada wanita setelah menopause.

6. Mencegah obesitas dan menurunkan kolesterol

Obesitas dapat terjadi pada pria maupun wanita setelah menopause. Isoflavone pada susu kedelai memiliki efek hormonal yang dapat menghambat adipogenesis yang dapat menurunkan pelebaran dari jaringan lemak. Hal ini turut mempengaruhi dalam menurunnya kadar LDL kolestrol dalam darah dan dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.

7. Melancarkan pencernaan

Susu kedelai diketahui memiliki banyak protein, lemak, dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Manfaat yang didapatkan dari susu kedelai ini didapatkan dari kandungan isoflavone yang terkandung di dalamnya. Isoflavone yang terkandung dalam susu kedelai juga baik dalam meningkatkan absorpsi usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenali Faktor Risiko Sejak Dini untuk Cegah Osteoporosis di Usia Lanjut

Sebelum terlambat, segera kenali apa faktor risiko penyebab osteoporosis di usia lanjut dan cara sederhana mencegah kondisi ini terjadi.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
mencegah osteoporsis usia lanjut
Osteoporosis, Health Centers 1 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit

Apa Sebenarnya Pengaruh Alkohol untuk Kesehatan Jantung?

Konsumsi alkohol ternyata memengaruhi kondisi jantung Anda. Lantas, apa pengaruh baik dan buruk minum alkohol untuk kesehatan jantung?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Penyakit Jantung, Kesehatan Jantung 1 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Cari 3 Kandungan Suplemen Ini untuk Cegah Osteoporosis

Mengonsumsi suplemen dapat menjadi cara untuk cegah osteoporosis. Kenali tiga kandungan yang manjur membantu Anda terhindar dari masalah ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
wanita aktif karena rutin berolahraga dan mengonsumsi suplemen cegah osteoporosis
Nutrisi, Hidup Sehat 1 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Komplikasi Osteoporosis yang Perlu Diwaspadai

Sebagaimana penyakit lain, osteoporosis bisa menyebabkan komplikasi. Berikut komplikasi yang mungkin terjadi jika osteoporosis tidak segera diobati.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Osteoporosis, Kesehatan Muskuloskeletal 23 September 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

sistem gerak pada manusia

Sistem Gerak Pada Manusia dan Gangguannya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 25 Oktober 2020 . Waktu baca 13 menit
syok hipovolemik

Syok Hipovolemik

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 24 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit
perlukah lansia minum susu

Apakah Lansia Masih Perlu Minum Susu? Berapa Banyak yang Dibutuhkan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

8 Cara Ampuh Mencegah Penyakit Jantung dan Kekambuhannya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 5 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit