8 Manfaat Toge Selain Meningkatkan Kesuburan Pria

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17/06/2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Tahukah Anda bahwa meski sudah lama dikenal sebagai makanan untuk menambah kesuburan pria, toge alias toge juga memiliki sejumlah manfaat lain bagi kesehatan? Apa saja manfaat toge?

Manfaat toge untuk kesehatan

Dengan seluruh kandungan nutrisi dan zat besi di dalam toge, manfaat toge bagi kesehatan tubuh banyak sekali jumlahnya. Berikut ini beberapa manfaat toge untuk kesehatan tubuh:

1.  Melancarkan pencernaan

Salah satu hal yang terbaik mengenai toge adalah bahwa kecambah ini mengandung jumlah enzim yang sangat tinggi. Hal ini dapat membantu meningkatkan berbagai proses metabolisme dan reaksi kima dalam tubuh, khususnya untuk pencernaan.

Enzim merupakan bagian penting dari proses pencernaan. Selain itu, serat-serat yang ditemukan dalam kecambah memberikan manfaat yang sangat penting untuk pencernaan. Serat yang terdapat dalam toge akan mengangkat kotoran, sehingga lebih mudah untuk melalui pencernaan. Selanjutnya, serat makanan merangsang asam lambung yang membantu enzim untuk mencerna makanan secara efektif dan efisien.

Toge juga adalah makanan yang bagus untuk menghilangkan sembelit dan diare.

2. Meningkatkan metabolisme

Seperti yang telah disebutkan, toge kaya akan enzim yang biasanya tidak tersedia melalui makanan. Masuknya enzim dapat berdampak serius bagi metabolisme tubuh. Di luar itu, kecambah juga mengandung banyak protein yang merupakan bagian penting dari makanan yang memungkinkan kita untuk melakukan seluruh fungsi kimia dalam tubuh. Protein diperlukan untuk hampir seluruh proses tubuh, khususnya penciptaan dan pemeliharaan sel, perbaikan organ, regenerasi kulit, pertumbuhan tulang, perkembangan otot, dan sejumlah aspek lain yang sangat penting untuk kesehatan. Ini berarti toge merupakan cara yang sehat dan lezat untuk meningkatkan fungsi tubuh secara keseluruhan untuk perkembangan tubuh.

Kandungan nutrisi yang tinggi juga menjawab mengapa toge sangat dianjurkan untuk vegetarian dan vegan, karena toge dapat mengganti kandungan protein seperti yang dimiliki oleh daging.

3. Meningkatkan sirkulasi darah dan memulihkan anemia

Anemia adalah istilah teknis untuk kekurangan zat besi. Jika Anda kekurangan zat besi, jumlah sel darah merah menurun, karena zat besi merupakan bagian penting dari produksi sel darah merah. Hal ini dapat mengakibatkan kelelahan, kurang konsentrasi, mual, pusing dan gangguan pada perut. Dengan mempertahankan jumlah sel darah merah yang tepat, Anda dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan oksigenasi sistem organ dan sel-sel untuk mengoptimalkan kinerja mereka.

4. Menurunkan berat badan

toge adalah salah satu makanan yang sangat tinggi nutrisi tetapi rendah kalori. Ini berarti bahwa Anda dapat mengonsumsi toge tanpa khawatir untuk mengorbankan diet Anda. Selain itu, serat dalam toge dapat membantu untuk membuat Anda merasa kenyang karena toge menghambat pelepasan ghrelin, yaitu hormon lapar yang memberikan tanda pada pikiran kita untuk makan sesuatu. Hal ini dapat mengurangi makan berlebihan dan ngemil, yang merupakan dua masalah terbesar bagi seseorang yang menderita masalah obesitas.

5. Menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke

toge adalah sumber asam lemak omega-3. Meskipun secara teknis hal ini merupakan bentuk kolesterol, namun mereka dianggap sebagai kolesterol baik dan dapat mengurangi jumlah kolesterol berbahaya dalam pembuluh darah dan arteri. Asam lemak omega-3 ini juga merupakan anti-inflamasi alami, sehingga mereka dapat mengurang stres pada sistem kardiovaskular Anda.

Kandungan kalium toge juga membantu mengurangi tekanan darah, karena kalium adalah agen pelebar pembuluh darah (vasodilator) dan dapat melepasakn ketegangan di arteri pembuluh darah. Hal ini akan meningkatkan sirkulasi dan oksigenasi, sekaligus mengurangi pembekuan dan menurunkan risiko penyempitan dan pengerasan pembuluh darah arteri (aterosklerosis), serangan jantung, dan stroke.

6. Meningkatkan sistem imun

Ada beberapa faktor yang membuat toge menjadi booster yang kuat bagi kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dapat membuat toge menjadi stimulan yang baik untuk sel-sel darah putih dalam tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, kandungan vitamin A dalam toge dapat berkembang 10 kali seiring berkembangnya toge. Vitamin A memiliki sejumlah sifat antioksidan yang merupakan sumber kekuatan sistem kekebalan tubuh.

7. Menyehatkan dan menumbuhkan rambut

toge mengandung banyak vitamin C, yang dapat meningkatkan pertumbuhan pada rambut. Mereka dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh yang membuat rambut lemah, tipis, dan rapuh. Selain itu toge juga dapat mencegah berbagai gangguan rambut.

Selenium dalam toge juga dapat membantu membunuh jamur yang membuat kulit kepala menjadi kering, menghilangkan ketombe serta kotoran, dan mendorong pertumbuhan rambut baru. Hal ini juga dapat membantu mengurangi gatal di kepala akibat jamur.

Mengonsumsi toge  secara teratur dapat membuat rambut lebih bersinar, elastis dan  berkilau. Karena toge mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk nutrisi folikel rambut. Hal ini dapat memerangi rambut kering dan rapuh. toge juga dapat mencegah rambut kusam dan tak bernyawa.

8. Mencegah kanker

Aktivitas antioksidan dari senyawa organik yang ditemukan dalam toge membuat agen anti-kanker yang sangt baik untuk Anda. Vitamin C, A, serta asam amino dan protein (termasuk sejumlah besar enzim) juga berdampak pada kandungan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah produk hasil metabolisme sel yang berbahaya bagi kesehatan, yang dapat menyebabkan sel-sel bermutasi menjadi sel kanker. Mereka juga bertanggung jawab untuk beberapa penyakit seperti jantung, penuaan dini, penurunan fungsi kognitif dan berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan usia. toge dapat menetralkan efek ini, sehingga dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena kanker.

Manfaat toge untuk kesuburan

Sama halnya dengan kesehatan, toge juga sangat bermanfaat terhadap kesuburan pria dan wanita. Berikut manfaat toge untuk kesuburan:

1. Meningkatkan kualitas sperma

toge memiliki kapasitas untuk meningkatkan kesuburan. Jika mengonsumsinya secara teratur, toge akan meningkatkan kualitas sperma. Kandungan vitamin E, khususnya vitamin E-alfa dapat membantu untuk kesuburan pria. Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari serangan radikal bebas. Dengan mengonsumsi toge, vitamin E akan menjaga sel-sel telur atau mungkin sperma dari berbagai kerusakan dari serangan radikal bebas.

2. Mencegah gangguan menstruasi dan menopause

Kandungan toge dapat dengan mudah meningkatkan aliran darah untuk menghindari dan menetralkan faktor yang dapat memunculkan penyakit. Sering mengonsumsi kecambah dapat menghindari masalah pada menstruasi dan gangguan dari panas yang dirasakan di masa pra-menopause.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Begini Alasan Adanya Mata Plus pada Anak

Mata plus sering dikenal sebagai penyakit orang tua. Padahal banyak juga kasus mata plus pada anak. Baca terus dan pelajari berbagai penyebab dan gejalanya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Mata, Hidup Sehat 20/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Apa yang Akan Terjadi Jika Muncul Kista Saat Hamil?

Munculnya kista saat hamil adalah hal yang umum terjadi. Walau biasanya tidak berbahaya, ibu hamil perlu memahami apa saja pengaruhnya terhadap kandungan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Frozen Yogurt Versus Es Krim, Lebih Sehat Mana?

Benarkah frozen yogurt memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit dari es krim? Cari tahu di sini untuk memastikan apakah frozen yogurt memang lebih sehat.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 17/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Berbagai Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Bau mulut atau halitosis adalah masalah yang sangat mengganggu dan memalukan. Cari tahu semua tentang penyebab dan cara menghilangkan bau mulut tak sedap.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 17/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tanggal kedaluwarsa

4 Fakta yang Perlu Anda Ketahui Seputar Tanggal Kedaluwarsa

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
penyebab cantengan; kuku cantengan

Mengapa Kuku Bisa Cantengan dan Bagaimana Mengobatinya?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit
mual karena gugup

Kenapa Kita Merasa Mual Saat Sedang Gugup?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21/06/2020 . Waktu baca 6 menit