Kalau Ingin Berat Badan Ideal, Berapa Kalori yang Harus Dibakar?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Untuk mencapai berat badan ideal, banyak orang yang sangat membatasi asupan makannya saat berupaya menurunkan berat badan. Namun, hal yang tidak kalah penting adalah berapa banyak kalori yang harus Anda bakar per hari. Ya, jika Anda ingin mendapatkan berat badan ideal, Anda melakukan aktivitas fisik atau olahraga untuk membakar kalori, bukan hanya membatasi asupan makanan.

Tubuh membakar kalori secara alami

Tidak hanya kalori yang masuk yang harus Anda pertimbangkan saat Anda ingin menurunkan berat badan, tapi juga berapa banyak kalori yang keluar. Anda perlu melakukan olahraga untuk membakar kalori Anda. Sehingga kalori yang masuk ke tubuh lebih sedikit dibandingkan dengan kalori yang keluar. Hal ini dapat menyebabkan berat badan Anda turun.

Kebutuhan kalori seseorang berbeda-beda (lihat cara menghitung kebutuhan kalori per hari di sini), begitu juga dengan banyak kalori yang harus dibakar. Ini tergantung dari ukuran tubuh, komposisi tubuh, jenis kelamin, usia, dan aktivitas fisik. Sebenarnya, tubuh Anda sudah membakar kalori walaupun Anda tidak melakukan olahraga. Tapi, kalori yang dibakar tubuh ini belum cukup untuk mencapai berat badan ideal yang Anda inginkan.

Kalori dalam tubuh Anda terbakar secara alami saat tubuh Anda melakukan fungsinya. Sebagai contoh, untuk bernapas, memompa darah, mencerna makanan, mempertahankan suhu tubuh, dan masih banyak lagi. Ini disebut dengan metabolisme basal tubuh. Namun, jika Anda ingin menurunkan berat badan, ini semua belum cukup.

Berolahraga untuk membakar lebih banyak kalori

Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu membakar kalori lebih banyak. Hanya membatasi asupan makan Anda belum cukup untuk mendapatkan berat badan yang sehat.

Anda disarankan untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh sebesar 500-1000 kalori per hari untuk menurunkan berat badan sebesar 0,5-1 kg per minggu. Pengurangan 500-1000 kalori ini bisa Anda lakukan dengan membatasi asupan makan Anda dan melakukan olahraga.

Sebagai contoh, jika kebutuhan kalori per hari adalah 2200 kalori, Anda bisa mengurangi asupan makan Anda sebanyak 500 kalori dan Anda juga bisa melakukan olahraga yang membakar kalori sebanyak 300 kalori.

Dengan begitu, kalori yang masuk ke tubuh Anda per hari adalah 2200-500-300= 1400 kalori. Ini membuat berat badan Anda bisa turun lebih cepat dibandingkan jika Anda hanya membatasi asupan makan Anda.

Seberapa banyak kalori yang harus Anda bakar per hari tampaknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berapa banyak kebutuhan kalori Anda dan berapa banyak kalori yang masuk dari makanan. Tentu, ini berbeda-beda antar individu.

Jika Anda makan lebih banyak, artinya Anda harus melakukan aktivitas fisik atau berolahraga lebih banyak agar berat badan Anda turun. Namun, perlu digarisbawahi bahwa setidaknya kalori yang masuk ke tubuh Anda melalui makanan adalah sebesar 1200 kalori.

Berapa banyak kalori yang terbakar saat olahraga?

Ini tergantung dari berbagai faktor, seperti ukuran tubuh Anda, berapa lama Anda olahraga, tingkat kebugaran, aktivitas dan rasio lemak tubuh. Orang dengan ukuran tubuh yang lebih besar biasanya dapat membakar kalori lebih banyak.

Pada umumnya, olahraga kardio dapat membakar kalori lebih banyak daripada olahraga lainnya. Misalnya, jogging, bersepeda, dan senam aerobik. Dalam waktu 30 menit, olahraga ini mampu membakar kalori sekitar 200-400 kalori pada orang dengan berat 70 kg.

Olahraga teratur dapat membuat komposisi jaringan otot Anda bertambah, sehingga tubuh Anda akan membakar kalori lebih banyak saat Anda dalam keadaan istirahat.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Daftar Makanan untuk Atasi Kekurangan Sel Darah Putih

Leukosit yang rendah bisa membuat Anda rentan kena infeksi. Makanan penambah sel darah putih bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan leukosit Anda.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Kelainan Darah, Kelainan Sel Darah Putih 16 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Agar Performa Tak Menurun, Ini 5 Tips Sehat Menurunkan Berat Badan Bagi Atlet

Cara menurunkan berat badan yang keliru bisa berdampak buruk bagi performa. Lalu, seperti apa cara menurunkan berat badan yang baik bagi atlet?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Gizi Olahraga, Nutrisi 16 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Ragam Minuman Pengganjal Perut yang Bisa Bikin Kenyang

Sedang diet tapi lapar terus? Tenang, Anda bisa menekan nafsu makan dengan minuman yang mengenyangkan berikut ini. Tak usah takut gemuk!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 10 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Mengulik Serba-serbi Diet South Beach untuk Menurunkan Berat Badan

Hampir serupa dengan diet Atkins, diet south beach menekankan pola makan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan perbanyak protein.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Diet, Nutrisi 9 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

berat badan naik setelah diet

3 Penyebab Berat Badan Anda Naik Setelah Diet

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
mie instan atau nasi

Mie Instan atau Nasi Putih, Mana yang Lebih Sehat untuk Dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
manfaat kelapa untuk diet

Panduan Menjalankan Diet Kelapa untuk Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 19 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
buah plum kering untuk diet

Benarkah Makan Buah Plum Bisa Melangsingkan Badan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Gladys Mangkuliguna
Dipublikasikan tanggal: 18 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit