Pasien yang mengidap diabetes tipe 2 tentu saja mengerti bahwa mereka harus mengontrol dan mengurangi makan makanan yang mengandung gula, meskipun gula itu memang secara natural berada di dalam makanan tersebut. Jadi, apakah penderita diabetes boleh makanĀ buah-buahan, termasuk buah yang rasanya manis?

Mungkin ini agak berlawanan dengan apa yang Anda pernah dengar, akan tetapi, buah-buahan sebenarnya sangat penting untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Buah bagus, jus buah sebaiknya jangan

Penelitian yang dipublikasikan di tahun 2013 oleh British Medical Journal meneliti tentang efek dari diabetes dan konsumsi buah-buahan pada lebih dari 190.000 orang. Di dalam penelitian tersebut, para ilmuwan membandingkan efek dari memakan buah-buahan (terutama buah blueberry, anggur, dan apel) dengan diabetes. Hasilnya, ternyata memakan buah-buahan tersebut dapat menurunkan risiko mengidap diabetes tipe 2.

Akan tetapi, menariknya, meminum jus buah justru meningkatkan risiko terkena diabetes. Mengapa demikian? Di dalam buah maupun jus buah tentu saja mengandung gula. Akan tetapi, satu buah itu hanya setara dengan sekitar 120 gram jus buah. Kalau Anda meminum sekitar 350 gram jus buah, maka Anda malah bisa jadi mengonsumsi terlalu banyak gula. Di sisi lain, memakan buah memiliki keuntungan yang lebih banyak untuk para penderita diabetes.

Buah manis memang mengandung gula, tapi…

Mengidap diabetes tipe 2 berarti Anda harus menghitung karbohidrat yang Anda konsumsi. Seperti sayur-sayuran dan gandum, buah juga mengandung karbohidrat yang mungkin Anda butuhkan. Kalau Anda mengidap diabetes, memilih buah yang tepat untuk dikonsumsi adalah dengan menghitung karbohidrat yang dibutuhkan.

Buah adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Antioksidan sangat penting karena dapat membantu menghindari kerusakan sel. Pada penderita diabetes, antioksidan dapat membantu mengurangi peradangan yang diakibatkan dari tekanan oksidasi. Tekanan oksidasi bisa jadi berkontribusi dengan komplikasi dari diabetes. Untuk mendapatkan antioksidan yang cukup, konsumsilah jenis-jenis buah yang memiliki warna cerah.

Berbeda dengan buah yang sudah dijus, buah-buahan mengandung banyak sekali serat. Hal ini dapat membuat orang yang mengonsumsinya merasa kenyang. Selain itu, serat bukanlah komponen yang mudah dicerna, sehingga Anda bisa merasa kenyang tanpa gula darah Anda naik. Memasukkan makanan kaya serat ke dalam daftar makanan Anda membuat Anda juga mengontrol gula darah Anda. Untuk mendapatkan serat yang cukup, makanlah buah yang Anda makan dengan kulitnya.

Seberapa banyak porsiĀ buah maksimal untuk penderita diabetes?

Pasien pengidap diabetes biasanya perlu mendapatkan 45 gram karbohidrat di setiap waktu makan. Nah, bukan berarti Anda dianjurkan untuk memenuhi seluruh 45 gram karbohidrat tersebut dengan buah saja. Penting untuk menyeimbangkan buah dengan protein dan makanan sehat lain yang juga mengandung karbohidrat. Kuncinya adalah selain menghitung karbohidrat yang Anda konsumsi, sebarkanlah waktu mengonsumsinya dalam sehari, supaya gula darah Anda juga tetap terkontrol.

Sepotong kecil buah biasanya mengandung karbohidrat sekitar 15 gram. Jadi, jika Anda mau menukarnya dengan jus buah, konsumsilah sekitar sepertiga gelas jus buah, atau setengah gelas paling maksimal. Pastikan juga bahwa Anda tidak menambahkan gula lagi ke dalam jus Anda. Jika Anda ingin meminum segelas jus buah, Anda dapat menyiasatinya dengan mencampurkan sayuran ke dalam jus Anda, sehingga Anda tetap bisa mengonsumsi segelas jus buah tanpa kelebihan karbohidrat.

Boleh saja jika Anda mau mengonsumsi buah kaleng, asalkan pastikan tidak ada gula tambahan di dalam produk tersebut. Anda bisa mengonsumsi sekitar setengah gelas buah kaleng. Buah kering juga bisa jadi alternatif yang bagus, sebab buah kering juga mengandung serat dan antioksidan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa dalam 2 sendok makan buah kering sudah mengandung karbohidrat sebanyak 15 gram. Jadi, berhati-hatilah dalam mengukur takaran buah kering yang akan Anda makan.

Buah-buahan yang baik untuk penderita diabetes

Berikut adalah daftar buah yang aman dan sehat untuk dimakan oleh para penderita diabetes:

  • Anggur
  • Apel
  • Buah beri
  • Buah-buahan citrus (seperti jeruk)
  • Nanas
  • Mangga
  • Pepaya
  • Aprikot
  • Blewah

BACA JUGA:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca