Bukan Tidur Lama Saat Weekend, 4 Cara Ini Lebih Ampuh Membayar Utang Tidur

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Mungkin Anda termasuk satu dari banyak orang yang berpikir bahwa saat begadang dan jam tidur berkurang, Anda dapat membayar utang tidur dengan cara tidur lebih lama saat akhir pekan. Padahal, kebiasaan ini sama tidak baiknya dengan kekurangan jam tidur. Lalu, bagaimana sih sebenarnya membayar utang tidur yang benar? Simak penjelasannya berikut.

4 cara membayar utang tidur yang benar

Waktu tidur yang hilang sebenarnya adalah utang yang mesti Anda bayar agar tubuh selalu tetap prima. Namun, pastikan Anda berkomitmen dengan cara tersebut. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda pilih jika ingin membayar utang tidur.

1. Menambah jam tidur

Anda bisa menambah jam tidur Anda dengan cara tidur lebih awal atau bangun lebih lama dari waktu biasa Anda bangun tidur.

Penambahan waktu tidur ini tidak perlu terlalu banyak, misalnya tambahkan waktu tidur selama 15 menit setiap hari untuk membayar utang ini.

Anda juga bisa menghindari penggunaan alarm untuk membangunkan Anda sehingga Anda akan bangun sendiri secara alami tanpa paksaan.

Tetapi, pastikan bahwa penambahan jam tidur ini tidak berlebihan, karena hal ini mungkin saja membuat Anda mengalami insomnia.

Lebih baik, hitung terlebih dahulu jam tidur Anda yang hilang, lalu alokasikan jam tidur yang hilang ke waktu tidur Anda beberapa hari ke depan untuk membayar utang tidur tersebut.

Misalnya, jika Anda berutang 10 jam, alokasikan waktu satu jam setiap malam setiap hari biasa, dan tambahkan waktu tidur satu hingga dua jam di akhir pekan. Lakukan aturan ini hingga Anda berhasil membayar semua utang tidur Anda.

Solusi yang berbeda mungkin Anda butuhkan jika utang tidur Anda sudah menumpuk hingga bertahun-tahun lamanya. Cobalah melakukan aktivitas yang tidak terlalu berat setiap harinya. Lalu pergilah tidur seperti biasa pada malam hari.

Namun, jangan gunakan alarm dan biarkan saja tubuh Anda tertidur dan bangun pada waktunya. Pada awalnya, mungkin Anda akan tidur selama 12 jam atau lebih dalam satu malam. Namun, lama-kelamaan, jam tidur Anda akan kembali normal dengan sendirinya karena utang tidur telah terbayar.

2. Tidur siang

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal Sleep Research, membayar utang tidur juga bisa dilakukan dengan cara istirahat sebentar di siang atau sore hari.

Biasanya, kegiatan tersebut lebih akrab disebut dengan tidur siang. Orang umumnya akan tidur sebentar selama 15-30 menit pada siang atau sore hari.

Namun, jika Anda ingin melakukannya, Anda harus memperhatikan dengan baik lama waktu tidur siang yang Anda lakukan.

Pasalnya, jika Anda terlalu lama tidur di siang hari, besar kemungkinan Anda akan kesulitan tidur pada malam hari. Jika hal ini sampai terjadi, berarti Anda justru menambah utang tidur.

Waktu tidur siang yang pas dan sesuai adalah 20 menit, atau jika Anda ingin tidur lebih lama, waktu paling lama yang bisa Anda lakukan untuk tidur siang adalah satu setengah jam saja, dan tidak lebih dari itu.

3. Tidur di akhir pekan

Tidur terlalu lama di akhir pekan memiliki efek yang kurang baik untuk kesehatan Anda. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh menambah jam tidur Anda saat weekend. 

Pastikan Anda tidak menambah jam tidur secara berlebihan. Misalnya, hanya tambahkan sebanyak satu hingga dua jam saja dalam satu hari.

Masalahnya, jika Anda menambah jam tidur lebih banyak dari yang telah disebutkan di atas demi membayar utang tidur, mungkin jam tidur yang hilang sebelumnya akan terbayar.

Namun, pada malam hari di akhir pekan, Anda juga akan merasa kesulitan tidur karena sudah tidur terlalu lama di pagi dan siang hari.

Hal ini sama saja dengan istilah “gali lubang tutup lubang” karena pada akhirnya, Anda akan berutang jam tidur lagi untuk mengganti waktu tidur malam di akhir pekan yang hilang karena Anda kesulitan tidur.

4. Buatlah komitmen dengan rutinitas tidur Anda

Saat Anda mengetahui berapa banyak jam tidur yang hilang karena rutinitas Anda sehari-hari, kini saatnya Anda mengatur ulang jadwal kegiatan Anda sehari-hari.

Pikirkan secara matang semua kegiatan yang Anda lakukan dan dampaknya terhadap jam tidur Anda.

Lalu, buatlah jadwal baru untuk memperbaiki rutinitas tidur Anda yang sudah kacau selama ini. Dengan begitu, Anda bisa membayar utang tidur yang selama ini menumpuk.

Anda mungkin membutuhkan perubahan besar terhadap gaya hidup Anda atau jadwal Anda sehari-hari, namun jangan pernah mengorbankan jam tidur Anda untuk kegiatan lain.

Apalagi, jika kegiatan tersebut tidak terlalu penting. Sebab, lama waktu tidur Anda juga akan berdampak pada kondisi kesehatan Anda.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: November 25, 2019 | Terakhir Diedit: Desember 18, 2019

Sumber