home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Tips Memilih Kasur yang Paling Baik untuk Kesehatan Anda

5 Tips Memilih Kasur yang Paling Baik untuk Kesehatan Anda

Tidur dan kesehatan tubuh memiliki kaitan yang erat. Jika Anda cukup tidur, tubuh bisa berfungsi dengan normal. Sebaliknya tidak Anda kurang tidur, Anda akan mengantuk dan rentan cedera dan berisiko mengalami peningkatan penyakit kronis. Itulah sebabnya, Anda perlu menjaga kualitas tidur tetap sehat. Salah satu caranya dengan memperhatikan pilihan kasur tidur. Lantas, seperti apa kasur yang paling baik untuk kesehatan? Yuk, intip tipsnya berikut ini.

Tips memilih kasur yang baik untuk kesehatan tubuh

cara membersihkan spring bed kasur

Tidur yang nyenyak dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Anda bisa mendapatkan kenyamanan saat tidur dengan memperhatikan hal-hal yang menunjang tidur, salah satunya kasur yang Anda pakai.

Ingat, memilih kasur tidak boleh sembarangan. Pasalnya, pilihan kasur yang tidak tepat bisa membuat badan nyeri saat bangun tidur. Pada akhirnya juga membuat Anda susah tidur di malam hari dan kurang tidur keesokkan harinya.

Supaya Anda tidak salah menjatuhkan pilihan, simak langkah-langkah memilih kasur tidur yang baik untuk kesehatan tubuh berikut ini.

1. Kenali dahulu berbagai jenis kasur

Ada banyak jenis kasur yang dapat Anda temukan di pasaran. Saking banyaknya jenis kasur, mungkin Anda jadi bingung. Namun, jenis kasur yang paling umum adalah spring bed, memory, dan lateks. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

  • Spring bed merupakan jenis kasur yang paling banyak digunakan. Kasur ini memiliki pegas spiral dari baja yang kokoh dengan lapisan oleh busa tebal sebagai bantalannya, sehingga bisa memfasilitasi tulang punggung Anda dengan lebih mantap.
  • Memory bed dibuat dari bahan berkontur yang bisa mengikuti bentuk tubuh. Kasur memori bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh dan menghilangkan rasa sakit. Namun, kasur ini cenderung lebih panas ketimbang jenis kasur lain.
  • Kasur lateks dibuat dari bahan alami alias sintesis. Kasur ini umumnya lebih kokoh, tapi tidak selembut kasur busa lainnya. Harga yang ditawarkan pun cenderung lebih mahal. Kasur jenis lateks ini menawarkan kenyamanan ekstra sehingga baik untuk Anda yang memiliki sakit punggung.

2. Utamakan kenyamanan

Langkah selanjutnya dalam memilih kasur tidur yang baik untuk kesehatan adalah menilai kasur dengan kenyamannya.

Ketika Anda memilih kasur, penting untuk mencoba duduk atau tidur di atasnya. Tenang, ini bukan sesuatu yang aneh untuk mencoba kasur sebelum membelinya, kok.

Dilansir dari laman WebMD, Michael Breus, PhD seorang pakar tidur bahkan menyarankan setiap orang yang ingin membeli kasur baru untuk mencoba berbaring di atas setiap kasur selama 10 sampai 15 menit dengan posisi tidur yang biasa mereka lakukan di rumah.

Pasalnya, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda merasa nyaman dengan cara mencoba kasur sebelum membelinya.

Jika Anda tidak dapat menemukan posisi yang nyaman setelah mencoba duduk atau berbaring di atasnya, kasur tersebut mungkin bukan kasur yang tepat untuk Anda. Nah, jika sudah begini Anda harus mencoba jenis atau model kasur yang lain.

3. Pilih sesuai kebutuhan

kualitas tidur

Kriteria selanjutnya yang perlu Anda prioritaskan dalam memilih kasur yang baik untuk kesehatan adalah sesuai dengan kebutuhan Anda. Melansir situs Sleep Foundation, orang dengan masalah nyeri punggung bawah sebaiknya memilih kasur jenis medium soft atau medium firm. Kasur jenis ini tetap menjaga tulang belakang pada posisi yang normal sehingga keluhan sakit pada punggung bisa berkurang.

Melansir dari situs Sleep, berikut berbagai kriteria kasur sesuai dengan tingkat kelembutan, kebiasaan tidur, dan berat badan.

  • Extra soft dan soft biasanya cocok untuk orang yang posisi tidur menyamping dengan berat badan kurang dari 58 kg.
  • Medium soft dan medium biasanya cocok untuk orang yang tidurnya menyamping dan berat badanya sekitar 100 kg atau orang yang tidurnya telentang/tengkurap dan berat badannya kurang dari 100 kg.
  • Medium firm cocok untuk orang dengan segala posisi tidur dan berat badannya kurang dari 58 kg.
  • Firm lebih cocok untuk orang yang tidurnya menyamping dengan berat lebih dari 100 kg, atau orang yang tidur tengkurap/telentang dan berat badan setidaknya 58 kg.
  • Extra firm untuk orang yang tidur dengan berbagai macam posisi dan beratnya lebih dari 100 kg.

4. Sesuaikan dengan ukuran kamar tidur

Memperhatikan ukuran kasur juga tidak kalah penting. Meskipun ukuran kasur besar memang lebih nyaman, tapi tidak mungkin, kan, membeli kasur King size jika ukuran kamar tidur Anda hanya sebatas kamar kos-kosan?

Jadi, sesuaikan ukuran kasur dengan ukuran kamar Anda. Jika Anda memang menginginkan kasur yang lebar namun tidak memiliki cukup ruang untuk menyimpan barang, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli tempat tidur dengan model storage bed yang memiliki banyak laci di sisinya. Dengan begitu, Anda akan memiliki kasur yang lebar dan ruang yang cukup untuk menyimpan barang-barang dalam kamar.

5. Perhatikan harga dan kualitas

Tips memilih kasur yang terakhir adalah perhatikan harga dan kualitas. Kasur yang paling baik untuk kesehatan tidak selalu yang paling mahal. Akan tetapi, bukan kasur yang termurah.

Hal yang terpenting, jangan tertipu dengan harga penawaran penjual. Dalam kebanyakan kasus, kemungkinan rendahnya harga akan menurunkan tingkat kenyamanan kasur. Jadi, perhatikan dengan seksama dan teliti kembali kasur yang akan Anda beli. Sebelum membeli, Anda bisa membaca review mengenai kualitas kasur terlebih dahulu.

Selain pintar dalam memilih kasur tidur, ada banyak hal lain yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari kebersihan kasur dan kelengkapannya, seperti bantal dan selimut, hingga jangka waktu penggunaan kasur yang Anda miliki saat ini. Jangan lupa, untuk mengatur kenyamaan kamar tidur Anda, yakni menyesuaikan pengaturan cahaya dan suhu kamar.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Best mattress for lower back pain. Retrieved May 27, 2021, from https://www.webmd.com/sleep-disorders/features/how-to-pick-your-perfect-mattress.

How to choose a mattress. (2020, September 11). Retrieved May 27, 2021, from https://www.sleepfoundation.org/mattress-information/how-to-choose-a-mattress.

Sleep Advisor. (2021, May 24). How to choose a mattress in 5 easy steps. Retrieved May 27, 2021, from https://www.sleepadvisor.org/how-to-choose-a-mattress/.

How to choose a mattress. (2021, February 08). Retrieved May 27, 2021, from https://www.sleep.org/how-to-choose-a-mattress/.

Sleep Advisor. (2020, December 22). The signs & symptoms of a bad mattress. Retrieved May 27, 2021, from https://www.sleepadvisor.org/sleeping-on-a-bad-mattress/

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 19/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x