home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Agar Manfaatnya Optimal, Ini Aturan Tidur Siang yang Baik

Agar Manfaatnya Optimal, Ini Aturan Tidur Siang yang Baik

Tidur siang sering menjadi pilihan saat seseorang kurang tidur saat malam hari atau hanya ingin mencari waktu untuk istirahat. Anjuran tidur ini mungkin lebih sering Anda dengar untuk anak-anak. Padahal, tidak cuma anak-anak, orang dewasa juga kadang memerlukannya. Supaya Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal, pahami ulasannya berikut ini.

Apa manfaat tidur siang?

membayar hutang tidur

Meskipun aktivitas padat, Anda bisa mencoba untuk meluangkan waktu untuk tidur sebentar. Pekerja kantor biasanya difasilitasi dengan napping room untuk beristirahat sejenak.

Nah, dari tidur siang Anda bisa mendapatkan berbagai manfaatnya berikut ini.

1. Mengurangi rasa lelah dan kembali berenergi

Beraktivitas sedari pagi, sangat mungkin membuat tubuh Anda lelah dan butuh waktu untuk beristirahat. Nah, tidur bisa menjadi cara ampuh untuk menghilangkan rasa lelah yang Anda alami.

Beristirahat juga menjadi peluang bagi tubuh untuk mengisi energi yang hilang, agar Anda dapat kembali beraktivitas dengan semangat.

2. Meningkatkan suasana hati

Tubuh yang lelah dan mata mengantuk bisa memperburuk suasana hati. Anda mungkin jadi lebih mudah tersinggung dan marah. Hal ini tentu menimbulkan dampak yang buruk pada suasana kerja Anda dan rekan kerja Anda, bukan?

Supaya suasana hati Anda dapat kembali membaik, Anda bisa meluangkan waktu sebentar untuk tidur siang. Pasalnya, tidur semacam ini bisa mengusir rasa lelah sekaligus kantuk.

3. Lebih cepat tanggap dan otak berfungsi lebih optimal

Tubuh yang kelelahan pasti membuat reaksi Anda menanggapi sesuatu jadi lebih lambat. Baik itu, dalam berpikir maupun dalam bergerak.

Agar otak dapat berfungsi secara optimal, seperti menerima informasi lebih baik dan mengingat lebih tajam, Anda bisa mendapatkannya dengan tidur siang. Di samping itu, tidur juga membuat tubuh dan otak Anda jadi lebih cepat tanggap.

penyebab tidur berlebihan

Nah, berdasarkan manfaatnya ini, tidur tengah hari ternyata terbagi menjadi beberapa jenis, seperti:

  • Recovery nap. Jenis tidur ini dapat membantu memulihkan diri Anda dari kurang tidur.
  • Prophylactic Nap. Tidur jenis ini dilakukan sebagai persiapan jika Anda punya aktivitas yang membuat kurang tidur, contoh harus bekerja shift malam.
  • Appetitive Nap. Tipe tidur ini bertujuan untuk membuat Anda rileks, suasana hati lebih baik, dan berenergi saat bangun tidur.
  • Fulfillment Nap. Bayi dan anak-anak membutuhkan tidur yang lebih besar ketimbang orang dewasa, dan inilah tipe tidur mereka.
  • Essential Nap. Klasifikasi tidur ini penting untuk orang sakit untuk mempercepat proses penyembuhan maupun bagian dari gaya hidupnya.

Meski bermanfaat, bisa juga berdampak burukgejala insomnia

Meskipun tidur tengah hari, memberikan manfaat, jika Anda menerapkannya dengan cara yang tidak tepat, ini bisa menjadi bumerang bagi Anda.

Contohnya, Anda tidur siang terlalu lama hingga memasuki sore hari. Tubuh Anda yang seharusnya mempersiapkan diri untuk beristirahat pada malam hari, malah terus berenergi. Akibatnya, Anda jadi sulit untuk tidur di malam hari dan bangun dengan kondisi tubuh yang kelelahan.

Jadi, patuhi aturan tidur siang yang sehat

susah tidur selama pandemi COVID-19

Supaya tidur pada tengah hari tidak menimbulkan masalah, ikuti beberapa aturan tidur siang berikut ini.

1. Pahami tujuan tidur siang

Sebagian besar orang tidur siang karena merasa lelah, mengantuk, atau karena ingin bekerja shift malam supaya tidak mengantuk saat bekerja.

Namun, ada juga yang sengaja tidur di tengah hari karena ingin menerapkan metode tidur bifasik, yakni membagi waktu tidur menjadi dua, yakni pada malam dan siang hari.

2. Tidak tidur terlalu lama

Menurut Sleep Foundation, salah satu faktor penting yang bertanggung jawab atas dampak buruk tidur siang adalah durasi tidur. Setiap kali tertidur, Anda mulai memasuki serangkaian tahapan tidur.

Para peneliti menemukan bahwa tidur pada tengah hari selama lima menit terlalu pendek, untuk menghasilkan manfaat. Di sisi lain, tidur selama 30 menit atau lebih lama, memberi tubuh cukup waktu untuk memasuki tidur nyenyak.

Namun, durasi tidur yang terlalu lama ini bisa membuat kepala Anda terasa pusing saat terbangun. Kondisi ini Anda kenal dengan istilah “sleep inertia“.

Dengan pertimbangan ini, lama tidur siang terbaik dalam banyak situasi adalah yang cukup memulihkan tubuh tapi tidak menimbulkan sleep inertia.

Tidur siang selama 10 hingga 20 menit merupakan durasi yang paling ideal. Kadang-kadang ini disebut sebagai “power naps” karena memberikan manfaat pemulihan tanpa menyebabkan kantuk sesudahnya. Supaya Anda tidak kebablasan, pasang alarm atau minta bantuan orang lain untuk membangunkan.

Pengecualian jika tidur siang yang Anda lakukan masuk dalam kategori essential nap dan fulfillment nap. Jenis tidur pada tengah hari ini membutuhkan durasi lebih lama karena bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tidur anak dan orang yang sakit.

3. Lakukan tidur siang pada waktu yang tepat

Waktu terbaik adalah tengah hari, atau sekitar jam 2-3 sore, tidak boleh memulai tidur lebih dari jam 3 sore. Ini adalah waktu yang ideal karena Anda mungkin mengantuk setelah makan siang.

Selain itu, tidur pada jam ini cenderung tidak akan menganggu tidur Anda pada malam hari. Namun, Anda perlu pastikan bahwa tidur tidak dilakukan setelah makan. Beri jeda 2-3 jam setelah makan.

4. Pastikan suasana tidur yang mendukung

Suasana tidur siang sebaiknya tidak berbeda jauh dengan tidur malam, yakni tempat yang tenang dan gelap dengan suhu kamar yang nyaman dan tidak terlalu bising.

Kemudian, setelah bangun tidur, jangan buru-buru beraktivitas lagi. Buru-buru bangun bisa membuat Anda sakit kepala, uring-uringan, dan tidak enak badan. Berikan jeda beberapa menit sampai Anda merasa segar lagi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Napping: Health benefits & tips for your best nap. (2020, October 09). Retrieved April 19, 2021, from https://www.sleepfoundation.org/sleep-hygiene/napping.

How to get a great nap. (2020, November 13). Retrieved April 19, 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/napping/art-20048319.

Publishing, H. (n.d.). The benefits of napping. Retrieved April 19, 2021, from https://www.health.harvard.edu/healthbeat/the-benefits-of-napping.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 07/05/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x