home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

6 Langkah Jitu Memperoleh Kualitas Tidur yang Baik

6 Langkah Jitu Memperoleh Kualitas Tidur yang Baik

Tidur merupakan kebutuhan yang penting bagi semua orang. Mengapa? Alasannya, karena tidur sangat penting untuk sel, organ, dan jaringan tubuh untuk bekerja secara normal. Oleh sebab itulah, Anda perlu menjaga kualitas tidur sebaik mungkin. Namun, seperti apakah tidur yang berkualitas itu? Bagaimana cara mencapainya? Yuk, cari tahu jawaban semua pertanyaan tersebut pada ulasan berikut ini!

Bagaimanakah kualitas tidur yang baik?

tidur

Orang dewasa harus tidur rata-rata selama 7-9 jam per malam, ini bervariasi setiap individu. Mungkin beberapa orang nyaman dengan tidur 8 jam, ada yang tidur 6-7 jam, dan mungkin ada yang sampai 9 jam. Ada juga orang yang tidak bisa jika jadwal tidurnya terganggu atau mengalami perubahan, sementara yang lain menganggap hal itu bukan menjadi masalah.

Berikut ini dapat menjadi tanda-tanda Anda mendapatkan tidur yang baik semalam:

  • Dapat tertidur dalam waktu 15-20 menit semenjak Anda berbaring untuk tidur.
  • Memenuhi kebutuhan tidur selama 7-8 jam per hari secara teratur.
  • Saat Anda sudah berada di tempat tidur, Anda langsung bisa tertidur. Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa tidur.
  • Bangun tidur dengan perasaan segar, seperti tenaga Anda sudah terisi kembali dan siap untuk menjalani hari Anda, serta mampu bekerja produktif sepanjang hari.
  • Tidur dengan nyenyak, tidak mendengkur, mengalami kesulitan dalam bernapas, gelisah, atau masalah tidur lainnya yang membuat Anda terus terbangun tengah malam.

Cara meningkatkan kualitas tidur jadi lebih baik

tidur berkualitas meningkatkan kekebalan tubuh covid-19

Ada banyak alasan kenapa Anda perlu menjaga kualitas tidur, seperti dilansir dari National Health Service. Pertama, cukup tidur menjaga sistem imun jadi lebih kuat sehingga membuat Anda tidak gampang sakit. Kedua, tidur tercukupi juga menjaga suasana hati tetap baik, sehingga menjauhkan Anda dari stres dan penyakit mental.

Ketiga, tidak kekurangan tidur mencegah terjadinya peradangan yang berkaitan dengan penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes. Itu artinya, memenuhi kebutuhan tidur bisa membantu menurunkan risiko penyakit kronis.

Terakhir, jika Anda tidur dengan baik, Anda bisa membantu menjaga kesehatan fungsi seksual dan metabolisme tubuh. Nah, untuk mendapatkan kesemua manfaat tersebut, Anda perlu menjaga kualitas tidur dengan beberapa langkah berikut ini.

1. Perhatikan makanan dan minum sebelum tidur

Jangan tidur pada saat Anda merasa lapar, ini dapat membuat tidur Anda kurang nyaman dan Anda bisa terbangun tengah malam hanya karena lapar.

Juga, jangan makan mendekati waktu tidur karena ini bisa menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan sensasi panas di dada (heartburn), yang mengganggu tidur.

Sebaiknya makanlah 4 jam sebelum tidur. Ini membuat kondisi perut Anda tenang saat tidur sehingga tidak akan mengganggu tidur Anda. Selain itu, menjaga kualitas tidur juga bisa dengan membatasi konsumsi air sebelum tidur.

Terlalu banyak minum air sebelum tidur dapat membuat Anda terbangun tengah malam karena ingin buang air kecil. Jadi, hindari minum air sebelum tidur.

Hindari pula konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, cola, teh, dan cokelat, serta minum alkohol mendekati jam tidur Anda.

Kopi dapat membuat Anda tidak merasa kantuk pada jam seharusnya Anda tidur. Akibatnya, kopi dapat mengganggu jam tidur Anda. Sementara alkohol, walaupun mungkin dapat membuat Anda mengantuk awalnya, namun kemudian dapat membuat Anda terbangun pada malam hari.

2. Buat kondisi kamar Anda senyaman mungkin

tidur terlalu lama

Biasanya Anda akan tidur lebih nyaman di lingkungan yang membuat Anda nyaman untuk tidur. Lingkungan yang tenang, gelap, dan sejuk dapat membantu Anda tidur dengan nyaman.

Dengan membuat kamar Anda menjadi gelap, dapat memberi sinyal ke otak Anda bahwa ini waktunya tidur. Pastikan juga Anda tidur dengan kasur dan bantal yang nyaman. Kasur biasanya sudah kurang nyaman bila sudah dipakai selama 10 tahun.

Jika Anda berbagi tempat tidur dengan pasangan Anda, pastikan Anda mendapat ruang yang cukup untuk tidur. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, coba untuk menetapkan batas seberapa sering mereka tidur dengan Anda atau tidak sama sekali.

3. Lakukan kebiasaan sebelum tidur

Kualitas tidur yang baik bisa Anda raih dengan menerapkan kebiasaan tertentu sebelum tidur. Hal ini memudahkan tubuh Anda melakukan transisi dari periode bangun sampai waktunya tertidur.

Anda bisa melakukan hal-hal yang membuat Anda santai sebelum beranjak tidur, seperti mandi, membaca buku, mendengarkan musik sebelum tidur.

Namun, berhati-hati menggunakan alat elektronik sebagai medianya karena cahaya biru yang dihasilkan bisa mengganggu hormon melatonin yang bertugas untuk membuat Anda tertidur.

Hindari stres atau aktivitas yang menimbulkan stres, seperti bekerja atau membahas masalah yang dapat memicu emosi Anda. Aktivitas yang menimbulkan stres secara fisik dan psikologis dapat menyebabkan tubuh Anda melepaskan hormon stres atau hormon kortisol, yang membuat Anda tetap waspada dan tidak mengantuk.

Jika Anda terbiasa memikirkan masalah sebelum tidur, lebih baik Anda menuliskan masalah tersebut di buku ketimbang hanya dipikirkan.

4. Buat jadwal tidur yang rutin, bahkan di akhir pekan

mimpi basah pada wanita

Langkah selanjutnya untuk menjaga kualitas tidur Anda tetap baik, yakni tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Bahkan, pada saat hari libur dapat membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Tujuannya untuk mengatur kembali jam biologis tubuh, sehingga tubuh Anda dengan sendirinya mengetahui kapan seharusnya tidur dan bangun.

Jika Anda tidak bisa tertidur setelah 15 menit Anda mencoba untuk tidur, sebaiknya Anda bangun dan melakukan hal yang dapat menenangkan Anda. Kemudian, cobalah untuk tidur lagi jika Anda sudah merasa lelah atau mengantuk. Mencoba untuk tidur dalam waktu yang lama hanya akan membuat Anda frustasi.

5. Batasi waktu tidur siang atau hindari sama sekali

Kualitas tidur bisa jadi baik, atau malah memburuk karena tidur siang. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan apakah kebiasaan tidur Anda sudah benar atau belum.

Pertama, pertimbangkan apakah Anda butuh tidur siang atau belum. Jika Anda perlu begadang atau menjalankan kerja shift malam, tentu tidur siang sangat Anda butuhkan. Namun, bila kebutuhan tidur sudah tercukupi dengan tidur malam atau memiliki gangguan tidur, seperti insomnia, sebaiknya tidak perlu tidur siang.

Jika Anda punya masalah tidur, dan ingin menerapkan metode tidur bifasik, yakni tidur di dua waktu malam dan siang, maka patuhi aturan tidur siang. Cobalah untuk tidur siang 10-20 menit, atau tidak boleh melebihi 1 jam. Kemudian, lakukan tidur siang tidak di sore hari, yakni lewat dari pukul 3.

6. Lakukan olahraga teratur

berolahraga outdoor saat pandemi

Melakukan olahraga teratur dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Olahraga teratur dapat membantu Anda lebih cepat tertidur dan tidur dengan nyenyak.

Namun, perhatikan waktu olahraga Anda. Jika Anda melakukan olahraga berat mendekati waktu tidur, mungkin ini dapat mengganggu tidur Anda. Pasalnya, olahraga berat dapat merangsang tubuh Anda untuk melepaskan hormon stres (kortisol) yang dapat membuat tubuh Anda tetap terjaga dan tidak mengantuk.

Sebaiknya lakukan olahraga di malam hari setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur Anda atau lakukan olahraga pada pagi hari.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Healthy sleep: What is it and are you getting it? (2021, January 08). Retrieved April 26, 2021, from https://www.sleepfoundation.org/sleep-hygiene/what-is-healthy-sleep.

Sleep deprivation and deficiency. (n.d.). Retrieved April 26, 2021, from https://www.nhlbi.nih.gov/health-topics/sleep-deprivation-and-deficiency.

Twelve simple tips to improve your sleep. (n.d.). Retrieved April 26, 2021, from https://healthysleep.med.harvard.edu/healthy/getting/overcoming/tips.

6 steps to better sleep. (2020, April 17). Retrieved April 26, 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/sleep/art-20048379?pg=1.

How to sleep better. (2020, July 30). Retrieved April 26, 2021, from https://www.sleepfoundation.org/sleep-hygiene/healthy-sleep-tips.

Nhs choices. (n.d.). Retrieved April 26, 2021, from https://www.nhs.uk/live-well/sleep-and-tiredness/why-lack-of-sleep-is-bad-for-your-health/.

CDC – how much sleep Do I Need? – sleep and sleep disorders. (2017, March 02). Retrieved April 26, 2021, from https://www.cdc.gov/sleep/about_sleep/how_much_sleep.html.

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji pada 15/05/2021
x