Mengapa Orang Bisa Ketakutan Sampai Pingsan?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 6 September 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Ketika terkejut atau merasa luar biasa takut, beberapa orang bisa tiba-tiba pingsan dan tak sadarkan diri. Reaksi ini memang bisa bikin panik orang-orang di sekitarnya. Padahal reaksi ini cukup umum terjadi, lho. Sebenarnya bagaimana bisa seseorang pingsan karena ketakutan atau terkejut? Apakah artinya ada masalah kesehatan yang perlu dikhawatirkan? Ini dia ulasan lengkapnya.

Mengapa seseorang bisa pingsan karena ketakutan?

Pingsan atau hilang kesadaran juga dikenal dengan istilah medis yaitu sinkop. Penyebab pingsan adalah berkurangnya aliran darah menuju otak secara tiba-tiba. Hal ini menyebabkan Anda hilang kesadaran dan kendali atas tubuh Anda sendiri.

Reaksi tubuh yang ekstrem ini bisa terjadi kalau Anda menghadapi situasi yang benar-benar menegangkan, menakutkan, mengancam, atau mengagetkan. Jadi pingsan sebenarnya adalah reaksi atas emosi negatif yang berlebihan. Dalam ranah medis, pingsan yang disebabkan oleh emosi yang intens dikenal juga dengan istilah vasovagal sinkop.

Saat Anda tiba-tiba merasakan suatu emosi negatif seperti ketakutan yang luar biasa, sistem saraf dalam otak Anda jadi kacau. Padahal sistem saraf bertugas untuk mengatur berbagai fungsi organ di seluruh tubuh.

Karena gangguan sistem saraf tersebut, detak jantung jadi melambat dan pembuluh darah di kaki Anda melebar. Darah Anda pun mengalir turun ke kaki sehingga tekanan darah menurun secara mendadak. Sebab itu, otak jadi tidak mendapat asupan darah dan oksigen yang cukup. Inilah yang membuat Anda jatuh pingsan.

saat-tubuh-merasa-takut

Berbagai pemicu pingsan karena ketakutan

Cara kerja tubuh setiap orang berbeda-beda. Maka itu, pemicu pingsan karena ketakutan atau vasovagal sinkop juga ada berbagai macam. Ada yang takut melihat darah, takut ketinggian, atau takut disuntik. Bisa juga karena Anda mengidap fobia tertentu. Misalnya fobia ruang sempit dan fobia sosial.

Selain karena takut, rasa cemas, gugup, dan stres berlebihan juga bisa membuat orang pingsan tiba-tiba. Kasus ini sering dialami oleh calon pengantin yang sangat gugup dan stres menjelang hari pernikahannya. Atau ada juga orang yang begitu cemas menghadapi ujian kenaikan pangkat atau tes masuk universitas sampai pingsan.

Tanda-tanda mau pingsan karena ketakutan

Biasanya sebelum seseorang pingsan karena ketakutan ada beberapa gejala yang bisa diamati. Berikut adalah tanda-tanda mau pingsan karena takut atau kaget.

  • Kulit pucat
  • Berkunang-kunang
  • Penglihatan mengerucut atau menyempit
  • Penglihatan kabur
  • Muncul keringat dingin
  • Mual

Apakah artinya ada penyakit tertentu?

Pingsan karena ketakutan biasanya tidak menandakan gangguan kesehatan atau penyakit tertentu. Biasanya kondisi ini juga tidak membahayakan. Kecuali kalau Anda pingsan saat mengemudi atau jatuh di tangga misalnya. Anda berisiko mengalami cedera serius.

Namun, kalau Anda sudah sering pingsan karena ketakutan atau panik, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter. Anda mungkin saja mengidap gangguan cemas (generalized anxiety disorder). Apalagi kalau Anda pernah punya riwayat penyakit jantung.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cari Tahu Gejala, Penyebab dan Pengobatan untuk Sakit Pinggang

Sakit pinggang adalah keluhan yang umum dengan banyak kemungkinan penyebab. Cari tahu gejala, pengobatan, dan cara mengatasi nyeri pinggang di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Muskuloskeletal 27 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit

Apakah Benar Otak Lebih Besar Artinya Lebih Pintar?

Meskipun terdapat beragam pendapat, tapi ada satu hal yang disepakati para ilmuwan: ukuran otak tidak bisa dijadikan indikator kecerdasan seseorang.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hidup Sehat, Fakta Unik 26 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain?

Makanan pedas sering kali diandalkan untuk mengatasi rasa sakit kepala atau migrain. Tapi benarkah makanan itu dapat menyembuhkan sakit kepala Anda?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat, Fakta Unik 26 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Warna Dahak Merah, Hijau, Atau Hitam? Cari Tahu Artinya di Sini

Warna dahak yang normal adalah bening. Jika Anda mengeluarkan dahak yang berwarna, maka hal itu adalah tanda dari kondisi medis. Apa arti dari warna dahak?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Batuk, Kesehatan Pernapasan 26 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mitos tentang tidur

Mengenal 4 Tahapan Tidur: Dari “Tidur Ayam” Hingga Tidur Pulas

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 29 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
manfaat menangis

3 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 29 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat efek musik pada otak

5 Efek Musik Terhadap Kinerja Otak Manusia

Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 29 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
proses inflamasi

Proses Inflamasi Ternyata Penting Bagi Tubuh, Begini Mekanismenya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit