Segudang Manfaat Buah Nangka: Dari Daging, Biji, dan Daunnya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda salah satu orang yang suka dengan buah nangka? Yap! buah yang berwarna kuning “ngejreng” ini memang memiliki rasa yang enak dan aroma yang khas. Aroma yang khas inilah membuat buah nangka banyak digunakan sebagai bahan campuran kue dan minuman. Jadi tidak heran, jika banyak orang menyukai buah yang satu ini. Buah nangka tidak hanya mudah didapat, namun nyatanya juga memiliki banyak manfaat. Baca terus untuk mengetahui manfaat buah nangka.

Kandungan nutrisi buah nangka

Nangka merupakan sumber makanan yang kaya vitamin A, C, thiamin, kalium, kalsium, riboflavin, zat besi, niasin, dan seng. Buah ini juga mempunyai serat yang rendah kalori sehingga baik untuk pasien penyakit jantung. Kandungan nutrisi buah nangka dalam satu cup (165 gram) diketahui memiliki:

  • 155 kalori
  • 39,6 gram karbohidrat
  • 2,4 gram protein
  • 0,5 gram lemak
  • 2,6 gram serat

Manfaat buah nangka untuk kesehatan

Berikut ini beragam potensi manfaat buah nangka untuk kesehatan yang harus Anda ketahui:

1. Meningkatkan imunitas dan membantu melawan kanker

Nangka adalah makanan yang mengandung banyak antioksidan dan zat fitonutrien untuk melawan kanker, termasuk lignan, isoflavon, dan saponin. Menurut Penn State University, dengan mengonsumsi antioksidan, kita bisa menetralkan radikal bebas, yang membantu melawan beberapa bentuk kanker.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Karsinogenesis menemukan bahwa vitamin C yang terkandung dalam nangka mampu meningkatkan aktivitas enzim antioksidan penting yang membantu mencegah kanker payudara. Jika semua zat dan nutrisi tersebut digabungkan, membuat nangka menjadi makanan yang berpotensi untuk melawan kanker.

2. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Buah nangka mengandung kalium, yang penting dalam mengendalikan tekanan darah dan detak jantung. Kandungan kalium dan vitamin B6 dosis sehat di dalam buah nangka akan membantu Anda mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke. Selain itu, buah nangka juga mengandung resveratrol yang memiliki efek proteksi kardio dan dapat membantu mengobati penyakit kardiovaskular seperti iskemia, hipertensi dan aterosklerosis.

3. Memperbaiki sistem pencernaan

Nangka mengandung banyak serat yang sangat diperlukan untuk memperlancar sistem pencernaan seperti sembelit. Selain itu, 90 persen buah ini adalah karbohidrat kompleks yang cocok dikonsumsi pelaku diet. Kandungan karbohidrat pada nangka membuat perut kenyang lebih lama, sehingga mengurangi nafsu makan.

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Buah nangka mengandung kalsium yang penting untuk kesehatan tulang yang baik. Pasalnya kalsium dibutuhkan untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang. Itu sebabnya, mengonsumsi nangka setiap hari akan membantu mencegah dan mengurangi gejala penyakit tulang seperti arthritis dan osteoporosis. Kandungan potasium dalam buah nangka juga berfungsi untuk meningkatkan kepadatan tulang yang kuat.

5. Baik untuk fungsi penglihatan

Buah nangka mengandung banyak nutrisi yang mendukung kesehatan mata termasuk beta karoten, vitamin A, Lutein dan Zeaxanthin. Beta karoten disintesis oleh tubuh dan diubah menjadi Vitamin A. Vitamin A sangat penting untuk penglihatan mata mendukung fungsi normal kornea dan membran konjungtiva.

Lutein dan zeaxanthin adalah satu-satunya karotenoid yang tersimpan dalam jumlah tinggi di retina di mana mereka menyaring cahaya berbahaya dan melindungi serta menjaga fungsi sel sehat yang berada di sekitar mata. Jadikan nangka sebagai bagian dari diet rutin Anda untuk mengurangi risiko katarak, glaukoma dan degenerasi makula.

6. Biji nangka sebagai makanan rendah glikemik

Selain daging buah, nyatanya biji nangka juga bermanfaat untuk kesehatan. Jika Anda salah satu otang yang perlu mengatur kadar glukosa darah, maka Anda disarankan untuk rutin mengonsumsi biji nangka. Pasalnya, biji nangka merupakan sumber pati serat makanan yang baik.

Biji nangka yang direbus atau dikukus yang ditambahkan beberapa bumbu sederhana menjadikan salah satu makan yang mengandung kadar glikemik yang rendah. Makan yang memiliki indeks glikemik rendah adalah makanan yang tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah dalam tubuh secara signifikan.

7. Membantu mengontrol diabetes

Buah nangka mengandung beberapa vitamin dan mineral yang akan membantu mengurangi risiko komplikasi diabetes Anda. Ilmuwan yang mempelajari hubungan antara nangka dan diabetes menemukan bahwa pasien diabetes yang diberi ekstrak nangka telah memperbaiki toleransi glukosa dibandingkan dengan mereka yang tidak diberi ekstrak.

Manfaat buah nangka tidak hanya terbatas hanya di daging dan bijinya saja. Siapa sangka jika daun nangka pun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan? Penelitian terbaru yang diuji coba pada tikus diabetes menemukan daun nangka mengandung bahan kimia tertentu yang membantu mengurangi kadar gula darah. Semua hasil awal menunjukkan bahwa daun nangka dapat membantu menstabilkan kadar gula darah pada manusia dan dapat digunakan untuk mengendalikan diabetes.

Namun perlu diingat, buah nangka bukanlah obat. Mengonsumsi buah nangka secara berlebihan pun memiliki risiko. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menentukan dosis atau jumlah buah nangka yang tepat dan aman untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

Momen anak disunat menjadi salah satu hal penting, khususnya di Indonesia. Tapi, dari sisi medis, kapan waktu yang tepat untuk melakukan sunat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit

8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

Banyak gejala penyakit yang sering kali kita abaikan karena terkesan remeh. Padahal, jika dibiarkan justru efeknya bisa fatal.

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 03/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

Mimpi buruk bisa datang kapan saja di setiap malam Anda. Ini bisa sangat mengganggu Anda jika sering terjadi. Temukan cara mengatasi mimpi buruk di sini.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 02/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

Banyak mitos membuat infeksi cacing menjadi hal sepele. Cek fakta seputar cacingan yang berbahaya jika dibiarkan, seperti menghambat pertumbuhan anak.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Hidup Sehat, Tips Sehat 29/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kode wadah plastik pada makanan atau minuman

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
botol plastik hangat

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit