Diet mengharuskan Anda untuk bisa membatasi asupan kalori yang masuk ke tubuh Anda dan melakukan olahraga teratur untuk membakar kalori agar tercapai penurunan berat badan. Banyak orang diet dengan cara tidak makan nasi karena katanya diet tanpa nasi lebih cepat menurunkan berat badan.

Diet rendah karbohidrat (yang salah satu sumbernya adalah nasi) memang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, Anda mungkin perlu mengetahui sumber karbohidrat lainnya untuk memudahkan Anda dalam menjalani diet.

Sumber karbohidrat yang harus dipilih saat sedang diet

Karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh. Satu gram karbohidrat akan menghasilkan energi sebesar 4 kalori. Sehingga, bagaimanapun tubuh Anda tetap memerlukan karbohidrat. Ada banyak jenis dan sumber karbohidrat yang tersedia. Dalam menurunkan berat badan, Anda perlu pintar-pintar memilih sumber karbohidrat mana yang bisa Anda pilih dalam diet Anda.

Saat sedang diet, sebaiknya pilihlah karbohidrat dengan jenis karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks merupakan karbohidrat yang mempunyai molekul gula dengan rantai lebih panjang dan lebih banyak serat. Sehingga, tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk dapat mencernanya. Hal ini kemudian dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga Anda akan makan lebih sedikit.

Selain itu, penyerapan karbohidrat kompleks yang lebih lama juga dapat mencegah lonjakan kenaikan gula darah. Sehingga, hal ini menurunkan risiko diabetes mellitus tipe 2.

Anda bisa mendapatkan sumber karbohidrat kompleks dari berbagai makanan, seperti:

  • Buah. Buah mengandung gula alami sehingga dapat menjadi sumber energi bagi tubuh Anda. Selain itu, buah juga mengandung serat. Sehingga, konsumsi buah dalam diet Anda dapat membantu menurunkan berat badan.
  • Sayuran. Walaupun selama ini Anda mengenal sayuran sebagai sumber vitamin dan mineral. Namun, sayuran juga mengandung karbohidrat, meskipun dalam jumlah yang sangat sedikit. Untuk itu, mengonsumsi sayuran saja dalam sehari mungkin tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan energi Anda per hari.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat. Selain itu, kacang-kacangan tertentu juga mengandung asam lemak sehat yang dapat meningkatkan kesehatan Anda.
  • Gandum utuh, seperti oat, quinoa, dan nasi merah. Gandum utuh mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Quinoa juga mengandung protein, yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama.
  • Umbi-umbian, seperti kentang dan ubi juga bisa Anda manfaatkan sebagai sumber karbohidrat dalam diet. Kentang dan ubi yang dimakan bersama kulitnya mempunyai kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan dimakan tanpa kulit.

Sumber karbohidrat yang sebaiknya Anda batasi jika ingin menurunkan berat badan

Selama ini mungkin Anda tidak menyadari makanan yang Anda makan merupakan sumber karbohidrat yang kurang baik. Sumber karbohidrat ini dapat mempermudah kenaikan berat badan Anda, sehingga sebaiknya Anda batasi konsumsinya saat diet. Sumber karbohidrat ini adalah jenis karbohidrat sederhana.

Karbohidrat sederhana merupakan jenis karbohidrat yang sangat mudah dicerna tubuh. Tubuh tidak butuh waktu lama untuk bisa mencerna karbohidrat ini, sehingga gula darah Anda dapat lebih cepat naik dan cepat turun lagi. Hal ini membuat Anda akan merasakan lebih cepat lapar lagi dan berakibat pada konsumsi makanan yang lebih banyak, mengarah ke kenaikan berat badan. Konsumsi karbohidrat sederhana dalam jumlah berlebih juga berhubungan dengan diabetes mellitus tipe 2.

Contoh dari sumber karbohidrat sederhana adalah:

  • Gula dan sirup
  • Minuman manis, minuman bersoda, dan minuman berenergi
  • Roti putih, nasi putih, dan pasta putih
  • Kue, kukis, dan pastri
  • Permen dan cokelat
  • Kentang goreng dan keripik kentang

Makanan dan minuman tersebut mengandung kadar gula tinggi dan biasanya hanya mengandung sedikit zat gizi penting, bahkan nol gizi. Sehingga, konsumsi makanan dan minuman tersebut sebaiknya dibatasi. Jika dikonsumsi berlebihan, ini dapat dengan mudah menyebabkan kenaikan berat badan yang mengarah kepada kegemukan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca