Apa Itu Prandin?

Oleh

Nama Generik: Prandin Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Kegunaan

Obat apakah Prandin?

Prandin adalah obat oral yang digunakan untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh bagi pasien dewasa dengan diabetes tipe dua. Obat ini tidak ditujukan untuk pengobatan pada pasien diabetes tipe satu. Konsumsi obat ini bersamaan dengan program diet dan olahraga yang tepat dapat menjaga kadar gula darah dengan lebih baik sehingga mencegah terjadinya kerusakan ginjal, kebutaan, masalah saraf, kehilangan anggota tubuh, dan masalah fungsi seksual. Kontrol gula darah yang baik juga akan mengurangi risiko Anda terkena serangan jantung atau stroke.

Prandin merupakan merek dagang dari repaglinide. Obat ini termasuk ke dalam kelas obat antidiabetik yang dikenal dengan meglitinides. Repaglinide merupakan obat diabetes yang bekerja dengan cara mendorong produksi insulin dalam tubuh, terutama setelah makan. Insulin merupakan hormon alami tubuh yang memungkinkan tubuh untuk menggunakan glukosa dengan tepat.

Bagaimana aturan minum Prandin?

Prandin adalah obat oral yang biasanya dikonsumsi 15 menit sebelum makan. Obat ini diminum 2-4 kali sehari bergantung pada jadwal makan Anda. Namun, jangan meminum obat ini lebih dari empat kali sehari. Anda dapat meminum obat ini maksimal 30 menit sebelum makan, juga tepat sebelum waktu makan jika dibutuhkan.

Jangan mengonsumsi obat ini jika Anda akan melewatkan waktu makan. Minum kembali obat ini ketika jadwal makan Anda selanjutnya. Dosis yang diberikan oleh dokter Anda telah disesuaikan dengan kondisi kesehatan, respons terhadap pengobatan, dan pengobatan lain yang mungkin Anda konsumsi. Jangan memberhentikan atau mengubah dosis obat tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda.

Bagaimana cara menyimpan Prandin?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari panas dan cahaya langsung serta tempat lembap. Jangan menyimpan obat ini di kamar mandi. Bacalah petunjuk penyimpanan yang terdapat dalam kemasan produk atau sesuai ikuti petunjuk yang diberikan oleh apoteker Anda. jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ini ke dalam toilet atau saluran pembuangan kecuali jika diinstruksikan demikian. Buang produk ini ketika masa berlakunya telah habis atau sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Prandin untuk pasien dewasa?

Bagi pasien yang belum mendapatkan pengobatan dengan obat antidiabetes atau yang HbA1C-nya kurang dari 8 persen:

Dosis awal: 0,5 mg setiap kali makan

Bagi pasien yang sudah menjalani pengobatan dengan obat antidiabetes atau yang HbA1C-nya 8 persen atau lebih besar:

Dosis awal: 1 atau 2 mg setiap kali makan

Dosis maksimal setiap kali makan: 4 mg

Penyesuaian dosis dilakukan bergantung dengan respons tubuh. Gandakan dosis hingga mencapai dosis maksimal sampai tercapai kadar HbA1C yang diharapkan. Beri waktu satu minggu setiap perubahan dosis dilakukan untuk menilai apakah penyesuaian sudah dilakukan dengan tepat.

Dosis rekomendasi harian: 0,5 mg – 4 mg secara oral setiap makan

Dosis maksimum harian: 16 mg per hari

Bagaimana dosis Prandin untuk pasien anak-anak?

Dosis  pada pasien anak-anak belum ditetapkan. Obat ini mungkin tidak aman untuk anak Anda. Penting untuk selalu memahami keamanan obat sebelum menggunakannya. Silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis dan sediaan apakah Prandin tersedia?

Tablet, Oral: 0,5 mg; 1 mg; 2 mg

Efek Samping

Efek samping apa saja yang mungkin timbul akibat konsumsi Prandin?

Perlu diingat bahwa ketika dokter Anda meresepkan obat ini, ia menilai manfaat yang diberikan lebih besar daripada risiko efek samping yang mungkin terjadi. Banyak orang mengonsumsi obat ini namun tidak mendapatkan efek samping yang serius.

Repaglinide yang terkandung di dalam Prandin dapat menyebabkan perubahan kadar gula darah, seperti hipoglikemia dan hiperglikemia. Hipoglikemia ditandai dengan badan menggigil, keringat dingin, pusing, pandangan kabur, badan gemetar. Membawa cadangan gula, seperti permen, madu, atau soda non-diet dapat menjadi pertolongan pertama saat hipoglikemia.

Hiperglikemia ditandai dengan rasa haus berlebih, meningkatnya frekuensi buang air kecil, kebingungan, rasa kantuk, napas yang cepat, dan napas aroma buah. Beri tahu dokter Anda jika memiliki gejala ini. Dokter Anda mungkin akan melakukan penyesuaian dosis.

Beberapa efek samping serius yang mungkin muncul karena penggunaan Prandin adalah:

  • Nyeri hebat pada perut bagian atas yang menjalar sampai ke punggung, mual, muntah, dan detak jantung yang cepat
  • Kulit pucat atau menguning, urin berwarna pekat, demam, linglung, atau lemas
  • Reaksi kulit yang parah, ditandai dengan demam, radang tenggorokan, bengkak pada wajah atau lidah, mata terasa panas, ruam kemerahan atau keunguan yang menyebar sehingga menyebabkan kulit luka dan mengelupas

Efek samping yang lebih umum terjadi karena mengonsumsi Prandin:

  • Mual, diare
  • Sakit kepala
  • Nyeri sendi
  • Gejala flu, seperti hidung tersumbat, bersin, dan radang tenggorokan

Reaksi alergi serius jarang terjadi akibat konsumsi Prandin. Namun, apabila Anda mendapati gejala alergi serius, seperti ruam, gatal, bengkak pada area wajah, lidah, atau tenggorokan, pusing yang hebat, dan kesulitan bernapas, segera hubungi dokter Anda.

Daftar di atas mungkin belum mencakup seluruh daftar efek samping yang muncul karena Prandin. Konsultasikan dengan dokter Anda terkait kemungkinan efek samping yang Anda khawatirkan akan terjadi.

Peringatan dan Pencegahan

Apa yang harus diketahui sebelum mengonsumsi Prandin?

  • Informasikan kepada dokter Anda jika memiliki alergi terhadap obat-obatan, terutama repaglinide dan obat-obatan lainnya. Obat ini mungkin mengandung bahan lain yang dapat menimbulkan reaksi alergi
  • Sebelum menggunakan obat ini, informasikan riwayat kesehatan yang Anda miliki termasuk penyakit yang pernah atau sedang Anda derita, khususnya penyakit ginjal, hati, dan diabetes ketoasidosis
  • Informasikan kepada dokter Anda jika berencana atau sedang hamil. Kontrol gula darah juga menjadi hal penting pada saat kehamilan. Dokter Anda mungkin akan melakukan penyesuaian dosis pada setiap trimesternya.
  • Prandin tidak diperuntukkan untuk pasien yang berusia kurang dari 18 tahun

Apakah Prandin aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Belum ada penelitian yang memadai mengenai risiko pada janin yang dilakukan pada wanita hamil. Namun, studi yang dilakukan pada hewan (tikus) menunjukkan adanya risiko pada janin. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda tengah hamil dan membutuhkan kontrol gula darah. Badan POM Amerika Serikat mengategorikan obat ini ke dalam kategori C (mungkin berisiko).

Belum diketahui apakah Prandin juga dialirkan keluar dari tubuh melalui ASI, begitu pula dengan risiko yang akan menimpa bayi baru lahir. Anda direkomendasikan untuk tidak mengonsumsi obat ini jika sedang menyusui.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa saja yang mungkin berinteraksi dengan Prandin?

Interaksi obat mungkin dapat mengubah cara kerja obat Anda atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping serius. Beberapa obat yang mungkin berinteraksi pada Prandin adalah:

Beberapa obat juga memengaruhi gula darah Anda yang dapat membuat lebih sulit untuk dikontrol, seperti:

  • Kortikosteroid, seperti prednisone
  • Obat psikiatri, seperti olanzapine
  • Fluoroquinolone antibiotik, seperti ciprofloxacin

Tidak semua obat yang berinteraksi dengan Prandin tercantum dalam daftar di atas. Simpan dan informasikan kepada dokter Anda mengenai seluruh obat-obatan yang Anda miliki, termasuk obat yang diresepkan, non-resep (obat warung), vitamin, dan obat herbal sebelum mengonsumsi Prandin.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan gawat darurat atau overdosis?

Segera cari bantuan darurat medis dengan menghubungi 119 atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat jika Anda overdosis Prandin. Gejala overdosis Prandin meliputi detak jantung yang sangat cepat, perubahan penglihatan, banyak berkeringat tanpa sebab yang jelas, kecemasan, pingsan, dan kejang.

Bagaimana jika saya melewatkan jadwal minum obat?

Segera konsumsi dosis yang terlewat begitu Anda mengingatnya, hanya jika Anda juga akan makan. Jangan mengonsumsinya tanpa disertai dengan makan. Jika waktunya sudah terlalu dekat dengan jadwal selanjutnya, abaikan jadwal yang terlewat dan lanjutkan pada jadwal selanjutnya. Jangan menggandakan dosis pada satu kali jadwal minum obat.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca