Capreomycin

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020
Bagikan sekarang

Capreomycin Obat Apa?

Untuk apa Capreomycin digunakan?

Capreomycin adalah obat yang umumnya digunakan dengan obat lain untuk mengobati infeksi tuberkulosis (TB). Obat capreomycin adalah obat yang termasuk ke dalam kelas obat antibiotik. Obat ini dipercaya bekerja dengan mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan TB.

Bagaimana cara penggunaan Capreomycin?

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Capreomycin adalah obat TB yang biasanya diberikan melalui injeksi atau suntikan ke dalam otot atau pembuluh darah selama 1 jam lebih, biasanya dilakukan oleh dokter, atau tenaga medis lainnya. Diberikan sehari sekali selama 2 hingga 4 bulan kemudian dikurangi menjadi 2 hingga 3 kali seminggu tergantung pada kondisi Anda dan respon terhadap pengobatan, atau sesuai petunjuk dokter Anda. Dosis diberikan berdasarkan kondisi medis, fungsi ginjal, dan respon terhadap pengobatan.

Bila Anda menggunakan obat ini di rumah, pelajari semua persiapan yang diperlukan dan instruksi penggunaan yang diberikan oleh dokter. Bila Anda memiliki pertanyaan terkait penggunaan obat ini secara benar, tanyakan pada dokter Anda. Sebelum menggunakan produk ini, perhatikan bila terdapat partikel. Ketika dicampur, obat ini hampir tidak berwarna atau berwarna kuning pucat. Warna akan menjadi gelap seiringnya waktu, tetapi tidak membuat obat ini menjadi kurang efektif. Jika cairan memiliki partikel atau berubah warna selain dari warna kuning pucat atau gelap, jangan digunakan.

Bila Anda menggunakan obat ini dengan menyuntikkan ke dalam otot, ingatlah untuk mengganti titik suntikan pada setiap dosis untuk menghindari iritasi. Pilih bagian tubuh yang punya otot besar seperti bokong atau paha untuk mengurangi rasa sakit dari suntikkan.

Lanjutkan penggunaan obat ini hingga semua jumlah yang diresepkan terpenuhi, walaupun gejala telah hilang. Menghentikan penggunaan obat terlalu dini dapat mengakibatkan kembalinya infeksi. Mungkin bisa diperlukan waktu pengobatan lanjutan untuk TB selama 1 sampai 2 tahun.  Bila diperlukan, dokter Anda bisa mengganti obat Anda menjadi obat minum untuk kondisi yang sama.

Obat TB ini bekerja paling baik ketika jumlah obat dalam tubuh berada pada tingkat yang sama. Oleh karena itu, gunakan obat ini pada jarak waktu tertentu. Untuk membantu Anda mengingat, gunakan obat ini pada hari yang sama setiap minggunya atau pada waktu yang sama setiap harinya., tergantung pada instruksi dokter. Bila Anda menggunakan obat ini beberapa kali dalam seminggu, menandai kalender Anda sebagai pengingat bisa membantu.

Jangan gunakan obat ini secara berlebih atau kurang dari yang diresepkan atau menghentikan penggunaannya (atau obat TB lainnya) walaupun untuk waktu yang singkat kecuali bila dokter Anda mengatakan sebaliknya. Melewatkan atau mengubah dosis Anda tanpa persetujuan dari dokter bisa mengakibatkan jumlah bakteri TB bertambah, membuat infeksi sulit untuk diobati (resisten), atau efek samping menjadi lebih buruk. Jika TB menjadi resisten terhadap obat ini, bisa jadi hal yang sama berlaku pada obat TB lainnya.

Pelajari bagaimana cara menyimpan dan membuang jarum suntik, peralatan medis, dan obat yang tidak digunakan secara aman. Jangan pernah menggunakan kembali jarum suntik setelah selesai dipakai.

Beritahu dokter bila kondisi Anda tidak berubah atau lebih buruk.

Bagaimana cara penyimpanan Capreomycin?

Cara penyimpanan terbaik saat menggunakan obat capreomycin adalah dengan disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Capreomycin

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Capreomycin untuk orang dewasa?

Standar dosis dewasa untuk tuberkulosis-aktif adalah 10 sampai 15 mg/kg (sampai dengan 1 g) yang dimasukkan melalui infus atau suntikan setiap 24 jam atau 5 hari dalam seminggu

Bagaimana dosis Capreomycin  untuk anak-anak?

Standar dosis anak-anak untuk tuberkulosis-aktif adalah sebesar 15 hingga 30 mg/kg (sampai dengan 1 g) ang dimasukkan melalui infus atau suntikan dalam 5 sampai 7 hari per minggu.

Dalam dosis apakah Capreomycin tersedia?

Sediaan untuk obat capreomycin adalah berupa injeksi atau cairan suntik.

Efek samping Capreomycin

Efek samping apa yang dapat dialami karena Capreomycin?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Efek saming serius yang dapat timbul saat menggunakan obat capreomycin adalah:

  • buang air kecil menjadi lebih jarang atau tidak sama sekali
  • perubahan pada pendengaran
  • sensasi berputar, masalah keseimbangan
  • telinga berdengung
  • kalium rendah (kebingungan, detak jantung tidak teratur, rasa haus berlebih, meningkatnya urine, rasa tidak nyaman pada kaki, otot lemas atau merasa kehilangan keseimbangan)

Efek samping yang tidak terlalu serius meliputi:

  • ruam kulit ringan
  • demam, menggigil, nyeri badan, gejala flu
  • nyeri, bengkak, atau terdapat gumpalan keras pada bagian yang diinjeksi

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Capreomycin

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Capreomycin?

Hentikan penggunaan obat ini bila Anda alergi terhadap Capreomycin. Hal yang harus dilakukan sebelum mengonsumsi obat capreomycin adalah selalu beri tahu dokter terkait kondisi kesehatan Anda saat ini. Apalagi jika Anda mengalami gangguan fungsi tubuh tertentu, seperti penyakit injal dan kerusakan pada pendengaran.

Bila Anda memiliki kondisi tersebut, Anda memerlukan penyesuaian dosis atau pemeriksaan khusus agar bisa menggunakan Capreomycin secara aman.

Apakah Capreomycin aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori  C menurut US Food and Drugs Administration (FDA). Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

A= Tidak berisiko

B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian

C=Mungkin berisiko

D=Ada bukti positif dari risiko

X=Kontraindikasi

N=Tidak diketahui

Interaksi Obat Capreomycin

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Capreomycin?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Mengonsumsi obat ini dengan obat-obatan berikut tidak direkomendasikan. Dokter Anda mungkin tak akan meresepkan obat ini kepada Anda atau akan mengganti beberapa obat yang sudah Anda konsumsi.

  • Amifampridine

Menggunakan obat ini dengan beberapa obat-obatan di bawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tapi pada beberapa kasus mungkin dibutuhkan. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Colistimethate Sodium

Mengonsumsi obat ini dengan obat di bawah ini dapat meningkatkan risiko efek sampingnya, namun pada beberapa kasus, kombinasi dua obat ini mungkin merupakan pengobatan terbaik. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Alcuronium
  • Atracurium
  • Cisatracurium
  • Doxacurium
  • Fazadinium
  • Gallamine
  • Hexafluorenium
  • Metocurine
  • Mivacurium
  • Pancuronium
  • Pipecuronium
  • Rapacuronium
  • Rocuronium
  • Tubocurarine
  • Vecuronium

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Capreomycin?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Capreomycin?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama jika Anda mengalami gangguan fungsi ginjal atau gangguan pendengaran.

Overdosis Capreomycin

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis di antaranya:

  • gangguan pendengaran
  • dengung dalam telinga
  • pusing
  • napas sesak
  • buang air kecil jarang atau tidak sama sekali.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tips Jitu Atasi Perut Kembung pada Anak

Perut kembung pada anak biasanya menjadi pertanda anak mengalami sembelit. Untuk mengatasi kondisi ini, ada beberapa cara jitu agar anak bisa cepat pulih.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda

Potong Rambut di Salon Saat COVID-19 Ada Aturannya, Lho!

Pelonggaran aturan PSBB sudah mulai direncanakan. Sejumlah salon dan tempat cukur pun mulai dibuka. Amankah potong rambut di salon saat COVID-19?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Coronavirus, COVID-19 02/06/2020

Fungsi Penting Air Putih untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Air dibutuhkan oleh seluruh organ dalam tubuh, termasuk ginjal. Lantas, apa fungsi air untuk ginjal? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Amankah Makan di Luar Rumah di Tengah Pandemi?

Makan di luar rumah kini menjadi hal yang tidak biasa saat pandemi COVID-19. Lantas, amankah jika sekarang makan di restoran?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Coronavirus, COVID-19 02/06/2020

Direkomendasikan untuk Anda

cara menggunakan disinfektan

Perhatikan Penggunaan Disinfektan yang Baik Agar Aman dan Efektif Cegah Penyebaran Virus

Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 02/06/2020
penyebab tidur berlebihan

Terus Mengantuk dan Ingin Tidur, Ini Berbagai Penyebab Anda Tidur Berlebihan

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 02/06/2020
Bagaimana Sesi Konseling Bersama Psikolog dan Psikiater Selama Pandemi

Bagaimana Sesi Konseling Bersama Psikolog dan Psikiater Selama Pandemi?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 02/06/2020
bab anak 2 tahun berwarna hijau

Apakah Normal Jika BAB Anak Usia 2 Tahun Berwarna Hijau?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 02/06/2020