Berbagai Cara Mudah Memenuhi Kebutuhan Mineral dan Vitamin

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Tubuh membutuhkan asupan vitamin dan mineral untuk dapat bekerja sebagaimana mestinya dan juga menjaga daya tahan tubuh. Tubuh yang sehat dan kuat membuat Anda tetap aktif sepanjang hari. Sayangnya, banyak orang yang belum memahami pentingnya mineral dan vitamin untuk kesehatan tubuh. Berikut berbagai tips yang bisa Anda praktikkan untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin.

Berbagai cara memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

1. Makan makanan sehat

makanan-sehat-sembelit

Mengonsumsi makanan sehat dan kaya gizi menjadi salah satu hal wajib yang perlu Anda biasakan setiap harinya. Mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka membantu tubuh untuk mendapatkan berbagai nutrisi yang dibutuhkan seperti karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral.

Makanan yang Anda konsumsi perlu mengandung semua kelompok makanan utama seperti:

  • Buah dan sayur yang kaya akan vitamin, mineral, dan juga serat.
  • Lauk seperti daging atau ikan.
  • Susu dan makanan olahan susu rendah lemak.

Namun, usahakan untuk membatasi jumlah makanan manis yang Anda makan. Ada baiknya untuk mengganti gula dengan sumber karbohidrat lain yang lebih sehat seperti gandum, kentang, dan juga kacang-kacangan.

2. Mencukupi kebutuhan cairan

minuman penambah energi

Mencukupi kebutuhan cairan sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dehidrasi atau kekurangan cairan membuat Anda merasa lemas dan pusing yang bisa membuat aktivitas harian menjadi terhambat. Mencukupi kebutuhan cairan bukan hanya dari air mineral saja. Jus buah, air kelapa, milkshake, dan sari buah termasuk jenis minuman sehat dan kaya gizi.

Air kelapa misalnya mengandung kalium, natrium, magnesium, fosfor, dan juga kalsium yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jus buah kombinasi seperti mangga dan stroberi selain menyegarkan juga dapat meningkatkan sistem imun karena mengandung vitamin A, C, E, dan juga folat. Selain itu, jus semangka juga tak kalah menyehatkan karena mengandung vitamin A, C, magnesium, dan juga zinc yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

3. Minum suplemen daya tahan tubuh

manfaat ginseng buat pria

Suplemen menjadi asupan tambahan mineral dan vitamin agar daya tahan tubuh terjaga. Makanan dan minuman sehat yang Anda konsumsi belum tentu mencukupi semua kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh terutama untuk menjaga daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, Anda perlu minum suplemen daya tahan tubuh agar tubuh dapat bekerja dengan maksimal melakukan fungsinya. Mengonsumsi suplemen yang mengandung 10 vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama ginseng dan echinacea, membantu membuat Anda tetap aktif dan sehat sepanjang hari.

Mineral dan vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh

Berikut berbagai mineral dan vitamin yang penting untuk kesehatan dan juga dapat menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, terdapat herbal yakni echinacea dan ginseng yang juga terbukti ampuh untuk memperkuat sistem imun yang sangat baik dikonsumsi sehari-hari.

Vitamin C

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang produksi dan kerja sel darah putih. Sel darah putih merupakan pelindung tubuh karena bertugas untuk melawan dan menghancurkan segala kuman yang masuk ke dalam tubuh.

Magnesium

Magnesium membantu mengendalikan ratusan reaksi kimia dalam tubuh sehingga dapat mendukung berbagai sistem organ di dalam tubuh dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Selain itu, magnesium juga membantu mengatur tekanan darah, memperkuat otot dan tulang, membantu mengoptimalkan fungsi jantung dan otak serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Zinc

Zinc berperan penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, terutama dalam mengatasi peradangan. Zinc juga berperan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Kekurangan zinc bisa membuat Anda terkena berbagai penyakit kronis seperti kardiovaskular, kanker, dan juga diabetes yang diakibatkan oleh peradangan di dalam tubuh.

Mangan

Mangan termasuk mineral penting yang berperan dalam berbagai proses kimia seperti sintesis kolesterol, karbohidrat, dan protein. Mangan juga membantu mendukung pembentukan massa tulang dan menyeimbangkan hormon di dalam tubuh. Selain itu, mangan membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh dengan membantu pembentukan antibodi untuk melawan kuman penyebab penyakit.

Vitamin A

Selain baik untuk kesehatan mata, vitamin A juga memiliki efek antioksidan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi. Zat di dalam vitamin A terbukti membantu memengaruhi respon imun terhadap zat asing, termasuk bakteri di saluran pencernaan.

Vitamin B

Vitamin B memperkuat sistem imun dengan cara menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Vitamin B6 terutama dapat memproduksi antiobodi yang melawan bakteri dan virus penyebab penyakit. Selain itu, vitamin B6 juga diperlukan untuk memecah protein dan pertumbuhan sel.

Vitamin E

Sama seperti vitamin C, vitamin E dapat menjadi antioksidan yang cukup kuat untuk membantu tubuh melawan infeksi. Selain itu, vitamin E juga membantu melawan penuaan alami yang terjadi seiring dengan pertambahan usia.

Ginseng

Ginseng banyak digunakan sebagai bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Sifat antiradang pada ginseng membantu tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, ginseng juga dipercaya mampu mengusir rasa lelah, memiliki zat antitumor, dan membantu mengatur penyerapan glukosa di dalam tubuh.

Echinacea

Echinacea mengandung berbagai senyawa aktif di antaranya antimikroba dan antioksidan yang dapat membantu tubuh memperkuat sistem kekebalannya. Sering kali echinacea juga membantu tubuh dalam meredakan infeksi virus dan bakteri yang mengakibatkan pilek dan flu. Selain itu, berbagai penelitian menunjukkan echinacea terbukti ampuh digunakan sebagai pereda nyeri, mencegah kanker, antiradang, dan obat pencahar alami.

Selenium

Selenium berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Mineral ini juga bisa menurunkan stress oksidatif di dalam tubuh sehingga peradangan berkurang dan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Sumber Makanan Sehari-hari yang Mengandung Biotin

Biotin (vitamin B7) bermanfaat untuk menghasilkan energi pada tubuh. Apa saja makanan sehat yang mengandung biotin? Cari tahu di sini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 19 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Manfaat Inositol (Vitamin B8) untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Vitamin B8 terkandung alami dalam banyak tumbuhan dan hewan, juga suplemen makanan. Berikut beberapa manfaat inositol pada kesehatan tubuh.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Fakta Gizi, Nutrisi 18 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Benarkah Ramuan Herbal Danshen Goji Bisa Atasi Macam-macam Penyakit?

Tertarik mulai terapi herbal dengan danshen goji? Simak dulu penjelasan medis seputar khasiat dan efek samping danshen goji berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 16 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

8 Cara Mengencangkan Payudara Kendur

Payudara kendur bisa disebabkan oleh penurunan dan kenaikan berat badan. Berikut cara mengencangkan payudara kendur yang dapat Anda lakukan sehari-hari.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Kesehatan Wanita 11 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit


Direkomendasikan untuk Anda

penyebab gusi bengkak

11 Hal yang Paling Sering Jadi Penyebab Gusi Bengkak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 10 menit
probiotik meningkatkan daya tahan tubuh

Ingin Meningkatkan Daya Tahan Tubuh? Coba Konsumsi Makanan Probiotik

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
vitamin E untuk kesuburan

Vitamin E untuk Kesuburan, Benarkah Bisa Bikin Cepat Hamil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
adaptogen adalah

Mengenal Khasiat Adaptogen, Zat Penangkal Stres di Dalam Tanaman Herbal

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit