home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Berbagai Cara Mudah Memenuhi Kebutuhan Mineral dan Vitamin

Berbagai Cara Mudah Memenuhi Kebutuhan Mineral dan Vitamin

Tubuh membutuhkan asupan vitamin dan mineral untuk dapat bekerja sebagaimana mestinya dan juga menjaga daya tahan tubuh. Tubuh yang sehat dan kuat membuat Anda tetap aktif sepanjang hari. Sayangnya, banyak orang yang belum memahami pentingnya memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin untuk kesehatan tubuh.

Pentingnya memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Sebelum mengetahui cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, Anda tentunya harus mengetahui terlebih dahulu mengapa hal ini sangat penting untuk dilakukan.

Setiap hari, tubuh memproduksi sel-sel kulit, otot, dan tulang yang baru. Proses ini juga menghasilkan sel darah merah yang bertugas untuk membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh sel-sel tubuh dan mengirimkan sinyal saraf agar tubuh dapat bergerak dan menjalankan fungsinya.

Untuk melakukan semua ini, tubuh Anda memerlukan bahan mentah. Bahan ini yang biasa kita anggap sebagai zat gizi dan di antaranya termasuk berpuluh jenis vitamin dan mineral.

Sayangnya, tubuh tidak bisa memproduksi komponen tersebut dalam jumlah yang cukup. Maka dari itu, Anda membutuhkan asupannya dari sumber luar seperti makanan.

Vitamin dan mineral dianggap sebagai nutrisi penting—karena keduanya saling berhubungan dalam melakukan berbagai peran dalam tubuh. Sehingga, memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral sama-sama penting.

Vitamin dan mineral membantu menopang tulang, menyembuhkan luka, dan meningkatkan sistem kekebalan Anda. Keduanya juga bekerja untuk mengubah makanan menjadi energi serta memperbaiki kerusakan sel.

Beberapa jenis vitamin yang dikenal adalah vitamin A, C, D, E, K, dan vitamin B, termasuk thiamin (B1), riboflavin (B2), niacin (B3), asam pantotenat (B5), pyridoxal (B6), cobalamin (B12) , biotin, dan asam folat/folat.

Sedangkan, jenis-jenis mineralnya adalah kalsium, fosfor, kalium, natrium, klorida, magnesium, besi, seng, yodium, belerang, kobalt, tembaga, fluorida, mangan, dan selenium.

Berbagai cara memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Berikut berbagai tips yang bisa Anda praktikkan untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin.

1. Makan makanan sehat

makanan-sehat-sembelit

Mengonsumsi makanan sehat dan kaya gizi menjadi salah satu hal wajib yang perlu Anda biasakan setiap harinya.

Mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka membantu tubuh untuk mendapatkan berbagai nutrisi yang dibutuhkan seperti karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral.

Makanan yang Anda konsumsi perlu mengandung semua kelompok makanan utama seperti:

  • Buah dan sayur yang kaya akan vitamin, mineral, dan juga serat.
  • Lauk seperti daging atau ikan.
  • Susu dan makanan olahan susu rendah lemak.

Namun, usahakan untuk membatasi jumlah makanan manis yang Anda makan. Ada baiknya untuk mengganti gula dengan sumber karbohidrat lain yang lebih sehat seperti gandum, kentang, dan juga kacang-kacangan.

2. Mencukupi kebutuhan cairan

minuman penambah energi

Mencukupi kebutuhan cairan sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dehidrasi atau kekurangan cairan membuat Anda merasa lemas dan pusing yang bisa membuat aktivitas harian menjadi terhambat.

Mencukupi kebutuhan cairan bukan hanya dari air mineral saja. Jus buah, air kelapa, milkshake, dan sari buah termasuk jenis minuman sehat dan kaya gizi.

Air kelapa misalnya mengandung kalium, natrium, magnesium, fosfor, dan juga kalsium yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Jus buah kombinasi seperti mangga dan stroberi selain menyegarkan juga dapat meningkatkan sistem imun karena mengandung vitamin A, C, E, dan juga folat.

Selain itu, jus semangka juga tak kalah menyehatkan karena mengandung vitamin A, C, magnesium, dan juga zinc yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

3. Minum suplemen daya tahan tubuh

manfaat ginseng buat pria

Suplemen menjadi asupan tambahan mineral dan vitamin agar daya tahan tubuh terjaga. Makanan dan minuman sehat yang Anda konsumsi belum tentu mencukupi semua kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh terutama untuk menjaga daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, Anda perlu minum suplemen daya tahan tubuh agar tubuh dapat bekerja dengan maksimal melakukan fungsinya.

Mengonsumsi suplemen yang mengandung 10 vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama ginseng dan echinacea, membantu membuat Anda tetap aktif dan sehat sepanjang hari.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Fasting and Your Health https://www.nhs.uk/Livewell/Healthyramadan/Pages/fastingandhealth.aspx accessed on May 9th 2018

Eat This Food to Boost Your Immune System. https://health.clevelandclinic.org/eat-these-foods-to-boost-your-immune-system/ accessed on May 9th 2018

Vitamins and Mineral. (2018). NCCIH. Retrieved 9 July 2021, from https://www.nccih.nih.gov/health/vitamins-and-minerals

Vitamins and Mineral. (n.d.). HelpGuide. Retrieved 9 July 2021, from https://www.helpguide.org/harvard/vitamins-and-minerals.htm

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui 09/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x