home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Cegah Dehidrasi dengan 10 Buah yang Mengandung Banyak Air Ini!

Cegah Dehidrasi dengan 10 Buah yang Mengandung Banyak Air Ini!

Tubuh membutuhkan asupan cairan agar mampu bekerja dengan optimal. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan ini yang salah satunya yakni mengonsumsi berbagai buah yang mengandung banyak air.

Ragam buah-buahan yang mengandung banyak air

buah pantangan untuk penderita diabetes

Asupan cairan untuk tubuh Anda tidak hanya berasal dari air putih, tapi juga makanan. Bahkan, sekitar 20% asupan cairan bisa diperoleh dari buah-buahan. Di bawah ini jenis buah yang banyak mengandung air untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda.

1. Semangka

Sekitar 91 – 92% bobot semangka terdiri atas air. Ini berarti ketika Anda mengonsumsi satu potong besar buah semangka seberat 200 gram, Anda akan memperoleh asupan cairan sebanyak 182 – 184 mililiter (ml) yang hampir setara dengan segelas air.

Cairan yang Anda dapatkan dari semangka juga bukanlah sekadar air, sebab buah berdaging merah ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, mineral, dan antioksidan. Semangka juga rendah kalori serta termasuk buah yang aman bagi penderita diabetes.

2. Melon

Seperti semangka, makan buah melon pun dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan karena melon termasuk buah yang mengandung banyak air. Ketika Anda makan dua potong melon seberat 200 gram, Anda bisa mendapatkan air sebanyak 180 mL.

Melon juga mengandung karbohidrat, vitamin C, vitamin B6, serat, serta mineral berupa kalium, kalsium, dan fosfor. Kandungan gula alami buah ini cukup tinggi dibandingkan buah-buahan lainnya, tapi jumlah kalori totalnya tetap rendah.

3. Stroberi

Meski rasanya yang masam sering kali membuat badan bergidik, buah stroberi bisa menghilangkan dahaga karena kandungan airnya yang cukup tinggi. Buah stroberi mengandung 91% air ditambah vitamin C, mineral mangan, dan ragam antioksidan.

Kandungan air pada stroberi dapat mencegah dehidrasi. Sementara antioksidan mengurangi peradangan tubuh. Berkurangnya peradangan dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, berbagai jenis kanker, hingga penyakit Alzheimer.

4. Jeruk manis

Manfaat jeruk yang utama yakni memberikan asupan vitamin C. Namun, tahukah Anda bahwa jeruk termasuk buah yang paling banyak mengandung air? Kandungan air dalam buah berdaging oranye ini bisa mencapai 87% dari bobot totalnya.

Selain itu, jeruk mengandung banyak serat. Kandungan serat ini dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan mencegah keinginan untuk makan secara berlebihan. Inilah mengapa jeruk kerap menjadi teman diet yang andal.

5. Jeruk bali

Jeruk bali mengandung 88 – 90% air serta berbagai vitamin. Selain mencegah dehidrasi, makan jeruk bali membantu menjaga berat badan, menstabilkan gula darah, membakar lemak, serta menjaga tekanan darah.

Beberapa penelitian pun menemukan bahwa makan jeruk bali setiap hari membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) sebesar 15,5% dan trigliserida sebesar 27%. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menjaga kesehatan jantung.

6. Nanas

Buah nanas tumbuh di negara tropis dan mempunyai rasa khas dari perpaduan masam dan manis. Buah yang mengandung banyak air ini juga merupakan sumber dari karbohidrat serta mineral khususnya kalium, fosfor, dan kalium.

Selain membantu penuhi kebutuhan cairan, nanas juga memiliki ciri khas dengan adanya enzim bromelain. Enzim ini memiliki efek antiradang dan mampu meredakan nyeri. Pada beberapa kasus, bromelain bahkan bisa meredakan keluhan sinusitis.

7. Mentimun

Meski umumnya dikenal sebagai sayuran, mentimun sebenarnya termasuk kelompok buah-buahan. Mentimun mengandung sekitar 95 – 96,7% air dengan vitamin C, vitamin K, kalium, dan fitonutrien (zat kimia alami tumbuhan) berupa asam kafeat.

Makan mentimun tidak hanya membantu mencegah dehidrasi. Kandungan antioksidan pada buah ini juga mampu mencegah dan mengurangi iritasi. Ini sebabnya mentimun sering digunakan untuk meredakan mata bengkak dan iritasi sengatan matahari.

8. Tomat

Tomat mengandung 94% air, vitamin A, C, K, serta antioksidan yang sebagian besarnya berupa likopen. Buah yang mengandung banyak air ini juga merupakan sumber serat, karbohidrat, gula alami, dan protein dalam jumlah kecil.

Buah tomat dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan, tapi manfaatnya tidak berhenti di situ saja. Sebuah penelitian dalam European Journal of Public Health menemukan bahwa likopen berpotensi menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.

9. Belimbing

Buah belimbing merupakan sumber cairan dan berbagai zat gizi, khususnya vitamin C dan serat. Selain itu, belimbing juga mengandung protein, vitamin C, vitamin B5, folat, serta mineral seperti kalium, magnesium, dan tembaga.

Secara umum, makan belimbing bermanfaat dalam mencegah dehidrasi. Namun, Anda mungkin perlu menghindari buah ini apabila mengalami penyakit ginjal. Pasalnya, belimbing mengandung asam oksalat yang bisa membahayakan ginjal.

10. Blewah

Bukan tanpa alasan buah blewah sering menjadi bahan utama dalam es buah untuk berbuka puasa. Buah menyegarkan ini mengandung 90% air yang dapat menghilangkan dahaga dan membantu memenuhi kebutuhan cairan Anda setiap hari.

Blewah juga merupakan sumber yang baik dari beta karoten, serat, dan kalium. Beta karoten akan menjadi vitamin A dalam tubuh Anda, serat membuat Anda kenyang lebih lama, dan kalium menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh Anda.

Sumber cairan untuk tubuh Anda tidak hanya berasal dari air putih, tapi juga berbagai buah yang mengandung banyak air. Buah-buahan ini pun memiliki manfaat lebih karena adanya kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Jadi, jika Anda sedang malas minum air putih, cobalah mengonsumsi buah-buahan ini sebagai selingan. Jangan lupa memasukkannya ke dalam menu harian agar kebutuhan cairan Anda senantiasa tercukupi.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

19 Water-Rich Foods That Help You Stay Hydrated – Healthline. (2021). Retrieved 31 May 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/19-hydrating-foods#modal-close

Dehydrated? These 7 Foods Will Satisfy Your Thirst and Hunger – Cleveland Clinic. (2020). Retrieved 31 May 2021, from https://health.clevelandclinic.org/dehydrated-these-7-foods-will-satisfy-your-thirst-and-hunger/

How Much Water Do You Need – Academy of Nutrition and Dietetics. (2019). Retrieved 31 May 2021, from https://www.eatright.org/food/nutrition/healthy-eating/how-much-water-do-you-need

High-Fiber Foods – HelpGuide. (2021). Retrieved 31 May 2021, from https://www.helpguide.org/articles/healthy-eating/high-fiber-foods.htm

Karppi, J., Laukkanen, J. A., Mäkikallio, T. H., & Kurl, S. (2012). Low serum lycopene and β-carotene increase risk of acute myocardial infarction in men. European journal of public health, 22(6), 835–840. https://doi.org/10.1093/eurpub/ckr174

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 16/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro