home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Cara Mudah Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Setiap Hari

5 Cara Mudah Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Setiap Hari

Salah satu cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah dengan minum air sebanyak 8 gelas dalam sehari. Namun, nyatanya tak sedikit orang yang masih kesulitan untuk menerapkan kebiasaan ini.

Padahal, kekurangan cairan membuat Anda rentan mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan, seperti sakit kepala, lesu, hingga terganggunya berbagai fungsi tubuh.

Cara mudah memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh memang bisa jadi memiliki tantangan tersendiri. Nah, jika Anda ingin meningkatkan asupan cairan, berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan:

1. Bawa botol minum saat bepergian

Membawa botol minum akan membuat Anda terbiasa minum air putih. Ada berbagai jenis botol minum yang tersedia. Mulai dari botol biasa, hingga yang dilengkapi dengan sedotan dan penyaring khusus untuk Anda yang menyukai infused water.

Agar fungsinya semakin optimal, bawalah botol minum setiap kali Anda berada di luar rumah. Baik saat bekerja di kantor, berkumpul dengan teman dan kerabat, atau ketika melakukan kegiatan lain yang menjadi rutinitas.

2. Minum air sebelum haus dan saat merasa lapar

Saat merasa haus, tubuh Anda sebenarnya telah mengalami dehidrasi ringan. Jadi, minum sebelum Anda merasa haus merupakan cara yang terbilang efektif untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, sekaligus mencegah dehidrasi bertambah parah.

Gejala dehidrasi terkadang juga bisa muncul sebagai rasa lapar. Banyak orang akhirnya terkecoh dan mengonsumsi camilan untuk mengganjal perut. Padahal, tubuh Anda sebenarnya hanya membutuhkan asupan cairan.

3. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air

buah kaya air

Sumber asupan cairan tak melulu harus berasal dari air atau minuman. Anda juga bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan kaya kandungan air.

Contoh bahan makanan tersebut antara lain:

  • Buah-buahan, seperti semangka, stroberi, melon, dan jeruk
  • Sayuran, seperti mentimun, tomat, mentimun Jepang, selada, dan seledri
  • Susu skim dan yogurt
  • Sup, kuah, dan kaldu

4. Menambahkan irisan buah ke dalam air putih

Ada orang-orang yang tidak menyukai air putih karena rasanya tawar dan membuat perut terasa kembung. Nah, cara ini sesuai untuk Anda yang ingin memenuhi kebutuhan cairan tubuh tapi tidak begitu menyukai air putih.

Cobalah memasukkan irisan lemon, stroberi, jeruk, mint, atau kombinasi bahan-bahan tersebut ke dalam air putih. Diamkan selama beberapa jam di dalam lemari es, dan air putih yang tadinya tawar akan terasa lebih nikmat dan menyegarkan.

5. Menyesuaikan suhu air

Beberapa orang juga tidak suka meminum air karena suhunya tidak pas. Apabila Anda lebih menyukai air hangat, Anda dapat mengawali hari dengan segelas air hangat yang ditambahkan perasan air lemon.

Jika Anda merasa lebih mudah minum air bersuhu dingin, cobalah menyiapkan beberapa botol air minum di dalam lemari es untuk diminum kemudian. Lakukan keduanya secara bergantian hingga Anda menemukan cara yang paling tepat bagi diri Anda.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah langkah pertama untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat. Selain terhindar dari dehidrasi, Anda juga dapat mengurangi risiko penyakit.

Awalnya memang terasa sulit, tapi proses adaptasi ini bisa bertambah mudah bila dilakukan setiap hari. Lakukan langkah-langkah tersebut secara konsisten hingga berubah menjadi suatu kebiasaan rutin.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

10 Healthy Ways to Increase Your Fluid Intake. https://www.roswellpark.org/cancertalk/201805/10-healthy-ways-increase-your-fluid-intake Diakses pada 27 Juni 2019.

19 Water-Rich Foods That Help You Stay Hydrated. https://www.healthline.com/nutrition/19-hydrating-foods#section9 Diakses pada 27 Juni 2019.

Tips for Increasing Your Fluid Intake. http://www.iksi.org/patients/education/tips-increasing-fluid-intake/ Diakses pada 27 Juni 2019.

8 Easy Ways to Increase Your Daily Water Intake. https://www.verywellfit.com/easy-ways-to-increase-your-water-intake-1087844 Diakses pada 27 Juni 2019.


Foto Penulis
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x