home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Bahan Salad Buah dengan Kalori Tinggi yang Bikin Gemuk

5 Bahan Salad Buah dengan Kalori Tinggi yang Bikin Gemuk

Salad buah mungkin jadi pilihan kudapan sehat Anda saat sedang program diet. Nyatanya, tidak semua bahan dalam olahan salad buah itu benar-benar bisa mendukung program diet. Apa saja bahan salah buah dengan kalori tinggi yang bikin gemuk?

Bahan salad buah yang bikin gemuk

Menurunkan berat badan sebetulnya bukanlah hal yang sulit, salah satu kuncinya adalah membatasi makanan dengan kandungan gula dan lemak yang tinggi.

Bahan yang digunakan untuk mengolah salad buah memiliki manfaat bagi tubuh. Meski bahan utamanya buah yang mengandung banyak jenis vitamin dan serat, ternyata ada bahan lain dalam salad yang malah bisa bikin Anda jadi gemuk.

Ketika bahan-bahan tersebut dicampur menjadi satu, kandungan serat yang ada pada buah tidak akan bekerja secara maksimal. Bukannya melancarkan diet, bahan dalam olahan salad buah di bawah ini malah akan membuat Anda gemuk.

1. Keju

salad buah bikin gemuk
Sumber : The Spruce Eats

Keju memang memiliki kandungan protein serta menjadi sumber kalsium yang baik bagi tubuh. Hanya saja, keju juga mengandung banyak kalori dan lemak jenuh.

Menambahkan banyak keju sebagai topping salad buah tidak disarankan kalau Anda berniat untuk menurunkan berat badan. Jika tetap menginginkannya pada salad buah tanpa risiko bikin gemuk, usahakan untuk membatasi takaran keju.

2. Cream cheese

manfaat keju

Produk olahan keju yang biasanya menjadi bahan campuran saus pada salad buah yaitu cream cheese. Bahan ini dibuat dari susu dan krim yang dipanaskan dalam proses pasteurisasi lalu ditambahkan asam laktat yang membuat rasanya sedikit asam.

Dua sendok makan cream cheese menghasilkan 99 kalori serta memiliki kadar lemak yang cukup tinggi. Jika ingin menurunkan berat badan, Anda mungkin harus melewatkan bahan yang satu ini sebagai campuran salad buah.

3. Mayones

salad buah bikin gemuk
Sumber : Mashed.com

Banyak anggapan bahwa mayones merupakan pilihan yang kurang sehat jika dibandingkan dengan salad dressing lain. Mayones sebetulnya tidak sepenuhnya buruk mengingat kandungan nutrisi beragam yang dimilikinya, seperti vitamin E dan K.

Namun, satu sendok makan mayones mengandung sekitar 90 kalori yang disebabkan minyak yang juga menjadi bahan pembuatannya. Mayones juga mengandung hampir 50% kebutuhan sodium harian yang dibutuhkan tubuh.

Karena itu, bahan dalam salad buah yang satu ini bisa bikin Anda gemuk. Konsumsi mayones berlebihan tentu tidak disarankan untuk Anda yang sedang diet rendah kalori.

4. Buah Kalengan

salad buah bikin gemuk
Sumber : Taste of Home

Mengonsumsi buah-buahan diperlukan karena sumber vitamin dan serat untuk tubuh. Sebagian dari Anda juga mungkin memilih buah kalengan yang memang kandungan vitamin C-nya dapat memenuhi kebutuhan harian selama kualitasnya terjaga.

Namun, menambah buah kalengan pada salad buah bisa bikin gemuk. Buah kalengan diberi gula tambahan untuk membuat rasanya lebih manis. Terkadang, buah seperti cherry dalam kaleng juga ditambahkan pewarna buatan saat proses produksi.

5. Yogurt

yogurt
Sumber : Food Network

Yogurt sering digunakan sebagai menu makanan diet. Susu sebagai bahan utama pembuatan yogurt memang mengandung kalsium yang baik untuk tulang. Probiotik yang terkandung pada yogurt juga dipercaya dapat melancarkan pencernaan.

Sayangnya, banyak orang sering lupa bahwa proses produksi yogurt tidak luput dari penambahan gula. Label bebas lemak tidak menjamin produk yogurt lebih sehat. Bahkan, beberapa produk bebas lemak mengandung gula lebih banyak dari produk biasa.

6. Susu kental manis

susu kental manis
Sumber : The Spruce Eats

Bahan yang sering ditambahkan dalam olahan salad buah yakni susu kental manis. Seperti yang telah diketahui, susu kental manis mengandung lebih banyak gula dibanding kandungan susunya sendiri.

Ketika dibandingkan, satu takaran sendok makan susu kental manis atau sekitar 30 ml memiliki lebih dari 15 gram kandungan gula. Sedangkan susu biasa hanya mengandung lebih dari 3 gram gula.

Dengan kandungan gula dan lemak di setiap bahan-bahannya, perpaduan mayones, keju, buah kalengan, dan susu kental manis dalam salad buah tidak akan efektif untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

Jika Anda khawatir salad buah yang dikonsumsi memiliki kalori tinggi dan malah akan bikin gemuk, sebaiknya kreasikan sendiri olahan salad buah di rumah dengan bahan-bahan yang lebih ringan dan mudah dicerna.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Salad Mistakes That Make You Gain Weight https://www.thehealthy.com/food/salad-mistakes-making-you-gain-weight/ Diakses pada 5 Desember 2019.

21 Diet Foods That Can Make You Gain Weight https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-make-you-fat#section2 Diakses pada 5 Desember 2019.

The 10 Worst Salad Ingredients for Weight Loss https://www.verywellfit.com/the-worst-salad-ingredients-for-weight-loss-3495221 Diakses pada 5 Desember 2019.

Canned Fruit: Good or Bad? https://www.foodnetwork.com/healthyeats/healthy-tips/2013/10/canned-fruit-good-or-bad Diakses pada 5 Desember 2019.

Why is mayonnaise unhealthy? https://eatfresh.org/forum/ask-a-dietitian/why-mayonnaise-unhealthy Diakses pada 5 Desember 2019.

Is Mayonnaise Unhealthy? https://www.verywellfit.com/mayonnaise-good-or-bad-2242232 Diakses pada 5 Desember 2019.

Yogurt: Types, health benefit, and risks https://www.medicalnewstoday.com/articles/295714.php#nutrition Diakses pada 5 Desember 2019.

Is Cream Cheese Healthy? https://www.healthline.com/nutrition/is-cream-cheese-healthy-nutrition-benefits-and-downsides#nutrition Diakses pada 5 Desember 2019.

Foto Penulis
Ditulis oleh Winona Katyusha pada 3 minggu lalu
x