home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

5 Manfaat Buah Blewah bagi Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Buah Blewah bagi Kesehatan Tubuh

Buah blewah umumnya populer diolah menjadi takjil untuk sajian buka puasa di bulan Ramadan. Mau tahu apa saja manfaat buah blewah selain dari rasanya yang menyegarkan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Kandungan nutrisi dalam buah blewah

Blewah masih satu keluarga dengan buah melon. Buah yang memiliki nama latin Cucumis melo var. cantalupensis ini memiliki daging berwarna oranye dan bentuk luar yang mirip labu.

Jenis buah ini mudah untuk Anda dapatkan di pasar tradisional di negara-negara Asia Tenggara, contohnya Indonesia dan Malaysia.

Buah blewah juga mengandung berbagai zat gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dikutip dari laman FoodData Centra U.S. Department of Agriculture, per 100 g buah blewah segar memiliki kandungan gizi seperti berikut.

  • Air: 90,2 gram (g)
  • Kalori: 34 kkal
  • Protein: 0,84 g
  • Lemak: 0,19 g
  • Karbohidrat: 8,16 g
  • Serat: 0,9 g
  • Kalsium: 9 miligram (mg)
  • Fosfor: 15 mg
  • Zat besi: 0,21 mg
  • Kalium: 15 mg
  • Magnesium: 12 mg
  • Zinc: 0,18 mg
  • Retinol (Vit. A): 169 mikrogram (mcg)
  • Thiamin (Vit. B1): 0,041 mg
  • Riboflavin (Vit. B2): 0,019 mg
  • Niacin (Vit. B3): 0,734 mg
  • Vitamin C: 36,7 mg

Manfaat buah blewah untuk kesehatan tubuh

kandungan buah blewah

Buah blewah atau cantaloupe mempunyai beragam nutrisi yang diyakini baik untuk Anda yang sedang menjalankan diet rendah kalori.

Beberapa kandungan gizi dari buah blewah, antara lain serat, antioksidan, beta karoten, kalium, magnesium, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C pun bisa menjaga kekebalan tubuh.

Untuk membahas secara lebih lengkap, berikut ini adalah sejumlah khasiat dan manfaat blewah yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Baik untuk kesehatan kulit

Umumnya sayuran dan buah-buahan berwarna oranye, seperti wortel, ubi jalar, labu, dan blewah tinggi akan kandungan senyawa karotenoid atau pigmen organik tumbuhan.

Karotenoid bermanfaat menghilangkan rasa sakit dan kerusakan kulit yang terkait sengatan matahari.

Pigmen ini juga dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit termasuk garis halus, perubahan warna, dan keriput.

Menurut Skin Cancer Foundation, karotenoid juga bisa mengurangi risiko kanker kulit. Alhasil, makan buah blewah secara rutin baik untuk kesehatan wajah dan kulit Anda.

2. Melancarkan pencernaan

Buah blewah merupakan salah satu buah yang sangat menghidrasi tubuh. Hal ini karena kandungan airnya yang melimpah hingga 90 persen dalam setiap penyajian.

Blewah cukup baik bagi pencernaan tubuh karena bermanfaat untuk membuang racun dan membantu usus mencerna makanan dengan baik.

Manfaat buah blewah juga dapat membantu tubuh dalam mencerna karbohidrat. Selain itu, makan buah ini juga bisa mencegah gejala sindrom iritasi usus besar (IBS) dan gangguan pencernaan lainnya.

9 Buah Terbaik untuk Melancarkan Buang Air Besar (BAB)

3. Rendah kalori dan baik untuk asupan diet

Kandungan kalori buah blewah tergolong minim, yakni hanya 34 kkal per 100 g penyajian. Walaupun minim kalori, buah blewah kaya akan kandungan air yang bermanfaat.

Buah blewah juga memiliki kepadatan tekstur daging dengan nutrisi penting. Hal ini tentu cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan.

Jenis buah ini bisa Anda masukan dalam diet rendah kalori. Karena biasanya untuk mereka yang sedang mengikuti diet ini, terkadang dapat mengalami kekurangan nutrisi.

Hal ini mungkin dapat menyebabkan siklus pencernaan yang buruk, kekebalan tubuh menurun, dan tubuh jadi gampang lelah.

Dengan menambahkan blewah ke menu makanan, hal ini dapat membantu memastikan tubuh Anda memperoleh banyak vitamin dan mineral dalam proses menurunkan berat badan.

4. Mencegah kanker

Buah blewah memiliki kandungan antioksidan penting, seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, cryptoxanthin, dan antioksidan lainnya yang bermanfaat bagi tubuh Anda.

Senyawa antioksidan berperan melindungi sel dan struktur tubuh lainnya dari kerusakan akibat radikal bebas yang sekaligus mengurangi risiko Anda mengalami kanker.

Beberapa penelitian telah menunjukkan manfaat suplemen yang mengandung antioksidan untuk pencegahan kanker, termasuk kanker paru-paru, kanker prostat, dan lainnya.

Selain itu, studi dalam American Journal of Clinical Nutrition juga menunjukkan manfaat serat dari buah blewah juga berpotensi dalam mencegah timbulnya kanker kolorektal.

5. Menurunkan tekanan darah

Nutrisi-nutrisi penting dalam buah blewah, seperti serat, kalium, vitamin C, dan kolin memiliki peranan dalam mendukung kesehatan jantung Anda.

Sejumlah penelitian juga menyebutkan konsumsi sayuran dan buah-buahan, termasuk blewah secara rutin memiliki hubungan erat dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Kandungan buah blewah, misalnya kalium membantu menurunkan tekanan darah. American Heart Association menyarankan orang dewasa untuk mengonsumsi 4.700 mg kalium per hari untuk menjaga kesehatan jantung.

Apabila memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi Anda untuk mendapatkan solusi yang tepat.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

McDermott, A., & Arnarson, A. (2019). Benefits of Cantaloupe: 7 Healthy Advantages. Healthline. Retrieved 2 September 2021, from https://www.healthline.com/health/food-nutrition/benefits-of-cantaloupe

Ware, M., & Olsen, N. (2019). Cantaloupe: Health benefits and nutrition. MedicalNewsToday. Retrieved 2 September 2021, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/279176

Price, A. (2019). Cantaloupe Nutrition: The Phytonutrient Powerhouse You May Be Overlooking. Dr. Axe. Retrieved 2 September 2021, from https://draxe.com/nutrition/cantaloupe-nutrition/

Melons, cantaloupe, raw. FoodData Central – U.S. Department of Agriculture. (2018). Retrieved 2 September 2021, from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/169092/nutrients 

How Potassium Can Help Control High Blood Pressure. American Heart Association. (2016). Retrieved 2 September 2021, from https://www.heart.org/en/health-topics/high-blood-pressure/changes-you-can-make-to-manage-high-blood-pressure/how-potassium-can-help-control-high-blood-pressure 

Can Your Diet Help Prevent Skin Cancer?. The Skin Cancer Foundation. (2017). Retrieved 2 September 2021, from https://www.skincancer.org/blog/can-your-diet-help-prevent-skin-cancer/ 

Kunzmann, A. T., Coleman, H. G., Huang, W. Y., Kitahara, C. M., Cantwell, M. M., & Berndt, S. I. (2015). Dietary fiber intake and risk of colorectal cancer and incident and recurrent adenoma in the Prostate, Lung, Colorectal, and Ovarian Cancer Screening Trial. The American journal of clinical nutrition, 102(4), 881–890. https://doi.org/10.3945/ajcn.115.113282 

Pienovi, L., Lara, M., Bustos, P., & Amigo, H. (2015). Consumo de frutas, verduras y presión arterial. Un estudio poblacional [Fruit and vegetable intake, and blood pressure. A population research]. Archivos latinoamericanos de nutricion, 65(1), 21-26. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26320302/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui 10/09/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan