5 Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Jika Anda sering makan sayur asam atau emping, maka mungkin Anda tidak akan asing dengan melinjo. Ya, emping adalah salah satu makanan yang sumber utamanya dari melinjo. Melinjo adalah suatu buah dari pohon melinjo yang sering kali digunakan untuk tambahan berbagai macam makanan Indonesia, seperti sayur asam atau sayur lodeh. Melinjo sering kali dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, karena itu penderita darah tinggi dianjurkan untuk menghindari emping dan sejenisnya. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata melinjo dan kulitnya tersebut memiliki manfaat lain untuk tubuh? Apa saja manfaat kulit melinjo?

1. Memelihara kesehatan otak

Otak adalah pusat berpikir serta pengatur dari seluruh organ tubuh, karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan otak. Salah satu makanan yang bisa menjaga kesehatan otak adalah melinjo. Ya, manfaat kulit melinjo salah satunya adalah dapat mencegah dan mengatasi radikal bebas yang terjadi di dalam tubuh. radikal bebas yang terjadi di dalam tubuh ini akan sangat mempengaruhi fungsi saraf dan otak. Melinjo dipercaya mengandung zat mangan yang dapat mengikat neurotransmitter – zat yang menjadi pengantar sinyal sistem saraf – dan membuat sinyal antar-sel saraf menjadi lebih efisien.

2. Membantu pertumbuhan

Zat mineral lain yang terkandung di dalam melinjo dan kulitnya adalah copper. Copper adalah zat mikro mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membantu pertumbuhan, sehingga melinjo baik untuk anak-anak. Tidak hanya itu, manfaat kulit melinjo lainnya adalah membantu timbulnya masalah pada sistem otot dan tulang serta menjaga kesehatan jantung. Kekurangan copper dapat menyebabkan jaringan dan sel tubuh menjadi mati dan tidak berkembang. Oleh karena itu kulit melinjo baik untuk kesehatan.

3. Mengatur suhu tubuh

Tubuh mempunyai regulasi sendiri terhadap suhu tubuh. ketika lingkungan bersuhu dingin atau panas, maka tubuh akan secara otomatis menyesuaikan agar suhu tubuh tidak terganggu. Sedikit saja peningkatan atau penurunan suhu tubuh, mampu mengganggu fungsi tubuh secara keseluruhan. Melinjo dan kulitnya membantu tubuh untuk menjaga suhu untuk stabil. Manfaat kulit melinjo ini dibuktikan dengan dengan membantu mempertahankan fungsi metabolisme serta enzim agar tetap stabil di lingkungan yang memiliki suhu ekstrem.

4. Menjaga kesehatan kulit

Di dalam kulit melinjo, terdapat zat mineral seng yang mampu untuk meningkatkan sel darah putih. Hal ini tentu saja baik untuk mencegah peradangan serta mempercepat penyembuhan luka. Jerawat bisa menjadi luka di permukaan wajah, oleh karena itu melinjo dan kulitnya juga baik untuk mengatasi jerawat.

5. Memelihara kesehatan ginjal

Tidak hanya copper dan seng, kulit melinjo juga mengandung fosfor yang ternyata baik untuk kesehatan ginjal. Melalui kandungan fosfornya, manfaat kulit melinjo yaitu untuk mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh, membantu mengatur kadar garam dan lemak, serta membantu ginjal untuk mengeluarkan racun-racun dari tubuh.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda memiliki bintik atau bercak putih di puting susu atau sekitarnya? Tak usah khawatir, kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Payudara Terasa Sakit, Apa Penyebabnya Selalu Kanker?

Penyebab payudara sakit kerap dikaitkan dengan kanker. Namun, apakah anggapan itu benar? Bagaimana penjelasan lengkapnya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kanker Payudara, Kanker 14 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit