Bagaimana Bisa Vitamin D Membantu Penyerapan Kalsium?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Untuk menjaga kekuatan tulang, bukan hanya mineral kalsium yang dibutuhkan, tetapi juga vitamin D. Keduanya harus seimbang untuk bisa cegah pengeroposan tulang seperti osteoporosis. Akan tetapi, apa hubungannya vitamin D dan kalsium? Bagaimana vitamin D membantu penyerapan kalsium? Simak ulasan lengkapnya.

Apa hubungannya vitamin D dengan kalsium untuk kesehatan tulang?

Untuk menguatkan tulang, kalsium tidak bekerja sendiri di dalam tubuh. Salah satunya, bersama dengan vitamin D. Vitamin D sangat penting dalam membantu tubuh menyerap kalsium dan menggunakan kalsium. Tubuh tidak bisa menyerap kalsium sama sekali tanpa kehadiran vitamin D yang cukup di dalam tubuh.

Bagaimana vitamin D membantu penyerapan kalsium dalam tubuh?

Jadi, saat vitamin D masuk, tubuh akan langsung mengubahnya menjadi hormon calcitriol. Hormon ini yang nantinya akan membantu penyerapan kalsium di usus.

Vitamin D juga akan merangsang zat yang akan mengangkut kalsium masuk ke dalam dinding usus dan membawanya sampai ke darah. Bila proses ‘pengangkutan’ kalsium ini lancar dan kalsium sudah ada di dalam darah, maka penyerapan berhasil dengan baik.

Saat kalsium sudah ada di dalam darah, maka zat ini siap dibagikan ke bagian tubuh yang membutuhkan, terutama tulang. Di dalam tulang, kalsium akan langsung bekerja untuk memadatkan tulang dan memperbaiki sel-sel tulang yang rusak.

Dengan begitu, tulang akan jadi lebih kuat dan kokoh. Oleh karena itu, vitamin D berperan sangat besar dalam siklus penyerapan kalsium ini.

Kalsium dan vitamin D, kombinasi terbaik untuk kesehatan tulang

Untuk menjaga kekuatan tulang, ini artinnya Anda tidak bisa mengandalkan kalsium saja. Anda harus memerhatikan asupan vitamin D juga. Vitamin D pada dasarnya bisa diperoleh dari tiga cara, yakni dari makanan, melalui kulit yang terpapar sinar matahari, dan dari suplemen.

Menurut tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan vitamin D per hari untuk orang dewasa sampai usia 70 tahun adalah sebanyak 15 mcg. Sementara kalau lebih dari 70 tahun maka diperlukan sebanyak 20 mcg vitamin D setiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk rekomendasi kalsium sendiri yang dibutuhkan sebanyak 1000-1200 mg per harinya untuk laki-laki maupun perempuan. Keduanya ini harus terpenuhi dengan seimbang untuk mendapatkan tulang yang kuat dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

Pilih suplemen yang ada kalsium dan vitamin D sekaligus

Bukan hanya dari makanan, Anda bisa mendapatkan kalsium sekaligus vitamin D langsung dari dari suplemen. Bila perlu, Anda bisa mendapatkan kalsium dan vitamin D sekaligus dalam suplemen CDR yang berbentuk tablet effervescent. Tak hanya bisa bantu asupan kalsium dan vitamin D, CDR juga mengandung vitamin C dan vitamin B6 untuk membantu menjaga kepadatan tulang.

Satu tablet CDR ini mampu menyediakan sebanyak 300 IU vitamin D, dan menyediakan kalsium yang sudah dalam bentuk kalsium karbonat sebanyak 635 mg. Dengan mengonsumsi suplemen CDR ini bisa membantu memenuhi hampir setengah dari anjuran jumlah vitamin D dan kalsium yang dibutuhkan tubuh.

 

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Lansia Masih Perlu Minum Susu? Berapa Banyak yang Dibutuhkan?

Minum susu biasanya dianjurkan untuk anak-anak. Lalu, jika sudah lanjut usia, apakah masih perlu minum susu? Berapa banyak susu yang harus diminum?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Lansia, Gizi Lansia 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Manfaat Vitamin D untuk Wanita Menopause yang Harus Diketahui

Tak hanya membantu menjaga kesehatan tulang, sejumlah khasiat dari vitamin D ini akan sangat bermanfaat untuk wanita menopause.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Kesehatan Wanita, Menopause 8 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit

Berbagai Fungsi Vitamin D yang Bermanfaat Selama Puasa

Salah satu nutrisi yang baik selama menjalani sebulan penuh puasa adalah vitamin D. Mengapa? Seberapa penting vitamin D saat puasa.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Fakta Gizi, Nutrisi 30 April 2020 . Waktu baca 3 menit

Kebutuhan Vitamin untuk Balita Usia 2-5 Tahun

Memilih vitamin untuk balita memang harus hati-hati. Kalau salah, bisa sebabkan alergi dan masalah lain. Berikut penjelasan seputar vitamin untuk balita.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Anak 1-5 Tahun, Gizi Balita, Parenting 13 April 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

vitamin tulang untuk orang tua

Perlukah Orang Tua Lanjut Usia Minum Vitamin untuk Tulang? Ini Jawabannya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 29 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
osteoporosis

Osteoporosis (Pengapuran Tulang)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 23 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit
minum vitamin pagi atau malam

Lebih Baik Minum Vitamin Pagi Hari atau Malam Hari?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
fungsi sistem imun

Bantu Cegah Penyakit, Ini Peran Vitamin C, D, dan Kalsium di Sistem Imun

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 1 November 2020 . Waktu baca 5 menit