home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Bagaimana Vitamin D Membantu Penyerapan Kalsium?

Bagaimana Vitamin D Membantu Penyerapan Kalsium?

Untuk menjaga kekuatan tulang, bukan hanya mineral kalsium yang dibutuhkan, tetapi juga vitamin D. Keduanya harus seimbang untuk bisa cegah pengeroposan tulang seperti osteoporosis. Akan tetapi, apa hubungan antara vitamin D dan kalsium?

Proses vitamin D membantu menyerap kalsium

Untuk menguatkan tulang, kalsium tidak bekerja sendiri di dalam tubuh. Salah satunya, bersama dengan vitamin D. Vitamin D sangat penting dalam membantu tubuh menyerap mineral kalsium dan menggunakannya.

Tubuh tidak bisa menyerap kalsium sama sekali tanpa kehadiran vitamin yang satu ini secara cukup di dalam tubuh. Saat vitamin ini masuk, tubuh akan langsung mengubahnya menjadi hormon calcitriol yang berfungsi membantu penyerapan kalsium di usus.

Vitamin D juga akan merangsang zat yang akan mengangkut kalsium masuk ke dalam dinding usus dan membawanya sampai ke darah. Bila proses ‘pengangkutan’ kalsium ini lancar dan kalsium sudah ada di dalam darah, maka penyerapan berhasil dengan baik.

Saat kalsium sudah ada di dalam darah, zat ini siap dibagikan ke bagian tubuh yang membutuhkan, terutama organ tulang. Di dalam tulang, kalsium akan langsung bekerja untuk memadatkan tulang dan memperbaiki sel-sel tulang yang rusak.

Dengan begitu, tulang akan jadi lebih kuat dan kokoh. Oleh karena itu, vitamin D berperan sangat besar dalam siklus penyerapan mineral yang satu ini.

Kombinasi terbaik untuk kesehatan tulang

Untuk menjaga kekuatan tulang, Anda tidak bisa mengandalkan kalsium saja. Anda juga harus memerhatikan asupan vitamin D. Sumber vitamin D diperoleh dari tiga cara yakni makanan, paparan sinar matahari, dan suplemen.

Menurut tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan vitamin D per hari untuk orang dewasa sampai usia 70 tahun yakni sebanyak 15 mikrogram (mcg).

Sementara kalau lebih dari 70 tahun, diperlukan sebanyak 20 mcg vitamin D setiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk rekomendasi kalsium sendiri yang dibutuhkan sebanyak 1.000 – 1.200 miligram (mg) per harinya untuk laki-laki dan perempuan.

Kedua zat gizi ini harus terpenuhi dengan seimbang untuk mendapatkan tulang yang kuat dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

5 Jenis Makanan Penguat Tulang untuk Penderita Osteoporosis

Pilih suplemen yang ada kalsium dan vitamin D sekaligus

Bukan hanya dari makanan, Anda bisa mendapatkan kedua zat gizi ini langsung dari dari suplemen. Bila perlu, Anda bisa mendapatkannya sekaligus dalam suplemen CDR yang berbentuk tablet effervescent.

Tak hanya bisa bantu asupan kedua zat gizi ini, CDR juga mengandung vitamin C dan vitamin B6 untuk membantu menjaga kepadatan tulang.

Satu tablet CDR ini mampu menyediakan sebanyak 300 IU (ukuran International Unit) vitamin D dan menyediakan kalsium yang sudah dalam bentuk kalsium karbonat sebanyak 635 mg.

Dengan mengonsumsi suplemen dengan dua asupan zat gizi ini, Anda bisa terbantu dalam pemenuhan hampir setengah dari anjuran jumlah keduanya yang dibutuhkan tubuh.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

National Institute of Health. 2015. Calciumand Vitamin D: Important at Eery Age. [Online] Tersedia pada: https://www.bones.nih.gov/health-info/bone/bone-health/nutrition/calcium-and-vitamin-d-important-every-age (Diakses 23 April 2018)

Vivo Pathophysiology. Tanpa tahun. Vitamin D (Calcitriol). [Online] Tersedia pada: http://www.vivo.colostate.edu/hbooks/pathphys/endocrine/otherendo/vitamind.html (Diakses 23 April 2018)

Byrd-Bredbenner C, Beshfgetoor D, Moe G, Berning J. 2007. Perspective in Nutrition 8th edition. New York: McGraw-Hill

Driver Catherine Burt. 2017. Osteoporosis and Calcium. [Online] Tersedia pada: https://www.emedicinehealth.com/osteoporosis_and_calcium/article_em.htm#what_assists_the_absorption_of_calcium (Diakses 23 April 2018)

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji Diperbarui 08/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita