home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

16 Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Buka Puasa

16 Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Buka Puasa

Tubuh mengalami beberapa perubahan saat puasa, termasuk dalam hal fungsi enzim. Enzim yang biasanya dihasilkan sistem pencernaan perlahan berkurang jumlahnya. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk memilih makanan yang baik untuk pencernaan saat buka puasa, salah satunya buah.

Buah-buahan yang baik untuk buka puasa

buah diet keto

Mengonsumsi buah ketika buka puasa dapat membantu mengembalikan cairan, energi, serta elektrolit tubuh yang hilang. Ini karena buah-buahan merupakan sumber yang baik dari air, glukosa, vitamin, dan mineral.

Di antara banyaknya jenis buah-buahan, berikut beberapa yang terbaik untuk buka puasa.

1. Kurma

Kurma dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk berbuka puasa. Tidak heran, mengingat buah ini mengandung banyak serat, protein, dan mineral. Kurma juga padat kalori sehingga bisa membuat tubuh berenergi kembali setelah seharian berpuasa.

2. Semangka

Buah ini terkenal dengan kandungan airnya yang melimpah sehingga cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Dengan makan semangka, Anda juga akan mendapatkan asupan vitamin, antioksidan, dan mineral yang dapat mengembalikan keseimbangan elektrolit.

3. Anggur

Buah anggur bisa menjadi alternatif yang baik untuk buka puasa. Buah ini memiliki rasa segar dan manis yang dapat mengembalikan cairan dan gula di dalam tubuh. Selain itu, kandungan air dan seratnya juga bisa membantu mencegah sembelit.

4. Apel

Meski kandungan airnya tidak sebanyak semangka, apel mengandung serat yang juga bermanfaat bagi kesehatan. Di dalam tubuh Anda, serat pada apel akan membantu menyiapkan organ-organ pencernaan untuk menerima makanan yang lebih padat.

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/buah-kandungan-tinggi-vitamin-c-selain-jeruk/

5. Jeruk

Sebagian besar kandungan jeruk adalah karbohidrat dan air, dengan gula berbentuk glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Meskipun kandungan gulanya cukup tinggi, jeruk tidak meningkatkan gula darah dengan cepat sehingga aman bagi penderita diabetes.

6. Stroberi

Stroberi merupakan buah yang baik untuk buka puasa, terutama karena manfaatnya dalam mengontrol gula darah. Buah ini memperlambat pencernaan glukosa. Jadi, Anda bisa mendapatkan asupan gizi dan cairan tanpa risiko gula darah melonjak drastis.

7. Mangga

Satu potong besar mangga mengandung 257 gram kalium serta bisa memenuhi 25% kebutuhan vitamin A dan 76% vitamin C Anda. Inilah mengapa berbuka puasa dengan mangga bisa membantu mengembalikan cadangan vitamin dan mineral dalam tubuh.

8. Pisang

Pisang merupakan sumber energi dan mineral, terutama kalium. Mengonsumsi pisang saat buka puasa bisa membantu memulihkan energi dan keseimbangan elektrolit yang mungkin berubah akibat kurangnya asupan makanan selama berpuasa.

9. Blewah

Sumber: Resep Koki

Anda mungkin sering menemukan blewah dalam es buah sebagai makanan berbuka puasa. Buah ini tidak hanya menyegarkan, tapi juga baik untuk buka puasa karena kaya akan mineral serta gula yang bisa mengembalikan energi Anda.

10. Pir

Ada banyak sekali manfaat buah pir, salah satunya mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah berpuasa. Selain itu, kandungan serat pada pir juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga Anda tidak makan berlebihan saat buka puasa.

11. Belimbing

Belimbing tidak hanya kaya vitamin dan mineral, tapi juga antioksidan berupa quercetin, asam galat, dan epikatekin. Berbagai antioksidan ini dapat melindungi tubuh dari efek radikal bebas, meredakan peradangan, dan menurunkan kadar kolesterol darah.

12. Melon

Seperti blewah, melon juga sering diolah menjadi es buah untuk buka puasa. Buah ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga bisa mencegah dehidrasi. Tidak hanya itu, konsumsi melon juga dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin A dan C Anda.

13. Nanas

Nanas untuk obat batuk alami

Buah lainnya yang baik untuk buka puasa adalah nanas. Selain mengandung berbagai jenis mineral, buah ini juga mengandung antioksidan yang meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, Anda tidak akan gampang sakit selama berpuasa.

14. Pepaya

Saat bulan puasa, Anda mungkin lebih susah buang air besar. Anda bisa mengatasi hal ini dengan mengonsumsi pepaya saat berbuka puasa. Tak hanya itu, pepaya juga akan memberikan tubuh Anda asupan vitamin A, vitamin C, serta berbagai antioksidan.

15. Alpukat

Tidak seperti buah-buahan lain yang tinggi karbohidrat, alpukat justru tinggi kandungan lemak yang menyehatkan. Buah ini juga kaya serat, kalium, dan magnesium. Konsumsi secara rutin bisa membantu memulihkan energi yang berkurang saat puasa.

16. Buah beri

Beri seperti blueberry dan blackberry merupakan buah yang baik untuk buka puasa. Vitamin di dalamnya bisa menjaga kesehatan tubuh dan fungsi sistem imun. Sementara itu, kandungan antioksidannya berpotensi menurunkan risiko sejumlah penyakit.

Buah-buahan merupakan salah satu bahan makanan paling menyehatkan, termasuk untuk buka puasa. Pasalnya, buah mengandung air, vitamin, mineral, dan berbagai zat gizi lainnya yang mungkin hilang setelah Anda berpuasa seharian.

Untuk mempertahankan nilai gizi dan manfaatnya, sebaiknya makanlah buah-buahan dalam bentuk yang masih segar. Batasi penggunaan gula tambahan agar menu buka puasa Anda tetap menyehatkan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Many Health Benefits of Dates. (2018). Retrieved 9 April 2021, from https://foodandnutrition.org/blogs/stone-soup/many-health-benefits-dates/

Oranges 101: Nutrition Facts and Health Benefits. (2019). Retrieved 9 April 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/foods/oranges

The Season for Strawberries. (2018). Retrieved 9 April 2021, from https://www.eatright.org/food/vitamins-and-supplements/nutrient-rich-foods/the-season-for-strawberries/

Mango Benefits. (2019). Retrieved 9 April 2021, from https://www.mango.org/blog-mango-benefits/

Bananas. (n.d.). Retrieved 9 April 2021, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/food-features/bananas/

Star Fruit 101 — Is It Good For You?. (2019). Retrieved 9 April 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/star-fruit-101

9 Health and Nutrition Benefits of Pears. (2019). Retrieved 9 April 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-pears

In Case You Need a Reason to Eat More Avocado. (2017). Retrieved 9 April 2021, from https://www.cedars-sinai.org/blog/healthy-and-delicious-avocado.html

8 Impressive Health Benefits of Pineapple. (2018). Retrieved 9 April 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-pineapple

Edirisinghe, I., Banaszewski, K., Cappozzo, J., Sandhya, K., Ellis, C. L., Tadapaneni, R., Kappagoda, C. T., & Burton-Freeman, B. M. (2011). Strawberry anthocyanin and its association with postprandial inflammation and insulin. The British journal of nutrition, 106(6), 913–922. https://doi.org/10.1017/S0007114511001176

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Monika Nanda
Tanggal diperbarui 14/05/2020
x