home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Yuk, Intip Manfaat Mengejutkan Buah Duku untuk Kesehatan

Yuk, Intip Manfaat Mengejutkan Buah Duku untuk Kesehatan

Meski buah ini cukup populer, tidak semua orang tahu manfaatnya. Rasanya yang beragam mulai dari manis hingga asam membuat duku menjadi buah yang banyak diincar. Apa saja sih manfaat buah duku? Yuk, simak ulasannya!

Kandungan buah duku

manfaat buah duku
Sumber: Sahabat Nestle

Buah duku atau Lansium parasiticum adalah jenis buah yang masih satu keluarga dengan buah langsat. Perbedaannya, buah duku memiliki daging yang lebih tebal, rasa yang lebih manis, dan lebih tahan lama.

Menurut Data Pangan Kemenkes RI, buah duku mengandung berbagai macam nutrisi yang memberikan manfaat bagi tubuh.

Nutrisi yang terkandung dalam 100 gram buah duku, antara lain sebagai berikut.

  • Air: 8,0 gr
  • Energi: 63 Kal
  • Protein: 1,0 gr
  • Lemak: 0,2 gr
  • Karbohidrat: 16,1 g
  • Serat: 4,3 gr
  • Kalsium: 18 mg
  • Fosfor: 9 mg
  • Besi: 0,9 mg
  • Natrium: 2 mg
  • Kalium: 149,0 mg
  • Tembaga: 0,09 mg
  • Seng: 0,2 mg
  • Thiamin: 0,05 mg
  • Riboflavin: 0,15 mg
  • Niacin: 1,5 mg
  • Vitamin C: 9 mg

Manfaat buah duku bagi kesehatan tubuh

Artikel Kesehatan Gangguan Pencernaan Lainnya

Meski ukurannya kecil, duku adalah buah yang kaya akan nutrisi. Mari kita bahas satu per satu manfaat buah duku untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah sembelit

Salah satu masalah pencernaan yang sering terjadi adalah sembelit. Kondisi ini biasanya terjadi akibat asupan serat tidak tercukupi dengan baik.

Nah, salah satu cara untuk mencegah sembelit adalah dengan mengonsumsi buah duku. Pasalnya, dalam 100 gram buah duku mengandung 4,3 gram serat yang baik untuk sistem pencernaan Anda.

2. Menambah energi dan menjaga sistem saraf

Manfaat buah duku selanjutnya adalah untuk membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi energi dan menjaga keselarasan fungsi sistem saraf.

Hal ini karena buah duku mengandung beragam jenis vitamin B, seperti thiamin, riboflavin, dan niasin.

3. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencerna lemak

Selain vitamin B, buah duku juga mengandung vitamin C. Manfaat vitamin C yang terkandung dalam buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencerna lemak tubuh.

Jika Anda sedang menjalani diet, buah ini bisa jadi pengganti camilan makanan manis. Apalagi, serat yang terkandung di dalamnya juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

4. Sebagai obat anti malaria

Selain dagingnya, ternyata biji buah duku juga bermanfaat untuk kesehatan, yakni sebagai obat anti malaria.

Penelitian terhadap biji duku sebagai obat malaria telah dilakukan oleh beberapa ahli dari Thailand dan Inggris yang diterbitkan dalam jurnal Phytochemistry.

Dari penelitian tersebut ditemukan hasil bahwa ekstrak biji duku dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit malaria falciparum.

Penyakit malaria yang satu ini merupakan jenis yang paling berbahaya. Meski demikian, Anda tetap perlu berkonsultasi kepada dokter untuk penanganan yang tepat.

5. Mencegah tumor pada kulit

Bukan hanya itu, daun dari buah duku juga dapat bermanfaat untuk mencegah perkembangbiakan tumor pada kulit.

Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Mugio Nishikawa di laboratorium Tokushima Bunri University, Jepang.

6. Mencegah kanker

Selain mencegah pertumbuhan tumor, daun buah duku juga dapat mencegah perkembangbiakan sel kanker pada tubuh.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli farmasi dari Kyoto Pharmaceutical University, Jepang yang menyebutkan bahwa daun buah duku memiliki kandungan anti mutagenik.

bahagia senang senyum wanita sehat

7. Sebagai antioksidan

Kandungan daun buah duku lainnya adalah sebagai antioksidan. Antioksidan adalah zat yang diperlukan oleh tubuh untuk menangkal zat-zat berbahaya dari lingkungan.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Monash University Malaysia yang menyebutkan bahwa buah-buahan tropis seperti langsat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

8. Sebagai antibakteri

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli farmakologi dari berbagai universitas ternama di Indonesia, berbagai kandungan dalam buah duku ternyata punya manfaat menakjubkan.

Mereka mendapatkan hasil bahwa selain sebagai antioksidan, kandungan metanol, heksana, dan daun buah duku juga dapat bermanfaat sebagai antibakteri.

9. Mencegah infeksi saluran kencing

Manfaat buah duku selanjutnya adalah mencegah infeksi beberapa jenis jamur, termasuk Candida albican yang merupakan penyebab penyakit infeksi saluran kencing.

Hal ini karena kandungan asam lansionat yang dihasilkan oleh kulit dan biji buah duku yang dikeringkan.

10. Merawat kulit

Selain mencegah berbagai penyakit, buah duku juga dapat digunakan untuk merawat kulit. Beberapa perusahaan bahkan membuat produk skin care dari buah duku.

Penelitian yang dilakukan oleh Martha Tilaar dan S. M. Wasitaatmadja menunjukkan bahwa buah duku dapat melembabkan dan mencerahkan kulit.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Data Komposisi Pangan Indonesia. http://www.panganku.org/id-ID/view (search: duku, segar) . Accessed on April 23rd, 2019.

Health Benefit of Lanzones. https://www.livestrong.com/article/510922-health-benefits-of-lanzones/. Accessed on April 23rd, 2019.

Lansones. http://www.stuartxchange.org/Lansones.html. Accessed on April 23rd, 2019.

Antioxidant properties of several tropical fruits: A comparative study. http://europepmc.org/abstract/AGR/IND43886922. Accessed on April 23rd, 2019.

Lansium domesticum: skin and leaf extracts of this fruit tree interrupt the lifecycle of Plasmodium falciparum, and are active towards a chloroquine-resistant strain of the parasite (T9) in vitro. https://www.semanticscholar.org/paper/Lansium-domesticum%3A-skin-and-leaf-extracts-of-this-Yapp-Yap/e4e3846c2d666ae247feb73b1facdbd1df7f3b74. Accessed on April 23rd, 2019.

An Overview of the Antibacterial Implications of Lansium domesticum. https://pdfs.semanticscholar.org/4937/b1816ecb2527b583db0d3a5609c9ce2d1fec.pdf. Accessed on April 23rd, 2019.

Tilaar, M., Wih, W.L., Ranti, A., Wasitaatmadja, S.M., Suryaningsih, Junardy, F.D., & Maily (2008). Review of Lansium domesticum Corrêa and its use in cosmetics. Latin American and Caribbean Bulletin of Medicinal and Aromatic Plants, 7, 183-189.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Indah Fitrah Yani Diperbarui 29/03/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x