backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

12 Buah Warna Merah dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 22/01/2024

    12 Buah Warna Merah dan Manfaatnya untuk Kesehatan

    Tidak hanya enak dipandang mata, buah warna merah juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah sehat dengan warna merah biasanya kaya akan antioksidan dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

    Buah-buahan warna merah dan manfaatnya untuk kesehatan

    Buah berwarna merah berasal dari kandungan likopen dan antosianin yang memberikan pigmen warna pada buah-buahan.

    Selain kandungan tersebut, biasanya buah warna merah mengandung vitamin C, vitamin A, kalium, dan flavonoid. Sering mengonsumsi buah ini bisa mengurangi risiko kanker, memperbaiki metabolisme, menjaga kesehatan pencernaan, dan sebagainya.

    Nah, berikut ini daftar buah-buahan warna merah yang bisa Anda konsumsi setiap hari agar tubuh tetap sehat.

    1. Buah naga

    Buah berwarna merah yang pertama yaitu buah naga. Meski begitu, ada juga jenis lain yang daging buahnya berwarna putih.

    Buah naga memiliki rasa yang manis dan segar dengan tekstur yang renyah, mirip dengan buah kiwi.

    Buah ini kaya akan vitamin C, serat, dan beberapa mineral seperti besi dan magnesium. berkat kandungannya ini, buah naga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, menyehatkan kulit, dan membantu menurunkan berat badan.

    2. Apel

    Apel merupakan salah satu buah berwarna merah yang sangat umum dan populer di seluruh dunia.

    Buah ini memiliki rasa manis hingga sedikit asam, tergantung pada jenisnya. Teksturnya bervariasi dari renyah hingga lembut, tergantung pada varietas dan kematangan buah.

    Apel mengandung sejumlah zat gizi, seperti vitamin C, serat, dan flavonoid. Serat yang tinggi membantu kesehatan pencernaan, sedangkan vitamin dan antioksidan mendukung sistem kekebalan tubuh.  

    3. Stroberi

    Stroberi adalah buah kecil warna merah yang populer dengan rasa asam, dan tekstur yang lembut.

    Buah ini banyak digemari oleh orang karena rasanya yang lezat dan kandungan zat gizinya yang baik untuk kesehatan. Kandungan buah stroberi yaitu vitamin C, serat, vitamin K, mangan, folat, dan vitamin A.

    Berkat kandungan tersebut, buah stroberi bermanfaat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, mencegah sembelit, mengatur kadar gula darah, hingga mengurangi risiko penyakit kronis.

    4. Jambu biji merah

    manfaat jambu biji

    Jambu biji merah memiliki kulit berwarna hijau ketika belum matang dan berubah menjadi merah cerah atau merah muda saat matang.

    Daging buahnya dapat berwarna merah terang atau merah muda. Jika sudah benar-benar matang rasa buah ini manis sedikit asam.

    Seperti namanya, jambu biji memiliki banyak biji-biji kecil di tengahnya. Oleh karena itu, banyak orang yang lebih memilih menjadikannya jus agar lebih mudah dimakan.

    Buah ini memiliki banyak kandungan serat untuk membantu kesehatan pencernaan dan menurunkan berat badan.

    5. Tomat

    Tomat merupakan buah yang populer dalam campuran berbagai macam hidangan.

    Meskipun dianggap sebagai buah, tomat sering kali diolah dan dikonsumsi seperti sayuran dalam masakan. 

    Dikutip dari salah satu penelitian dalam jurnal Biology tomat kaya akan zat gizi berupa likopen, kalium, folat, zat besi, dan vitamin C. Kandungan lainnya yaitu beta-karoten, flavonoid, klorogenat, asam homovanilat, dan asam ferulat.

    6. Buah delima

    Buah delima atau pomegranate merupaka buah berwarna merah tua agak keugunan.

    Delima memiliki rasa yang unik, kombinasi antara manis dan sedikit asam. Di dalamnya terdapat biji kecil yang disebut aril, yang berisi sari buah yang berair dan manis. 

    Buah ini kaya akan zat gizi dan sering dianggap sebagai superfood karena kandungan antioksidan berupa polifenol. Kandungan lainnya yaitu vitamin C, vitamin K, dan kalium.

    Berkat kandungan tersebut, buah delima bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, meredakan gejala penuaan, dan mengurangi peradangan.

    7. Ceri

    Buah ceri adalah buah kecil berwarna merah, hitam, atau kuning dengan rasa yang manis dan segar.

    Ceri dikenal dengan tekstur yang lembut dan bijinya yang kecil. Selain enak dimakan segar, ceri sering digunakan dalam pembuatan kue, selai, atau minuman.

    Ceri merah kaya akan antosianin dan flavonoid. Kedua kandungan ini bermanfaat untuk melindungi tubuh dari peradangan, melawan radikal bebas, meredakan nyeri otot, meningkatkan kualitas tidur, dan meringankan nyeri karena artritis.

    8. Semangka

    Buah warna merah lain yang kaya akan likopen yaitu semangka. Daging buah semangka umumnya berwarna merah meski ada juga jenis lain yaitu berwarna kuning.

    Buah ini dikenal dengan kandungan airnya yang tinggi, memberikan rasa segar dan manis. Semangka juga merupakan buah rendah kalori, serta kaya akan vitamin C, vitamin A, kalium, dan magnesium.

    Karena rendah kalori dan lemak, buah ini dapat menjadi pilihan camilan sehat bagi orang yang sedang menurunkan berat badan.

    9. Leci

    kandungan dan manfaat buah leci

    Leci merupakan buah kulit warna merah dengan daging yang kenyal dan manis. Buah ini biasanya berbentuk bulat atau lonjong, dan bijinya dapat dimakan. 

    Leci mengandung vitamin C, vitamin B, fosfor, zat besi, dan serat.

    Berkat kandungan ini, leci bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun, mempercepat penyembuhan luka, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan pencernaan.

    10. Rambutan

    Rambutan adalah buah tropis yang berasal dari Asia Tenggara dan biasanya ditemukan di daerah tropis, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

    Buah warna merah ini memiliki kulit yang berduri dan daging buah yang manis serta kenyal. Rambutan sering kali dimakan langsung atau dijadikan tambahan dalam salad buah.

    Buah ini mengandung vitamin C, vitamin A, serat, zat besi, fosfor, dan kalsium. Selain itu, buah ini merupakan sumber antioksidan, termasuk flavonoid dan tanin.

    11. Anggur merah

    Anggur merah adalah buah anggur yang memiliki warna kulit yang lebih gelap, biasanya merah tua hingga ungu. Buah ini dikenal dengan rasa yang manis dan asam. 

    Anggur merah mengandung sejumlah zat gizi seperti vitamin C, vitamin K, serat, dan antioksidan, terutama resveratrol.

    Resveratrol telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk melindungi jantung dan pembuluh darah.

    12. Raspberry

    Raspberry adalah buah beri yang sering dijadikan bahan dalam berbagai hidangan, seperti kue, selai, yoghurt, atau dimakan langsung sebagai camilan.

    Buah warna merah keunguan ini memiliki rasa yang manis dan sedikit asam, serta tekstur yang lembut dan berair. 

    Raspberry kaya akan vitamin C, serat, vitamin K, mangan, dan antioksidan, seperti quercetin dan kaempferol. Kandungan ini bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, kesehatan pencernaan, pengendalian kadar gula darah, dan kesehatan jantung.

    Kesimpulan

    Buah warna merah yang bisa menjadi pilihan yaitu buah naga, apel, stroberi, jambu merah, tomat, delima, ceri, semangka, leci, rambutan, anggur merah, dan raspberry. Perlu diingat, setiap kelompok makanan memiliki fungsi yang berbeda bagi tubuh. Jangan hanya mengonsumsi buah, tetap variasikan asupan harian dengan sumber karbohidrat, protein, dan lemak sehat. 

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Andreas Wilson Setiawan

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 22/01/2024

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan