home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Cara Mudah Memelihara Organ Pencernaan Anda

7 Cara Mudah Memelihara Organ Pencernaan Anda

Kesehatan sistem pencernaan ikut memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pasalnya, organ-organ pada sistem ini berfungsi mengubah makanan menjadi zat gizi untuk tubuh. Lantas, bagaimana cara tepat memelihara organ pencernaan?

Cara mudah memelihara organ pencernaan

pantangan asam lambung makanan gorengan

Sistem pencernaan terdiri dari saluran pencernaan dan organ-organ tambahan. Semua komponen ini saling bekerja sama untuk menguraikan makanan menjadi zat gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Gaya hidup dan pola makan Anda memiliki peran besar dalam kesehatan organ-organ ini. Untuk menjaga kesehatannya, di bawah ini merupakan langkah-langkah tepat yang bisa Anda lakukan.

1. Makan makanan alami untuk melindungi lambung

Makanan alami adalah makanan yang tidak mengalami pemrosesan ataupun diberikan zat aditif (bahan tambahan), misalnya gula atau penambah rasa. Penelitian telah membuktikan bahwa makanan ini dapat melindungi lambung dari berbagai penyakit pencernaan.

Sebaliknya, konsumsi makanan hasil pemrosesan berkaitan dengan peningkatan risiko gangguan pencernaan. Gula dan garam tambahan misalnya, dapat meningkatkan risiko peradangan usus yang berujung menyebabkan sindrom usus bocor.

2. Banyak makan serat untuk menyehatkan usus

Cara mudah untuk menjaga kesehatan organ pencernaan yaitu dengan makan makanan kaya serat. Serat bermanfaat untuk melancarkan BAB dan mengurangi risiko sejumlah penyakit seperti wasir, radang usus, dan sindrom iritasi usus besar (IBS).

Asupan serat juga dapat menyeimbangkan jumlah bakteri usus serta membantu Anda mencapai berat badan ideal. Untuk mendapat semua manfaat ini, jangan lupa sertakan sayuran, buah-buahan, serta biji-bijian ke dalam menu harian Anda.

3. Mengonsumsi probiotik untuk melancarkan pencernaan

Probiotik merupakan bakteri baik yang secara alamiah hidup di dalam saluran pencernaan Anda. Bakteri ini membantu melawan bakteri jahat, menjaga kesehatan sel usus, serta melancarkan kerja pencernaan sehingga tubuh senantiasa sehat.

Selain itu, probiotik membantu memperkuat sistem kekebalan dan meningkatkan penyerapan zat gizi dari makanan. Anda dapat menambah jumlah bakteri baik dalam usus dengan mengonsumsi makanan kaya probiotik, seperti yogurt, tempe, atau kimchi.

4. Minum air untuk mendukung fungsi hati

Selain bermanfaat untuk melancarkan BAB, minum air juga merupakan cara untuk memelihara organ pencernaan seperti organ hati. Pasalnya, air membantu membuang racun dan menghilangkan efek samping pengobatan yang bisa mengganggu fungsi hati.

Air juga membantu menstabilkan kadar cairan di dalam darah. Ketika Anda dehidrasi, darah cenderung menjadi lebih kental. Hal ini bisa saja memengaruhi kemampuan hati dalam menyaring darah dan membuang racun di dalamnya.

5. Berhati-hati dalam mengonsumsi obat

Salah satu fungsi utama hati yaitu membuang racun dan zat kimia, termasuk yang terdapat dalam obat-obatan. Konsumsi obat yang berlebihan atau tidak sesuai anjuran justru dapat memberatkan kerja hati atau bahkan menyebabkan kerusakan.

Inilah mengapa Anda harus berhati-hati dalam memilih obat atau suplemen. Pastikan Anda selalu berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsi obat apa pun. Hindari pula konsumsi obat melebihi dosis yang telah diberikan.

6. Memerhatikan jam dan porsi makan

Cara lain yang akan membantu Anda menjaga organ pencernaan yaitu memerhatikan jam dan porsi makan. Ini karena jam makan yang tidak teratur dan porsi makan yang terlalu banyak dapat memicu kenaikan asam lambung.

Sebisa mungkin, usahakan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam pada jam yang sama setiap hari. Selain itu, cobalah mengganti porsi makan Anda menjadi 4 – 5 kali dengan porsi yang lebih kecil agar kerja lambung menjadi lebih ringan.

7. Tidak merokok agar pankreas tetap sehat

Menurut penelitian dalam jurnal Pancreatology, orang dewasa yang merokok berisiko 1,5 kali lebih tinggi untuk mengalami pankreatitis dibandingkan non-perokok. Pankreatitis yaitu peradangan pada organ pankreas yang bersifat akut atau kronis.

Jika tidak ditangani dengan baik, penyakit pankreatitis dapat menimbulkan komplikasi berupa infeksi, kekurangan gizi, hingga kanker pankreas. Cara terbaik untuk mencegah penyakit ini adalah dengan memelihara kesehatan organ pencernaan.

Organ-organ pencernaan yang sehat akan bekerja dengan baik sehingga tubuh dapat menyerap zat gizi yang bermanfaat. Selain itu, Anda juga terlindungi dari risiko berbagai gangguan pencernaan.

Tidak ada kata terlambat untuk memelihara organ pencernaan Anda. Mulailah dengan makan makanan bergizi seimbang, mencukupi kebutuhan air, dan menerapkan langkah-langkah di atas agar sistem pencernaan Anda berfungsi sebagaimana mestinya.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Probiotics. (2020). Retrieved 12 March 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/articles/14598-probiotics

Your Digestive System: 5 Ways to Support Gut Health. (n.d.). Retrieved 12 March 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/your-digestive-system-5-ways-to-support-gut-health

The 11 Best Ways to Improve Your Digestion Naturally. (2018). Retrieved 12 March 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/ways-to-improve-digestion

How to Improve Your Digestive Track Naturally. (2020). Retrieved 12 March 2021, from https://health.clevelandclinic.org/how-to-improve-your-digestive-track-naturally/

5 Ways to Be Kind to Your Liver. (n.d.). Retrieved 12 March 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/5-ways-to-be-kind-to-your-liver

13 Ways to a Healthy Liver. (2013). Retrieved 12 March 2021, from https://liverfoundation.org/13-ways-to-a-healthy-liver/

Aune, D., Mahamat-Saleh, Y., Norat, T., & Riboli, E. (2019). Tobacco smoking and the risk of pancreatitis: A systematic review and meta-analysis of prospective studies. Pancreatology, 19(8), 1009-1022. https://doi.org/10.1016/j.pan.2019.09.004

Lerner, A., & Matthias, T. (2015). Changes in intestinal tight junction permeability associated with industrial food additives explain the rising incidence of autoimmune disease. Autoimmunity reviews, 14(6), 479–489. https://doi.org/10.1016/j.autrev.2015.01.009

Viladomiu, M., Hontecillas, R., Yuan, L., Lu, P., & Bassaganya-Riera, J. (2013). Nutritional protective mechanisms against gut inflammation. The Journal of nutritional biochemistry, 24(6), 929–939. https://doi.org/10.1016/j.jnutbio.2013.01.006

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari
Tanggal diperbarui 4 minggu lalu
x