Sumber Karbohidrat yang Baik dan Buruk untuk Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi asupan kalori yang masuk ke tubuh Anda dan melakukan olahraga teratur untuk membakar kalori. Banyak orang diet dengan cara tidak makan nasi, atau bahkan menghindari sumber karbohidrat apapun, karena katanya diet tanpa karbohidrat lebih cepat menurunkan berat badan. Apa benar?

Diet rendah karbohidrat (yang salah satu sumbernya adalah nasi) memang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, Anda mungkin perlu mengetahui sumber karbohidrat lainnya untuk memudahkan Anda dalam menjalani diet.

Sumber karbohidrat yang harus dipilih saat sedang diet

Karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh. Satu gram karbohidrat akan menghasilkan energi sebesar 4 kalori. Sehingga, bagaimanapun tubuh Anda tetap memerlukan karbohidrat. Ada banyak jenis dan sumber karbohidrat yang tersedia. Dalam menurunkan berat badan, Anda perlu pintar-pintar memilih sumber karbohidrat mana yang bisa Anda pilih dalam diet Anda.

Saat sedang diet, sebaiknya pilihlah karbohidrat dengan jenis karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks merupakan karbohidrat yang mempunyai molekul gula dengan rantai lebih panjang dan lebih banyak serat. Sehingga, tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk dapat mencernanya. Hal ini kemudian dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga Anda akan makan lebih sedikit.

Selain itu, penyerapan karbohidrat kompleks yang lebih lama juga dapat mencegah lonjakan kenaikan gula darah. Sehingga, hal ini menurunkan risiko diabetes mellitus tipe 2.

Anda bisa mendapatkan sumber karbohidrat kompleks dari berbagai makanan, seperti:

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat. Selain itu, kacang-kacangan tertentu juga mengandung asam lemak sehat yang dapat meningkatkan kesehatan Anda. Anda bisa memasukkan kacang-kacangan seperti kedelai ke dalam menu sehari-hari, atau dengan cara mengonsumsi snack berbahan kedelai yang kaya akan serat & protein sehingga dicerna perlahan oleh tubuh dan membuat kenyang lebih lama. Snacking dua jam sebelum makan besar juga dapat membantu mengurangi asupan karbohidrat berlebih.
  • Nasi merah. Jika Anda tak bisa makan tanpa nasi, coba ganti nasi putih dengan nasi merah. Nasi merah mengandung serat yang lebih tinggi dan indeks glikemik yang lebih rendah dibanding nasi putih, sehingga bukan saja membuat Anda kenyang lebih lama, nasi merah juga tak akan membuat gula darah Anda melonjak cepat setelah makan.
  • Umbi-umbian. Kentang dan ubi juga bisa Anda manfaatkan sebagai sumber karbohidrat dalam diet. Kentang dan ubi yang dimakan bersama kulitnya mempunyai kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan dimakan tanpa kulit.
  • Buah. Buah mengandung gula alami sehingga dapat menjadi sumber energi bagi tubuh Anda. Selain itu, buah juga mengandung serat. Sehingga, konsumsi buah dalam diet Anda dapat membantu menurunkan berat badan.
  • Sayuran. Walaupun selama ini Anda mengenal sayuran sebagai sumber serat, vitamin dan mineral. Namun, sayuran juga mengandung karbohidrat, meskipun dalam jumlah yang sangat sedikit.

Sumber karbohidrat yang sebaiknya Anda batasi jika ingin menurunkan berat badan

Selama ini mungkin Anda tidak menyadari makanan yang Anda makan merupakan sumber karbohidrat yang kurang baik. Sumber karbohidrat ini dapat mempermudah kenaikan berat badan Anda, sehingga sebaiknya Anda batasi konsumsinya saat diet. Sumber karbohidrat ini adalah jenis karbohidrat sederhana.

Karbohidrat sederhana merupakan jenis karbohidrat yang sangat mudah dicerna tubuh. Tubuh tidak butuh waktu lama untuk bisa mencerna karbohidrat ini, sehingga gula darah Anda dapat lebih cepat naik dan cepat turun lagi. Hal ini membuat Anda akan merasakan lebih cepat lapar lagi dan berakibat pada konsumsi makanan yang lebih banyak, mengarah ke kenaikan berat badan. Konsumsi karbohidrat sederhana dalam jumlah berlebih juga berhubungan dengan diabetes mellitus tipe 2.

Contoh dari sumber karbohidrat sederhana adalah:

  •      Gula dan sirup
  •      Minuman manis, minuman bersoda, dan minuman berenergi
  •      Permen

Makanan dan minuman tersebut mengandung kadar gula tinggi dan biasanya hanya mengandung sedikit zat gizi penting, bahkan nol gizi. Sehingga, konsumsi makanan dan minuman tersebut sebaiknya dibatasi. Jika dikonsumsi berlebihan, ini dapat dengan mudah menyebabkan kenaikan berat badan yang mengarah kepada kegemukan.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Makan Nasi dengan Kentang dalam Satu Piring, Apa Efeknya Bagi Kesehatan?

Nasi dan kentang sama-sama tergolong sebagai makanan sumber karbohidrat. Meski lezat dan mengenyangkan, apakah makan nasi dengan kentang baik bagi tubuh?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Fakta Gizi, Nutrisi 16 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Mengulik Serba-serbi Diet South Beach untuk Menurunkan Berat Badan

Hampir serupa dengan diet Atkins, diet south beach menekankan pola makan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan perbanyak protein.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Diet, Nutrisi 9 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Terasa Lega Setelah BAB, Apakah Buang Air Bisa Menurunkan Berat Badan?

Buang air besar (BAB) dapat mengurangi beberapa ratus gram bobot tubuh Anda. Akan tetapi, benarkah BAB menurunkan berat badan secara efektif?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 8 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

11 Manfaat Makan Buah Plum (Psst… Bisa Menurunkan Berat Badan!)

Plum masih satu keluarga dengan buah persik dan aprikot. Ternyata ada banyak manfaat buah plum untuk kesehatan. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Fakta Gizi, Nutrisi 8 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab cepat lapar adalah

7 Penyebab Anda Cepat Lapar dan Cara Mencegahnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
mie instan atau nasi

Mie Instan atau Nasi Putih, Mana yang Lebih Sehat untuk Dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
manfaat kelapa untuk diet

Panduan Menjalankan Diet Kelapa untuk Menurunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 19 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
menurunkan berat badan atlet

Agar Performa Tak Menurun, Ini 5 Tips Sehat Menurunkan Berat Badan Bagi Atlet

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 16 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit