Definisi

Apa itu fungsi paru (tes di rumah)?

Tes fungsi paru-paru di rumah biasanya menggunakan meter aliran puncak atau spirometer rumahan untuk mengawasi dan menilai masalah pernapasan apapun yang mungkin Anda alami dalam kehidupan sehari-hari. Meter aliran puncak mengizinkan Anda mengukur aliran ekspirasi puncak. Spirometer rumahan mengukur volume ekspirasi yang dipaksakan pada 1 detik (FEV1).

Jika Anda terkena penyakit paru-paru seperti asma, dokter mungkin menguji aliran inspirasi puncak (PIF) dan aliran ekspirasi puncak (PEF) untuk mengukur jumlah udara yang Anda hirup dan hembuskan. Ini adalah bagian dari tes fungsi paru-paru yang lebih lengkap.

Kapan saya harus menjalani fungsi paru (tes di rumah)?

Menguji PEF atau FEV1 pada 1 detik dapat membantu untuk:

  • mengukur kerja paru-paru jika Anda mengidap penyakit paru-paru kronis seperti asma
  • memberi panduan pengobatan dan mengawasi efektivitas pengobatan asma. Pengawasan aliran ekspirasi puncak menyediakan informasi untuk membantu orang dengan asma membuat keputusan pengobatan yang lebih baik
  • mengawasi fungsi paru-paru jika Anda selalu terpapar zat-zat tertentu saat kerja yang bisa merusak paru-paru (asma okupasi)
  • mengawasi tanda awal penolakan jika Anda telah menjalani transplantasi paru-paru

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani fungsi paru (tes di rumah)?

PEF paling rendah adalah di awal pagi hari dan paling tinggi di siang hari. Jika Anda mengukur PEF hanya sekali sehari, lakukan pertama di pagi hari sebelum menggunakan obat bronchodilator apapun. Orang dengan asma berselang atau berkelanjutan ringan mungkin tidak perlu memeriksakan PEF setiap hari. Namun, jika gejala makin parah, periksakan aliran ekspirasi puncak sesering mungkin pada periode waktu tertentu mungkin membantu mengendalikan asma.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani fungsi paru (tes di rumah)?

Untuk melakukan tes PEF, Anda memerlukan meter aliran puncak. Meter aliran puncak adalah alat genggam murah di mana Anda harus bernapas sekuat dan secepat mungkin. Baca dan ikuti instruksi yang diberikan bersamaan dengan meter aliran puncak. Tanyakan dokter untuk menunjukkan cara menggunakan alat ini sebelum Anda menggunakannya di dalam rumah. Jika Anda ingin bertanya tentang cara menggunakan meter aliran puncak atau cara membaca hasilnya, bicarakan dengan dokter.

Hindari makan makanan berat selama sekitar 3 jam sebelum melakukan tes PEF. Pastikan duduk tegap atau berdiri untuk membantu Anda bernapas dalam-dalam sebisanya. Gunakan posisi yang sama setiap Anda melakukan tes PEF. Pengawasan aliran puncak tergantung usaha keras Anda. Untuk hasil yang akurat, pastikan berusaha sebaik mungkin setiap waktu.

Bagaimana proses fungsi paru (tes di rumah)?

Sebelum Anda memulai tes PEF, bersihkan mulut dari permen karet atau makanan. Ikuti langkah ini untuk menggunakan meter aliran puncak:

  • atur penunjuk pada alat pengukur meter aliran puncak sampai 0
  • pasang alat pelindung mulut pada meter aliran puncak
  • berdiri atau duduk tegap agar Anda bisa menarik napas dalam-dalan. Apakah Anda berdiri atau duduk tegap, pastikan Anda menggunakan posisi yang sama setiap Anda menguji PEF
  • tarik napas dalam-dalam. Tempatkan meter aliran puncak dalam mulut dan tutup mulut rapat-rapat di sekitar bagian luar alat pelindung mulut. Jangan menaruh lidah di dalam alat pelindung mulut
  • hembuskan napas sekuat dan secepat mungkin seolah-olah Anda sedang marah. Anda tidak perlu menghembuskan napas selama lebih dari 1 detik
  • catat nilai pada alat pengukur
  • atur kembali penunjuk pada alat pengukur sebelum Anda meniupnya lagi
  • tiup dalam meter aliran puncak dua kali lebih banyak. Catat nilainya setiap kali Anda meniup. Jika Anda batuk atau melakukan kesalahan selama tes, ulangi tes lagi
  • setelah Anda telah meniup meter aliran puncak 3 kali, catat nilai tertinggi pada catatan harian

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani fungsi paru (tes di rumah)?

Periksakan diri ke dokter atau baca informasi yang diberikan bersamaan dengan meter aliran puncak untuk menemukan jangkauan yang normal, yang akan beragam tergantung jenis masalah pernapasan Anda. Jika Anda menemukan hasil abnormal dari tes apapun, diskusikan dengan dokter.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

PEF mengukur seberapa cepat Anda menghembuskan napas sekuat mungkin. Spirometer rumahan mengukur volume ekspirasi yang dipaksakan pada 1 detik (FEV1). Hasil tes ini bisa dibandingkan untuk mengawasi perkembangan penyakit atau membantu mengukur respon terhadap perawatan medis untuk penyakit paru-paru kronis seperti asma.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca