Periode Perkembangan

11 Fakta Menakjubkan Tentang Pertumbuhan Janin Dalam Kandungan

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Usia kehamilan sebenarnya mulai dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir sebelum kehamilan terjadi sehingga pada minggu pertama dan kedua, kehamilan belum terjadi. Pembuahan mungkin terjadi pada minggu ke-3 dan berikut adalah fakta tentang pertumbuhan dan perkembangan janin yang mungkin belum Anda ketahui.

Fakta unik tentang perkembangan janin dalam kandungan

1. Janin telah memiliki rambut halus di dalam kandungan

Memang aneh kedengarannya, namun ternyata setiap janin memiliki ‘kumis’ halus. Rambut halus atau disebut juga sebagai lanugo, tumbuh ketika janin berusia 5 minggu dan akan hilang saat janin memasuki minggu ke 7 atau 8. Bahkan untuk beberapa kasus, rambut-rambut ini akan terbawa hingga bayi lahir, namun akan hilang dalam beberapa hari atau minggu kemudian.

2. Tulang yang tumbuh pada janin lebih banyak dibandingkan dengan tulang orang dewasa

Semasa perkembangan janin di dalam kandungan dan setelah lahir, bayi setidaknya memiliki 300 tulang aktif tumbuh. Sedangkan pada orang dewasa, total tulang yang ada di dalam tubuh hanya sebanyak 206 tulang.

3. Jantung pada janin sudah bekerja sejak satu bulan

Rata-rata dibutuhkan waktu sekitar satu bulan setelah pembuahan untuk membuat jantung pada janin bekerja. Jantung pada janin yang berumur satu bulan sudah dapat bekerja seperti jantung orang dewasa, yaitu mengatur sirkulasi darah dalam tubuh.

4. Sudah bisa menangis dan tertawa

Ternyata, bayi sudah bisa menangis sejak dalam kandungan. Hal ini terjadi pada minggu ke-26. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Archives of Disease in Childhood membuktikan bahwa janin pada usia kehamilan minggu ke-26 terlihat menangis. Rekaman video ultrasound menunjukkan bahwa janin menolehkan kepalanya, membuka mulutnya, dan berekspresi seperti orang menangis. Kemudian pada minggu ke-35 juga terlihat beberapa gerakan pada muka, menunjukkan seperti orang sedang tertawa.

Dari penelitian ini disimpulkan bahwa sejak memasuki usia kehamilan minggu ke-26, bayi sudah mulai belajar untuk menggerakkan otot-otot mukanya dengan cara melakukan ekspresi-ekspresi sederhana, seperti menangis dan tertawa.

5. Dapat merasakan makanan yang dimakan ibu

Jika Anda makan malam, maka bayi yang Anda kandung bisa merasakan rasa dari makanan yang Anda makan, seperti rasa bawang putih, jahe, dan rasa manis, yang dirasakan bayi melalui air ketubannya. Peneliti percaya bahwa hal ini baik untuk mempersiapkan dan membangun ‘rasa-rasa’ yang nantinya akan ia rasakan di saat lahir nanti.

6. Membuka mata

Apakah Anda tahu bahwa bayi Anda tidak selalu ‘tidur’? Pada usia kehamilan minggu ke-28, bayi dalam kandungan membuka matanya sesekali, walaupun ia belum dapat melihat apapun. Namun, ia akan mulai beraksi dengan cahaya terang dari luar. Peneliti menyatakan bahwa cahaya yang sangat terang dapat terlihat dan masuk melalui abdomen ibu.

7. Mulai bermimpi

Perkembangan janin di dalam kandungan juga termasuk apa yang terjadi di alam bawah sadarnya, yaitu mimpi. Bermimpi tidak hanya dapat dilakukan ketika anak sudah lahir, bayi yang masih di dalam kandungan ternyata dapat bermimpi. Ketika kehamilan memasuki usia minggu ke-30 diketahui bahwa janin sudah mengalami tidur REM (Rapid Eye Movement) yang merupakan tahapan tidur terjadinya mimpi.

8. Janin buang air kecil di dalam kandungan dan kemudian menelannya kembali

Untuk mengembangkan dan membangun fungsi ginjal pada janin, sejak minggu ke 16, janin ‘menelan’ air ketuban kemudian membuangnya kembali menjadi air ketuban. Bahkan produksi air ketuban, didominasi dari cairan urin yang dikeluarkan oleh janin. Setidaknya janin mengeluarkan cairan urin sebanyak 300 ml/kg berat badan janin/hari. Penurunan produksi urin dari janin, dapat menyebabkan penurunan jumlah air ketuban. Hal ini dapat mengakibatkan oligohidramnion (jumlah air ketuban berkurang) yang kemudian bisa menyebabkan kematian janin hingga 80%.

9. Janin tidak memiliki tempurung lutut

Tempurung lutut tidak tumbuh ketika bayi berada di dalam kandungan, namun akan tumbuh dan terbentuk setelah kelahiran, saat bayi berumur enam bulan.

10. Suka dengan rasa manis

Janin sudah dapat merasakan berbagai rasa ketika memasuki minggu ke -15 usia kelahiran. Saat itu, bayi juga sudah menunjukkan bahwa ia suka dengan rasa manis dengan cara menelan lebih banyak air ketuban ketika rasa manisnya tinggi, dan janin tidak menelan banyak air saat rasa air ketuban pahit.

11. Bisa mencium bau

Janin yang memasuki usia minggu ke-28, ternyata juga bisa mencium bau yang tidak sedap di sekitarnya.

Demikianlah fakta-fakta tentang perkembangan janin di dalam kandungan. Mana yang paling mengejutkan bagi Anda?

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca