Anda sedang hamil? Ayo ikut komunitas Ibu Hamil kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Bu, Janin Bisa Melakukan Banyak Aktivitas di Dalam Kandungan, lho!

Bu, Janin Bisa Melakukan Banyak Aktivitas di Dalam Kandungan, lho!

Aktivitas janin dalam kandungan memang membuat ibu penasaran. Meskipun Anda mungkin sudah sering menengok kondisi si kecil melalui pemeriksaan USG kandungan, tetap saja banyak hal yang membuat Anda ingin tahu. Daripada penasaran, yuk, intip fakta menarik tentang bayi dalam kandungan melalui artikel berikut!

Apa saja aktivitas janin dalam kandungan?

ciri ciri janin sehat

Sejak masa kehamilan dimulai, janin akan terus berkembang dalam kandungan. Nah, apa saja sih yang sudah janin lakukan dalam perut ibu? Berikut di antaranya.

1. Jantungnya berdetak

Bukannya setelah lahir, ternyata jantung si kecil sudah berdetak sejak masih dalam kandungan, lho! Ini biasanya mulai terjadi sejak usia kehamilan 3 minggu.

Bahkan menurut situs March or Life, kalau kita menghitungnya, detak jantung bayi sejak mulai berdetak hingga dilahirkan mencapai 54 juta kali.

2. Membuka dan menutup mulut dan mata

Pada kehamilan minggu ke 9, janin sudah bisa membuka dan menutup mulutnya. Ini merupakan gerakan refleks yang ia lakukan setiap mendapatkan stimulus.

Gerakan ini dipersiapkan sejak dalam kandungan agar bisa langsung menyusui begitu ia lahir.

Selain membuka dan menutup mulut, ia sudah bisa membuka dan menutup matanya.

3. Sering menguap

Tak hanya membuka dan menutup mulut, janin juga sering kali menguap. Aktivitas ini mulai janin lakukan saat usia kandungan 9 minggu.

Kemudian semakin sering saat memasuki usia kandungan 13 minggu. Biasanya, janin menguap sebanyak 1 – 3 kali per jam.

Pada masa ini pula, pita suara janin juga mulai terbentuk dan ia sudah mulai menghisap jempolnya, lucu ya?

4. Suka tidur

Di usia kehamilan trimester ketiga, bayi memang akan sering bergerak. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata janin dalam kandungan lebih sering tidur daripada terbangun?

Menurut studi yang diterbitkan oleh International Journal of Biological Sciences, pada masa tersebut, 95% aktivitas janin dalam kandungan adalah tidur.

Meski begitu, setiap janin mungkin memiliki pola tidur yang berbeda-beda. Hal ini tergantung perkembangannya dan kondisi dari luar yang memengaruhi tidurnya.

5. Bermimpi

Tidak hanya tertidur, ternyata janin dalam kandungan sudah bisa bermimpi, lho! Meskipun tentunya kita tidak tahu ia bermimpi tentang apa.

Para peneliti dari National University of Mexico menyatakan bahwa seseorang bermimpi saat memasuki kondisi REM (rapid eye movement) saat tidur. Hal ini ternyata sudah mulai dilakukan sejak dalam kandungan.

Meski begitu, aktivitas janin dalam kandungan yang satu ini masih terus diteliti karena ada perbedaan pendapat di kalangan para ahli.

6. Mendengarkan suara

Koklea adalah bagian telinga yang menangkap suara ternyata sudah mulai berfungsi sejak dalam kandungan usia 20 minggu.

Nah, pada masa itu, ia sudah bisa merasakan getaran dari luar. Dengan kata lain, janin sudah bisa mendengar sejak dalam kandungan.

Meskipun suara-suara tersebut dapat teredam oleh cairan ketuban dan lapisan perut ibu, tetapi si kecil ternyata bisa mendengarnya dengan cukup jelas.

Misalnya suara seseorang yang berbicara, suara musik, dan sebagainya. Lebih dari itu, ia bahkan bisa membedakan jenis suara yang satu dengan lainnya, hebat ya!

7. Ikut merasakan makanan ibu

Bukan hanya mengambil nutrisinya, tapi ternyata si kecil juga bisa merasakan apa rasa makan yang ibu makan.

Pasalnya, zat makanan tertentu dapat memengaruhi rasa cairan ketuban yang ada di sekeliling janin sehingga ia bisa terasa manis atau pahit.

Bahkan kabarnya, janin bisa mengingat rasa makanan yang pernah ia coba dan sudah punya seleranya sendiri. Wah, ini salah satu aktivitas janin dalam kandungan yang sangat unik, ya!

8. Tersenyum dan menyentuh wajah

Aktivitas janin dalam kandungan yang menarik lainnya adalah ia sudah bisa menunjukkan ekspresi wajah seperti tersenyum atau cemberut.

Beberapa orangtua mungkin pernah mendapati ekspresi ini saat melakukan USG 3 dimensi atau 4 dimensi.

Namun, bukan berarti si kecil sedang sedih atau gembira, ya. Ekspresi ini hanyalah gerakan refleks yang terjadi tanpa ia sengaja.

Selain membentuk ekspresi wajah, ia juga sudah bisa menyentuh wajahnya dengan tangan tanpa sadar.

9. Bergerak atau menendang

Janin mulai bergerak dalam kandungan pada minggu ke-9 kehamilan, yaitu gerakan refleks seperti membuka mulut, menguap, dan menghisap.

Adapun gerakan yang disengaja pertama kali terjadi sekitar minggu ke-16. Meski begitu, Anda mungkin baru akan merasakan aktivitas janin bergerak dalam kandungan pada minggu ke 20.

Saat Anda sudah mulai merasakan gerakan tersebut, cobalah menghitung tendangan janin secara rutin ya.

Cara ini dapat membantu untuk memastikan si kecil tetap aktif dan sehat. Jangan ragu untuk konsultasi ke dokter jika Anda merasakan gerakan janin Anda berkurang.

penyebab janin tidak bergerak

10. Cegukan

Pada kehamilan trimester ketiga, bisa jadi Anda merasakan gerakan janin menyentak berulang-ulang. Nah, kemungkinan ia sedang mengalami cegukan.

Mengutip situs Southwestern Medical Center, hal ini wajar terjadi dan ibu tidak perlu khawatir.

Hal yang perlu ibu perhatikan adalah bila janin berhenti bergerak atau lebih jarang bergerak daripada biasanya.

health-tool-icon

Penambahan Berat Badan Kehamilan

Perhitungan ini dapat digunakan untuk perempuan yang ingin melihat kisaran kenaikan berat badan yang sehat selama kehamilan berdasarkan berat badan mereka sebelum hamil.

28


Punya cerita soal kehamilan?

Ayo gabung dengan komunitas Ibu Hamil Hello Sehat dan temukan berbagai cerita menarik seputar kehamilan.


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Encyclopedia, M., & development, F. Fetal development: MedlinePlus Medical Encyclopedia. Retrieved 14 December 2021, from https://medlineplus.gov/ency/article/002398.htm

20 Amazing facts about babies in utero. Retrieved 14 December 2021, from https://aleteia.org/2017/09/04/20-amazing-facts-about-babies-in-utero/

5 AMAZING FACTS ABOUT FETAL DEVELOPMENT. (2017). Retrieved 14 December 2021, from https://marchforlife.org/5-facts-fetal-development/

Christos, G. (1995). Infant dreaming and fetal memory: A possible explanation of sudden infant death syndrome. Medical Hypotheses, 44(4), 243-250. doi: 10.1016/0306-9877(95)90172-8

Suwanrath, C., & Suntharasaj, T. (2009). Sleep–wake cycles in normal fetuses. Archives Of Gynecology And Obstetrics, 281(3), 449-454. doi: 10.1007/s00404-009-1111-3

Poblano, A., Haro, R., & Arteaga, C. (2008). Neurophysiologic Measurement of Continuity in the Sleep of Fetuses during the Last Week of Pregnancy and in Newborns. International Journal Of Biological Sciences, 23-28. doi: 10.7150/ijbs.4.23

Fetal Movement Counting | Children’s Hospital of Philadelphia. Retrieved 14 December 2021, from https://www.chop.edu/conditions-diseases/fetal-movement-counting

Baby movements in pregnancy. (2018). Retrieved 14 December 2021, from https://www.tommys.org/pregnancy-information/pregnancy-symptom-checker/baby-fetal-movements

Fetal hiccups won’t harm your baby – they’re totally normal! | Your Pregnancy Matters | UT Southwestern Medical Center. (2021). Retrieved 14 December 2021, from https://utswmed.org/medblog/fetal-hiccups-pregnancy/

Paglia, L. (2019). Taste development and prenatal prevention. Retrieved 14 December 2021, from https://www.ejpd.eu/pdf/EJPD_2019_20_4_1.pdf

Baby’s Palate And Food Memories Shaped Before Birth. (2011). Retrieved 14 December 2021, from https://www.npr.org/podcasts-and-shows/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Indah Fitrah Yani Diperbarui 22/12/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Amanda Rumondang Sp.OG