Mencegah Bayi Lahir Prematur Jika Ibu Pernah Melahirkan Prematur Sebelumnya

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Ada yang beranggapan bahwa ibu yang pernah melahirkan bayi prematur, akan mengalami kelahiran prematur lagi pada kehamilan berikutnya. Ya, memang benar kelahiran prematur bisa dipicu oleh riwayat melahirkan bayi prematur ketika kehamilan sebelumnya.

Lalu bagaimana ibu yang pernah melahirkan bayi prematur dan ingin memiliki anak lagi? Apakah sudah pasti bayi yang lahir di kehamilan selanjutnya akan lahir prematur juga? Apakah tidak bisa dicegah?

Ibu yang melahirkan bayi prematur berisiko mengalami kelahiran prematur pada kehamilan selanjutnya

Kelahiran prematur adalah faktor risiko terbesar yang dapat menyebabkan seorang ibu memiliki bayi prematur di kehamilan yang selanjutnya. Risiko ini akan terus meningkat ketika seorang ibu pernah mengalami lebih dari satu kelahiran prematur. Dalam sebuah penelitian dilaporkan bahwa risiko melahirkan prematur meningkat 15% jika ibu memiliki satu bayi prematur.

Lalu, risiko kembali meningkat hingga 40% apabila sang ibu mempunyai dua bayi prematur. Sedangkan bila ada tiga bayi prematur yang dimiliki, maka risiko melahirkan prematur di persalinan berikutnya meningkat sampai 70%.

Namun semua risiko tersebut hanya terjadi pada ibu yang pernah mempunyai riwayat persalinan prematur secara spontan, bukan akibat diinduksi atau disengaja untuk melahirkan bayi prematur.

Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah kelahiran prematur pada ibu yang berisiko tinggi?

Jangan putus asa dulu jika Anda pernah memiliki riwayat kelahiran prematur. Walaupun kelahiran prematur yang sebelumnya adalah faktor risiko yang tertinggi namun bukan tidak mungkin Anda memiliki bayi yang sehat dan normal di kehamilan berikutnya.

Ini adalah hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko kelahiran prematur di kehamilan berikutnya:

  • Jarak hamil harus diperhatikan. Kehamilan yang Anda rencanakan selanjutnya, lebih baik memiliki jarak 18 bulan setelah kelahiran prematur yang terjadi sebelumnya. Semakin dekat jarak kehamilan kedua setelah kelahiran prematur hanya akan meningkatkan risiko untuk Anda memiliki bayi prematur lagi.
  • Hindari kebiasaan merokok. Merokok membuat risiko lahir prematur lebih tinggi, sehingga berhentilah merokok jika Anda ingin bayi Anda kelak lahir dengan normal.
  • Hati-hati dengan penyakit infeksi yang mungkin terjadi selama masa kehamilan. Penyakit infeksi ini dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur. Apabila Anda mengalami penyakit infeksi saat masa kehamilan, sebaiknya Anda segera pergi ke dokter untuk ditangani dengan cepat.
  • Hindari diet yo-yo. Diet yo-yo adalah diet yang tidak sehat sebab diet ini bukannya menurunkan berat badan Anda, malah membuat timbangan berat badan Anda naik hingga beberapa kali lipat. Mungkin pada awalnya Anda ingin menurunkan berat badan setelah kelahiran sang bayi. Namun diet yang Anda lakukan tidak sehat dan hanya membuat tubuh Anda semakin lapar. Ketika Anda selesai dari diet, memang berat badan Anda akan menurun, tetapi tubuh Anda yang kelaparan tersebut akan memberikan respon agar Anda makan dengan porsi yang sangat banyak atau bisa dibilang ‘balas dendam’. Sehingga, berat badan Anda justru naik akibat ‘balas dendam’ yang dilakukan oleh tubuh Anda.
  • Mengendalikan berbagai kondisi kesehatan lainnya. Penyakit kronis seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyakit ginjal juga dapat menyebabkan bayi Anda lahir prematur. Jika memang Anda merencanakan untuk hamil kembali dan memiliki riwayat penyakit tersebut, maka sebaiknya diskusikanlah hal ini pada dokter Anda.

Baca Juga:

Sumber
Pantau Perkembangan Janin Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan janin dalam kandungan.
Error message goes here
Pantau Bayi Saya
Tak tahu kapan akan melahirkan? Hitung di sini! *Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anda hamil [num] minggu! Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Kapan hari pertama menstruasi terakhir Anda?
Hitung!
Error message goes here
Anda hamil [num] minggu! Perkiraan Melahirkan: [num] Dapatkan info setiap hari, sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda dan bayi.
Error message goes here
Pantau sekarang!
Hitung ulang!
Yang juga perlu Anda baca