7 Alat Olahraga yang Wajib Anda Punya di Rumah

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Banyak orang yang malas berolahraga karena malas harus bolak-balik nge-gym. Mungkin ada juga yang keburu jiper duluan melihat alat-alat olahraga canggih yang terkesan mengintimidasi dan sulit digunakan. Sebenarnya olahraga tidak perlu ribet. Anda bisa mulai olahraga di rumah, misalnya dengan situp yang hanya bermodal niat atau yoga yang hanya bermodalkan matras foam. Untuk memvariasikan rejime olahraga Anda, tidak ada salahnya juga untuk sedikit berinvestasi dengan beberapa alat olahraga sederhana dan tidak buang tempat di rumah. Apa saja itu?

Alat olahraga di rumah yang wajib Anda punya

Sejumlah alat ini adalah investasi yang baik untuk mulai olahraga di rumah. Selain kegunaannya yang banyak, alat-alat ini bentuknya juga ringkas, mudah disimpan, dan bahkan bisa dibawa kemana pun.

1. Resistance band

Resistance band adalah seutas tali karet elastis yang digunakan untuk melatih kekuatan dan ketahanan otot. Tingkat elastisitas resistance band bermacam-macam, mulai dari rendah ke tinggi. Semakin tinggi elastisitasnya, semakin sulit tali tersebut dibentangkan sehingga otot Anda harus bekerja ekstra untuk melawannya. Bentuknya pun macam-macam. Ada yang benar-benar seperti seutas tali karet, ada yang memiliki pegangan di kedua ujungnya, ada pula yang berbentuk lingkaran.

Macam-macam resistance bands

Ada banyak cara menggunakan resistance band. Yang paling umum adalah dengan menarik kedua ujungnya ke arah berlawanan. Bisa juga dengan menginjak salah satu ujung untuk kemudian menarik ujung lainnya ke atas setinggi mungkin. Latihan squat rutin Anda juga bisa dimodifikasi dengan bantuan si karet elastis ini.

Cobalah lakukan 8-25 pengulangan (repetisi) untuk 2 sampai 3 set per latihan

2. Tali skipping

Lompat tali alias skipping adalah cara olahraga di rumah yang murah meriah untuk meningkatkan kebugaran jantung dan paru, sekaligus melatih kekuatan otot kaki. Skipping juga baik sebagai alternatif kardio untuk membakar lemak jika Anda tidak suka berlari.

Pada awalnya lakukanlah lompatan secara terus-menerus selama 30 detik, atau setara dengan 50 kali lompatan. Ulangi untuk tiga sampai empat set, istirahatlah selama 30 sampai 90 detik di sela-sela set. Secara bertahap. tingkatkan durasi lompat tali Anda menjadi 60 detik menjadi 90 detik.

Lakukan lompat tali tiga sampai empat kali dalam seminggu secara tidak berurutan. Misalnya hari ini Anda lompat tali, tapi besoknya tidak.

(Soure www.shutterstock.com)

3. Foam roller

Foam roller adalah gulungan busa empuk yang digunakan untuk melemaskan otot-otot yang terasa kaku dan kencang sehabis olahraga berat. Foam roller juga bisa digunakan sebelum Anda berolahraga guna mencegah cedera. Foam roller juga bisa menjadi alat bantu olahraga selama yoga untuk melatih dan menguatkan keseimbangan tubuh. Manfaat lainnya dari foam roller adalah untuk menghilangkan selulit di tubuh.

(Source www.shutterstock.com)

4. Matras yoga

Matras yoga merupakan salah satu alat olahraga penting bagi Anda yang rutin yoga atau meditasi. Matras yoga berfungsi untuk menjaga pijakan Anda tetap mantap selama melakukan manuver-manuver yoga, sekaligus melindungi tubuh Anda dari benturan ketika jatuh tergelincir. Selain itu Anda juga lebih nyaman berlama-lama ketika melakukan yoga menggunakan matras.

(Soure www.shutterstock.com)

5. Dumbell

Dumbell adalah versi mini dari alat angkat beban di gym. Bobot dumbell itu sendiri pun bervariasi, dari yang sangat ringan (0,5 kg) hingga berat (10 kg). Dumbell bisa membantu Anda membentuk otot lengan dan bahu. Dumbell juga bisa diikutsertakan saat Anda melakukan sit up, bench press, hingga squat utuk memaksimalkan sesi olahraga Anda.

6. Ketel

Ketel merupakan alat olahraga berbentuk bola beban yang memiliki pegangan di atasnya. Biasanya digunakan dengan cara diangkat, seperti angkat beban, atau diayunkan. Maka, ketel cocok untuk melatih dan meguatkan otot bagian tubuh atas, termasuk otot inti tubuh. Meski begitu, Anda juga bisa memodifikasi sesi plank, squat, hingga pushup Anda dengan menggunakan alat ini guna membantu menguatkan bagian tubuh bawah, seperti bokong, paha, dan betis.

(Source www.shutterstock.com)

7. Bola fitness

Bola fitnes ini merupakan salah satu alat olahraga di rumah yang bisa digunakan untuk segala umur. Selain untuk olahraga, banyak juga ibu hamil atau orang dengan beberapa kondisi tertentu menggunakan bola ini untuk ini untuk kesehatan tubuhnya. Bola fitnes ini umumnya baik untuk latihan kardio, kekuatan, keseimbangan, postur, dan fleksibilitas tubuh.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda memiliki bintik atau bercak putih di puting susu atau sekitarnya? Tak usah khawatir, kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Payudara Terasa Sakit, Apa Penyebabnya Selalu Kanker?

Penyebab payudara sakit kerap dikaitkan dengan kanker. Namun, apakah anggapan itu benar? Bagaimana penjelasan lengkapnya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kanker Payudara, Kanker 14 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit