5 Tips Mengatur Jadwal Olahraga Rutin Meski Anda Sibuk Tiap Hari

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Meski di tengah sibuknya pekerjaan, penting untuk Anda mengatur jadwal olahraga rutin. Deadline kantor memang membuat Anda mudah stres, kabar baiknya olahraga bisa jadi solusi yang tepat untuk menyegarkan pikiran. Bagi Anda yang ingin mencari cara untuk tetap berolahraga, simak manfaat, dan tipsnya berikut ini.

Manfaat olahraga di tengah kesibukan

Meski sibuk bekerja seharian dan baru pulang di malam hari, sebisa mungkin luangkanlah sedikit waktu Anda untuk berolahraga. Olahraga ibarat pelepas stres karena efeknya mampu mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

Saat berolahraga, terjadi peningkatan produksi hormon endorfin yang mampu mengurangi rasa cemas dan stres, sehingga efeknya membuat Anda lebih rileks dan bahagia.

Hal ini tentu amat bermanfaat bagi Anda, bukan? Terlebih jika Anda sering kali bekerja di bawah tekanan.

Cara mengatur jadwal olahraga di tengah kesibukan

Meski telah mengetahui manfaat berolahraga, sekalipun di tengah kesibukan, terkadang tetap saja sulit menyisihkan waktu untuk melakukan kegiatan yang satu ini.

Namun, jangan khawatir. Masih sangat mungkin untuk menjadwalkan olahraga rutin di tengah kesibukan Anda setiap harinya. Selain mengumpulkan niat, Anda tentunya perlu melakukan beberapa tips berikut untuk mengatur jadwal olahraga.

1. Mengubah gaya hidup Anda

Tips pertama ini merupakan langkah awal yang harus Anda lakukan sebelum mengatur jadwal rutin untuk olahraga. Ya, mengubah gaya hidup agar rencana olahraga bisa berjalan dengan baik.

Anda tentu membutuhkan energi yang cukup untuk melakukan berbagai kesibukan dan olahraga. Itu sebabnya, Anda perlu memiliki waktu tidur yang teratur, setidaknya 8 jam setiap hari.

Cobalah untuk tidur di waktu yang sama setiap harinya. Selain itu, kurangilah asupan kafein agar tubuh tetap bugar ketika bangun di pagi hari.

Menanamkan pikiran positif untuk dapat berolahraga juga bisa membantu meningkatkan motivasi Anda untuk rutin menjalankan kegiatan ini.

Dengan begitu, Anda lebih siap untuk mengatur jadwal olahraga di tengah kesibukan, baik di pagi hari, di sela-sela jam kerja, maupun di malam hari.

2. Menggunakan aplikasi olahraga

Siasat pintar mengatur jadwal olahraga di tengah kesibukan adalah dengan mengunduh aplikasi olahraga. Cara ini dapat dilakukan untuk mencatat dan memantau keberhasilan Anda berolahraga.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2015 menunjukkan bahwa aplikasi olahraga dapat menarik minat olahraga, sehingga seseorang dapat meningkatkan kemampuan olahraganya melalui fitur-fitur yang tersedia.

Bahkan aplikasi olahraga yang ada kini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan Anda berolahraga. Anda bisa menentukan lokasi yang tepat beserta jadwal yang sesuai untuk Anda. Anda juga bisa memilih pelatih pribadi dengan mudah lewat aplikasi.

3. Ikut kelas olahraga

Bagi Anda yang lebih memilih olahraga di malam hari, cobalah untuk mengikuti kelas olahraga. Setidaknya cara ini membantu Anda berkomitmen dalam mengatur jadwal olahraga di tengah kesibukan.

Olahraga setelah bekerja pasti menjadi waktu yang tepat untuk melepaskan stres setelah melalui berbagai kesibukan di hari itu.

Ketika tergabung dalam kelas olahraga, seseorang akan lebih termotivasi untuk berolahraga, misalnya dengan mengikuti kelas zumba.

Zumba melibatkan pergerakan seluruh anggota tubuh mulai dari bahu hingga kaki. Irama musik dan atmosfer enerjik di kelas zumba ampuh membuat Anda jadi lebih semangat berolahraga.

Selain itu, rutin melakukan zumba juga dapat menstabilkan tekanan darah dan peredaran darah ke jantung.

Tak hanya zumba, olahraga lain seperti yoga dan kickboxing juga bermanfaat bagi kebugaran tubuh Anda. Pilihlah olahraga yang paling sesuai dan Anda senangi sehingga akan membuat Anda lebih bersemangat mengikutinya.

4. Sediakan waktu olahraga di mana saja

Selalu ada cara untuk mengatur jadwal olahraga, meskipun waktu Anda dipadati dengan kesibukan. Salah satunya membiasakan diri untuk berjalan kaki di mana saja.

Anda bisa melakukan olahraga sederhana ini ketika hendak pergi-pulang kantor atau sedang berada di kantor. Misalnya, Anda bisa menggunakan transportasi publik dan berjalan dari stasiun atau halte bus ke kantor. Bila memungkinkan, Anda bisa menggunakan tangga ketimbang pakai lift.

Berjalan kaki 30 menit sehari dapat menurunkan lemak tubuh dan meningkatkan kekuatan otot Anda. Manfaat tambahan dari jalan kaki di antaranya menurunkan risiko gangguan jantung, stroke, dan memperkuat tulang.

5. Olahraga di rumah sambil menonton televisi

Tidak harus pergi ke gym, Anda bisa melakukan olahraga di rumah, misalnya melakukan lunges sambil menonton televisi.

Caranya pun cukup mudah. Pertama-tama, lebarkanlah kaki kanan ke depan dan kaki kiri ke belakang. Tekuk lutut kiri hingga menyentuh lantai dan tekuk kaki kanan hingga membentuk sudut 90 derajat. Lakukan 10 kali dalam 3 set, secara bergantian.

Setelahnya Anda bisa melakukan 20 kali push up 3 set, squats 20 kali dalam 3 set, maupun angkat barbel 3 set dalam 12 kali pengulangan.

Dengan begitu, Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam dan menghabiskan waktu di jalan hanya untuk Anda berolahraga. Anda juga bisa memasang alarm pada ponsel sebagai pengingat.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Langkah Membentuk Perut Six Pack

Membentuk otot perut supaya kencang memang tak mudah, tapi juga bukan tak mungkin. Berikut ini cara-cara membentuk perut six pack.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Latihan Kekuatan Otot, Kebugaran 9 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Turun Berat Badan Hanya dengan Jalan Kaki? Ini Rahasianya

Ingin menurunkan berat badan tapi tak suka olahraga yang berat? Tenang, jalan kaki bisa membantu menurunkan berat badan. Ini tipsnya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Olahraga Kardio, Kebugaran 3 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Jenis Olahraga yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Menstruasi

Rutin olahraga saat menstruasi dapat meredakan berbagai gejala PMS yang menyengsarakan. Tapi tak semua olahraga baik dilakukan saat sedang haid.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Kesehatan Wanita, Menstruasi 1 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Antara Lari dan Plank, Mana yang Paling Banyak Bakar Kalori?

Baik olahraga lari dan plank sama-sama bisa membakar kalori. Namun, mana yang bisa bakar kalori lebih banyak?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Olahraga Kardio, Kebugaran 29 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tips pendinginan setelah lari

6 Jenis Pendinginan yang Wajib Dilakukan Setelah Lari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
manfaat yoga untuk kesehatan

Mengenal Jenis-Jenis Yoga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fitriana Deswika
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
olahraga saat musim hujan

7 Tips Aman Berolahraga saat Musim Hujan yang Dingin dan Berangin

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 23 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
otot kekar pada wanita

Apakah Sehat Jika Wanita Berotot Kekar Bak Pria Binaragawan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 15 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit