home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

4 Cara Paling Efektif untuk Membakar Lemak Tubuh

4 Cara Paling Efektif untuk Membakar Lemak Tubuh

Lemak berlebihan memang membuat penampilan jadi tidak ideal. Biasanya bagian perut, paha, dan lengan menjadi langganan tumpukan lemak di sekitar tubuh. Sayangnya menghilangkan atau membakar lemak tidak semudah membalikkan telapak tangan. Walaupun Anda sudah minum ramuan, jamu, atau obat yang diklaim bisa membakar lemak, tidak serta merta lemak bisa luntur begitu saja. Lalu bagaimana cara membakar lemak yang efektif tapi terasa hasilnya? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Cara membakar lemak dan kalori ditubuh

1. Olahraga

Christopher Wharton, Ph.D., seorang peneliti dari Rudd Centre for Food Policy and Obesity, Yale University, mengatakan bahwa olahraga adalah cara ampuh untuk membakar lemak. Semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk berolahraga dan latihan yang lebih kuat, semakin banyak lemak yang akan terbakar.

Dikutip dari Health, untuk membakar lemak secara maksimal cobalah memulai hari dengan berolahraga. Latihan di pagi hari nyatanya bisa menurunkan persentase lemak tubuh 20 persen lebih banyak, menurut studi dari British Journal of Nutrition.

Anda bisa mencoba berolahraga di pagi hari dengan latihan sederhana seperti squat atau lunges. Luangkan waktu juga sekitar 10 menit tiap pagi untuk mendapatkan hasil yang mantap dan maksimal.

2. Tambah asupan protein

Umumnya, tubuh membutuhkan protein lebih banyak ntuk mempertahankan fungsi otot tanpa lemak. Dalam artikel tahun 2006 di American Journal of Clinical Nutrition, para periset berpendapat bahwa asupan protein harian yang disarankan saat ini, 0,36 gram per per 0,5 kilogram berat badan.

Untuk memenuhi kebutuhan protein sembari membuang lemak berlebih, Anda bisa mengakalinya dengan beberapa hal. Cobalah untuk menambahkan seperti 3 ons daging tanpa lemak, dua sendok kacang-kacangan, serta 8 ons yogurt rendah lemak. Semua tambahan makanan tersebut mengandung protein tinggi yang bisa membakar kalori sehabis makan sebanyak 35 persen.

3. Coba bergerak lebih banyak

Bergerak dan beraktivitas fisik merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan saat Anda punya tujuan membakar lemak di tubuh dan mengecilkan lingkar pinggang.

Periset University of Missouri menemukan bahwa malas gerak selama 4 jam atau lebih, dapat menyebabkan penutupan dekat enzim yang mengendalikan metabolisme lemak dan kolesterol. Untuk menjaga agar enzim ini tetap aktif dan meningkatkan pembakaran lemak Anda, cobalah untuk bergerak, berjalan, dan menggerakan tubuh Anda secara maksimal sehari-hari.

4. Coba minum minuman berkafein

Kafein adalah stimulan, dan stimulan cenderung meningkatkan kalori dan lemak yang ingin Anda bakar. Instannya, kafein bisa membuat Anda berenergi, walau semenetara. Namun, ini juga bisa menjadi salah satu cara baik untuk membuat tubuh bergerak lebih banyak. Kafein juga bisa menyebabkan perubahan metabolik dalam tubuh sehingga bisa mengakibatkan lebih banyak kalori dan sisa lemak yang terbakar.

Akan tetapi, kafein belum tentu aman bagi semua orang. Dosisnya pun tidak boleh berlebihan. Karena itu, konsultasikan dulu dengan dokter atau trainer Anda sebelum minum kafein untuk membakar kalori.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

8 Ways to Burn Calories and Fight Fat. http://www.webmd.com/diet/obesity/features/8-ways-to-burn-calories-and-fight-fat#1. Accessed 29/05/2017.

15 Easy Ways to Burn More Fat. http://www.womenshealthmag.com/food/boost-metabolism. Accessed 29/05/2017.

The Top Fat-Burning Foods. http://www.health.com/health/gallery/0,,20553780,00.html. Accessed 29/05/2017.

12 Ways to Burn Fat Without Setting Foot In the Gym. http://www.health.com/weight-loss/best-way-burn-fat#start-day-exercise-morning-workout Diakses pada 22 Februari 2018.

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 02/07/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus