Pilihan Cara Menghilangkan Selulit yang Mengganggu

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Selulit adalah masalah kulit yang umum terjadi pada kebanyakan orang. Kondisi ini dahulu sulit diatasi, tetapi berkat kemajuan teknologi saat ini selulit lebih mudah diatasi. Lantas, bagaimana cara menghilangkan selulit agar tidak lagi mengganggu penampilan?

Cara menghilangkan selulit

mengatasi selulit menghilangkan selulit secara alami

Selulit adalah kondisi permukaan kulit yang menjadi bergelombang dan tidak rata. Kondisi yang sering disamakan dengan stretch mark ini biasanya terjadi pada bagian kulit yang memiliki lemak berlebih, seperti paha, pantat, dan perut. 

Meski begitu, selulit tidak disebabkan oleh lemak. Ada beragam hal yang menjadi penyebab selulit dan semuanya tergantung pada struktur kulit di atas lemak. 

Selain itu, struktur jaringan ikat di bawah lemak pun juga menentukan, apakah daerah tersebut memiliki penampilan yang halus atau bergelombang.

Nah, berikut ini berbagai cara menghilangkan selulit yang bisa Anda lakukan. 

1. Terapi laser

Cara menghilangkan selulit yang sering digunakan adalah terapi laser. Prosedur yang juga disebut sebagai Cellulaze ini memanfaatkan probe laser yang diarahkan ke bawah kulit yang telah disayat. 

Sinar laser tersebut nantinya memecah jaringan ikat di bawah kulit yang merupakan penyebab selulit. Terapi ini juga membantu menebalkan kulit. Pasalnya, kulit yang menipis sering membuat selulit terbentuk. Penebalan kulit membantu mengurangi kemunculan selulit. 

Terapi laser memang dapat mengurangi selulit dan hasilnya dapat bertahan hingga satu tahun atau lebih. Meski begitu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat dan efek samping dari cara penghilang selulit yang satu ini. 

2. Terapi gelombang akustik 

cara menghilangkan selulit

Selain memanfaatkan laser, ada terapi gelombang akustik (acoustic wave therapy) yang dapat mengatasi selulit. 

Pada saat terapi ini dilakukan, dokter kulit atau ahli kecantikan akan mengoleskan gel pada kulit yang mengalami selulit. Setelah itu, mereka akan menggunakan transduser sebagai alat untuk mengirimkan gelombang suara ke tubuh untuk memecah selulit.

Metode ini mungkin memerlukan beberapa sesi sebelum jumlah selulit benar-benar terlihat berkurang. 

3. Subcision

Cara menghilangkan selulit yang satu ini umumnya akan menggunakan jarum untuk dimasukkan tepat di bawah kulit yang mengalami selulit. Hal ini bertujuan untuk memutuskan pita keras di bawah kulit yang menjadi penyebab selulit. 

Anda tidak perlu khawatir karena selama prosedur berlangsung dokter akan memberikan obat bius lokal. Meski cukup efektif mengurangi jumlah selulit, subcision berisiko menimbulkan efek samping pada area selulit, yakni: 

  • edema (pembengkakan),
  • rasa nyeri, dan 
  • tampak memar.

4. Cryolipolysis

Cryolipolysis (Coolsculpting) adalah cara menghilangkan selulit dengan menggunakan suhu dingin untuk memecah sel lemak. Hal ini dikarenakan sel lemak cukup rentan terhadap suhu dingin, tidak seperti jenis sel lainnya. 

Jika sel lemak membeku, kulit dan struktur lainnya pun akan terhindar dari cedera. Setelah itu, sel lemak yang menyebabkan selulit akan berkurang dalam waktu 4 – 6 bulan. Itu sebabnya, jumlah selulit pun ikut berkurang meskipun tidak hilang sepenuhnya.

5. Krim dan losion tertentu

Dilansir dari American Academy of Dermatology, krim dan losion yang mengandung kafein dapat menjadi cara menghilangkan selulit. Pasalnya, produk yang mengandung kafein dapat mengeringkan sel yang membuat selulit tidak terlalu terlihat. 

Meski begitu, Anda harus menggunakan krim setiap hari sesuai aturan agar hasilnya konsisten. 

Selain kafein, krim yang mengandung 0,3% retinol mungkin juga memiliki efek yang tidak jauh berbeda. Beberapa wanita yang pernah menggunakannya melaporkan bahwa jumlah selulit pada kulitnya sedikit berkurang. 

Hal ini mungkin dikarekanan retinol membantu menebalkan kulit, sehingga jumlah selulit pun berkurang. 

Bila Anda tertarik menggunakan krim atau losion penghilang selulit, sebaiknya uji pada area kecil dahulu. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah kulit mengalami reaksi alergi atau tidak ketika dioleskan krim tersebut. 

6. Pola hidup yang sehat

Tidak hanya perawatan dari dokter, cara menghilangkan selulit pun harus didukung dengan pola hidup sehat. 

Gaya hidup yang sehat memang tidak dapat menghilangkan sepenuhnya, tetapi setidaknya mengurangi tampilan selulit. Berikut ini cara mengurangi jumlah selulit dengan menjalani gaya hidup yang sehat. 

Olahraga

Kombinasi diet dan olahraga menjadi salah satu cara mengurangi lapisan lemak di bawah kulit. Dengan begitu, selulit menjadi tidak begitu terlihat. Begini, olahraga membantu menjaga kadar lemak tetap rendah dan meningkatkan sirkulasi darah. 

Nah, peningkatan sirkulasi darah akan menjaga kesehatan kulit dan jaringan ikat, serta membantu mengurangi limbah dan retensi cairan berlebih. 

Pola makan sehat

Bila olahraga membantu meningkatkan sirkulasi darah, pola makan yang sehat membantu mengurangi lapisan lemak di bawah kulit. Dengan begitu, selulit pun menjadi tidak begitu terlihat. 

Diet yang sehat juga membuat kulit dan jaringan ikat tetap kuat, sehat, dan lebih kenyal. Selain itu, minum air putih yang cukup juga membantu mencegah terjadinya penumpukan cairan yang dapat memperparah tampilan selulit

Sebelum menjalani perawatan untuk mengurangi selulit, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Pasalnya, hasil akan bergantung pada keterampilan dan pengalaman dokter atau ahli kulit yang merawat Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Was this article helpful for you ?
Sumber

Artikel dari ahli Morteza Tafakory

Pilihan Cara Menghilangkan Selulit yang Mengganggu

Banyak yang menyangka penyebab selulit adalah tumpukan lemak di tubuh, namun ini ternyata kurang tepat. Lalu, bagaimana cara menghilangkan selulit?

Ditulis oleh: Morteza Tafakory
cara menghilangkan selulit

Gerakan Ampuh untuk Menghilangkan Nyeri di 10 Bagian Tubuh

Melakukan suatu aktivitas mungkin dapat menimbulkan rasa nyeri pada bagian tubuh. Simak gerakan menghilangkan nyeri yang bisa membantu Anda berikut ini.

Ditulis oleh: Morteza Tafakory
gerakan untuk menghilangkan nyeri tubuh

5 Langkah Membuat Tubuh Lebih Fleksibel dan Lentur

Sering mengalami nyeri otot atau merasa gerak tubuh kurang gesit? Mungkin Anda harus membuat tubuh lebih fleksibel. Bagaimana caranya? Cari tahu di sini.

Ditulis oleh: Morteza Tafakory
cara membuat tubuh lebih fleksibel lentur

Yang juga perlu Anda baca

Tanpa Disadari, Hal-Hal Ini Bisa Menyebabkan Bulu Mata Rontok

Bulu mata membantu membangun karakter wajah seseorang. Tidak heran jika bulu mata rontok bisa bikin Anda minder. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

3 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

Pori-pori wajah yang besar dan tidak rata bisa mengganggu penampilan. Masker alami bisa mengecilkan pori-pori, Anda bisa memilih sesuai dengan tipe kulit.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Penuaan

Setiap orang akan mengalami penuaan. Gaya hidup dan riwayat kesehatan membuat orang bisa mengalami penuaan lebih dini. Apa saja tandanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Lansia 12 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Apa Saja Efek Samping Suntik Filler di Wajah?

Tertarik melakukan filler wajah? Ketahui terlebih dulu efek samping dan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perawatan wajah satu ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan, Operasi A-Z 31 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit



Direkomendasikan untuk Anda

skincare anti-aging usia 50 tahun

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
tips waxing di rumah

Tips Melakukan Waxing di Rumah Dengan Bahan-bahan Alami

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
cara menghilangkan hitam di leher

Leher Hitam? Atasi dengan Cara Mudah Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
brazilian blowout

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit