backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

9 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Ditinjau secara medis oleh dr. Dimas Nugroho · Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 3 hari lalu

9 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Menggabungkan postur tubuh, teknik pernapasan, dan meditasi, yoga tidak hanya berfokus pada kebugaran fisik tetapi juga kesejahteraan mental. Berikut adalah beberapa manfaat dari yoga.

Apa itu yoga?

Apa itu yoga? Yoga adalah sebuah aktivitas fisik yang melibatkan meditasi dengan teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh. 

Selain untuk kebugaran, yoga juga bertujuan untuk mencapai keselarasan dan harmoni antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas, dan tubuh.

Yoga terus berkembang selama berabad-abad dan dipengaruhi oleh beragam budaya, hingga kini tercipta berbagai jenis yoga, mulai dari Ashtanga, Kripalu, Bikram, sampai Vinyasa.

Fokus utama dalam yoga adalah kesadaran terhadap tubuh, pernapasan, dan pikiran selama latihan. Ini membantu dalam membangun koneksi yang lebih dalam dengan diri sendiri.

Teknik pernapasan (pranayama) merupakan bagian penting dari yoga. Pernapasan yang disadari membantu menyeimbangkan energi dalam tubuh dan menenangkan sistem saraf.

Selain itu, posisi tubuh saat yoga juga penting. Setiap pose memiliki tujuan untuk peregangan, kekuatan, atau keseimbangan.

Penting untuk memahami cara melakukan setiap pose dengan benar untuk menghindari cedera dan memaksimalkan manfaatnya.

Teknik dasar yoga

Teknik dasar yoga mencakup berbagai aspek yang membantu seseorang menjalankan praktik yoga dengan benar dan efektif. Berikut adalah beberapa teknik dasar yang penting dalam yoga.

  • Pernapasan dalam yoga tidak hanya sekadar proses biologis, tetapi juga merupakan teknik yang digunakan untuk mengendalikan energi dalam tubuh dan menenangkan pikiran. 
  • Asana atau pose tubuh adalah bagian terpenting dalam olahraga yoga. Setiap asana memiliki tujuan unik untuk meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, atau keseimbangan.
  • Meditasi merupakan bagian penting dari praktik yoga yang membantu dalam menenangkan pikiran dan meningkatkan kesadaran diri.
  • Kunci keberhasilan dalam yoga adalah konsistensi dan kesabaran. Praktik yoga secara teratur membantu mengembangkan kemampuan dan memperdalam pengalaman pribadi.
  • Daftar manfaat yoga

    pose yoga downward facing dog

    Berikut ini berbagai manfaat yoga baik untuk kesehatan fisik maupun mental apabila dilakukan secara rutin.

    1. Meningkatkan fleksibilitas

    Salah satu manfaat yoga paling dikenal adalah peningkatan fleksibilitas.

    Berbagai pose dan gerakan yang dilakukan selama sesi yoga membantu meregangkan otot dan jaringan ikat, membuat tubuh lebih lentur.

    Fleksibilitas yang baik membantu mengurangi risiko cedera dan meningkatkan kemampuan untuk melakukan berbagai aktivitas fisik dengan lebih mudah.

    2. Meningkatkan kekuatan otot

    Selain fleksibilitas, manfaat yoga juga membantu meningkatkan kekuatan otot.

    Beberapa pose yoga, seperti plank atau downward-facing dog, melibatkan penopangan berat badan yang dapat memperkuat otot-otot tubuh.

    Peningkatan kekuatan otot ini mendukung fungsi sehari-hari dan meningkatkan postur tubuh.

    Selain itu, otot yang kuat juga dapat membantu melindungi sendi dari cedera dengan menyerap sebagian tekanan dan beban saat beraktivitas.

    Artikel terkait

    3. Mengurangi stres

    Yoga juga bermanfaat mengurangi tingkat stres. Teknik pernapasan dan meditasi yang menjadi bagian dari praktik yoga membantu menenangkan pikiran dan mengurangi produksi hormon stres, seperti kortisol.

    Manfaat ini tertulis dalam salah satu penelitian dalam jurnal International journal of preventive medicine. Penelitian ini meneliti 52 wanita yang mengalami depresi, kecemasan, dan stres.

    Hasilnya, Hatha yoga yang dilakukan sebanyak 12 sesi dapat mengurangi stres, kecemasan, dan depresi pun dapat berkurang.

    Sesi yoga yang rutin dapat membantu individu merasa lebih tenang dan fokus.

    4. Meningkatkan keseimbangan

    Salah satu manfaat yoga adalah kemampuannya dalam meningkatkan keseimbangan tubuh.

    Latihan keseimbangan yang menjadi bagian dari berbagai pose yoga membantu memperbaiki koordinasi dan stabilitas tubuh secara keseluruhan.

    Berikut penjelasan dari pose yang mendukung keseimbangan tubuh.

    • Tree pose (Vrksasana): Pose ini melibatkan berdiri dengan satu kaki sementara kaki lainnya ditempatkan di bagian dalam paha atau betis. Ini membantu memperkuat otot kaki dan meningkatkan keseimbangan.
    • Eagle pose (Garudasana): Dalam pose ini, kaki dan lengan saling melilit, menciptakan posisi yang menantang keseimbangan dan koordinasi. Pose ini memperkuat otot kaki, pergelangan kaki, dan meningkatkan fokus.
    • Half moon pose (Ardha Chandrasana): Pose ini mengharuskan satu tangan dan satu kaki menyentuh lantai sementara tubuh sejajar dengan lantai. Pose ini meningkatkan keseimbangan dan kekuatan otot inti serta kaki.

    5. Meningkatkan kebugaran jantung

    Beberapa jenis yoga yang lebih dinamis, seperti Vinyasa atau Ashtanga, dapat membantu meningkatkan kebugaran jantung.

    Latihan ini meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan sirkulasi darah, yang penting untuk kesehatan jantung.

    Latihan yang teratur dari kedua jenis yoga ini dapat membantu meningkatkan kebugaran jantung melalui peningkatan denyut jantung dan sirkulasi darah yang lebih baik.

    6. Meningkatkan kualitas tidur

    Teknik pernapasan dalam yoga, seperti Pranayama, membantu menenangkan pikiran dan mengurangi stres.

    Pranayama melibatkan pernapasan dalam dan terkontrol yang dapat menurunkan detak jantung dan menstabilkan sistem saraf.

    Yoga juga menggabungkan teknik relaksasi dan meditasi, seperti Savasana (pose berbaring) dan Yoga Nidra (yoga tidur), yang dirancang untuk menenangkan pikiran dan tubuh.

    Hal ini membantu tubuh masuk ke dalam keadaan rileks, yang membuatnya lebih siap untuk tidur.

    7. Meningkatkan konsentrasi dan fokus

    mindfullness

    Manfaat yoga untuk pria dan wanita yaitu meningkatkan konsentrasi dan fokus mental.

    Meditasi dalam yoga melibatkan fokus dan perhatian pada satu objek, seperti napas, mantra, atau visualisasi, untuk menenangkan pikiran dan meningkatkan kesadaran.

    Meditasi dalam yoga juga melatih pikiran untuk tetap tenang dan terpusat, yang membantu mengurangi distraksi dan meningkatkan kemampuan untuk fokus pada tugas-tugas sehari-hari.

    Teknik pernapasan dalam yoga juga meningkatkan suplai oksigen ke otak yang berkontribusi pada peningkatan konsentrasi dan fokus mental.

    8. Mengurangi nyeri kronis

    Manfaat yoga juga bisa menjadi solusi yang efektif bagi mereka yang menderita nyeri kronis, seperti nyeri punggung atau sendi.

    Yoga melibatkan gerakan yang lembut dan terkontrol yang membantu meregangkan dan memperkuat otot-otot tanpa memberikan tekanan berlebih pada tubuh.

    Gerakan dalam yoga dapat mengurangi ketegangan otot, meningkatkan fleksibilitas, dan mencegah cedera lebih lanjut.

    Dikutip dari Harvard Health Publishing, yoga dapat membantu meredakan gejala radang sendi, fibromyalgia, migrain, dan nyeri punggung bawah.

    Kapan waktu yang baik untuk yoga?

    Banyak praktisi yoga menemukan bahwa melakukan yoga sesaat setelah bangun tidur membantu memulai hari dengan energi yang baik dan pikiran yang jernih. Pagi hari juga merupakan waktu yang baik untuk menciptakan rutinitas yang konsisten.

    9. Meningkatkan fungsi pernapasan

    Dalam yoga juga ada teknik bernapas bernama  Ujjayi (Victorious Breath). Ujjayi melibatkan pernapasan dalam melalui hidung dengan menghasilkan suara mendesah lembut di bagian belakang tenggorokan.

    Ini sering disebut sebagai “ocean breath” karena suaranya yang mirip dengan ombak laut.

    Teknik pernapasan terkontrol ini membantu memperluas kapasitas paru-paru dengan melibatkan diafragma secara lebih efektif.

    Ujjayi breath juga mengajarkan cara bernapas yang lebih efisien dan efektif, mengurangi pernapasan dangkal dan meningkatkan suplai oksigen dalam darah.

    Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, yoga menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan Anda.

    Baik untuk pemula maupun praktisi berpengalaman, olahraga yoga bisa dilakukan. Agar Anda melakukan gerakan dan pose dengan baik, sebaiknya ikut kelas yoga atau sewa pelatih yoga berpengalaman sehingga manfaatnya maksimal.

    • Yoga menggabungkan postur tubuh, teknik pernapasan, dan meditasi untuk meningkatkan kesehatan fisik dan kesejahteraan mental.
    • Yoga bertujuan untuk mencapai keselarasan dan harmoni antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas, dan tubuh.
    • Praktik yoga melibatkan berbagai teknik dasar seperti pernapasan yang terkontrol (pranayama), pose tubuh (asana), dan meditasi
    • Manfata yoga berupa peningkatan fleksibilitas, kekuatan otot, pengurangan stres, dan peningkatan konsentrasi. Waktu yang baik untuk melakukan yoga sering kali di pagi hari setelah bangun tidur untuk memulai hari dengan energi yang baik dan pikiran yang jernih.

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Dimas Nugroho

    Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


    Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 3 hari lalu

    ad iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    ad iconIklan
    ad iconIklan