home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Regurgitasi Trikuspid

Definisi regurgitasi trikuspid|Tanda & gejala regurgitasi trikuspid|Penyebab regurgitasi trikuspid|Faktor risiko regurgitasi trikuspid|Komplikasi regurgitasi trikuspid|Obat & Pengobatan regurgitasi trikuspid|Pengobatan regurgitasi trikuspid di rumah|Pencegahan regurgitasi trikuspid
Regurgitasi Trikuspid

Definisi regurgitasi trikuspid

Apa itu regurgitasi trikuspid?

Regurgitasi trikuspid adalah ketika katup jantung trikuspid tidak metutup rapat (bocor). Oleh sebab itu, Anda bisa menyebut kondisi ini sebagai kebocoran katup trikuspid.

Katup trikuspid terletak antara atrium kanan dan ventrikel kanan jantung. Katup akan terbuka bila atrium berkontraksi untuk memompa darah ke ventrikel, dan menutup ketika ventrikel berkontraksi untuk mencegah darah mengalir kembali ke atrium.

Dalam kasus ini, katup trikuspid terbuka, katup tidak menutup rapat yang memungkinkan darah mengalir kembali ke atrium. Ketika darah mengalir kembali, atrium kanan menjadi lebih aktif dan membesar.

Seberapa umumkah kondisi ini?

Penyakit jantung jenis ini mungkin lebih jarang terjadi, ketimbang jenis penyakit jantung lainnya, seperti aterosklerosis.

Biasanya, pengidapnya merupakan orang yang lain dengan kondisi kelainan pada katup jantung bawaan lahir dan mungkin terdeteksi pada usia anak-anak atau remaja.

Tanda & gejala regurgitasi trikuspid

kardiomiopati

Anda mungkin tidak menyadari gejala penyakit jantung sampai kondisinya parah. Seringkali, tanda pertama adalah gejala dari kondisi yang mendasari yang menyebabkan regurgitasi.

Gejala regurgitasi trikuspid yang parah, meliputi:

  • Kelelahan. Anda mugkin merasa sangat lelah, terutama selama aktivitas fisik.
  • Edema. Area perut, kaki, atau pembuluh darah leher yang membengkak (edema).
  • Irama jantung yang tidak normal. Aritmia atau denyut jantung tidak beraturan mungkin terasa seperti jantung Anda berdetak terlalu lambat, terlalu cepat, atau tidak teratur.
  • Ada denyutan pada leher. Pembuluh darah di sekitar leher terasa berdenyut jelas.
  • Sesak napas. Mengalami kesulitan bernapas dalam-dalam, terutama saat berolahraga.

Kapan harus periksa ke dokter?

Jika Anda merasakan salah satu atau lebih gejala kebocoran katup trikuspid sebagaimana penjelasan sebelumnya, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Terlebih jika Anda mengalami sesak napas.

Penyebab regurgitasi trikuspid

Regurgitasi katup trikuspid biasanya disebabkan oleh peningkatan ukuran bilik jantung kanan bawah (ventrikel kanan), yang dapat menyebabkan katup trikuspid berhenti bekerja dengan baik.

Beberapa kondisi yang mempengaruhi ventrikel kanan, seperti gagal jantung, tekanan darah tinggi pada arteri di paru-paru Anda (hipertensi pulmonal). Bisa juga karena kondisi otot jantung yang tidak normal (kardiomiopati) juga dapat menyebabkan katup trikuspid berhenti bekerja dengan baik.

Penyakit jantung ini juga dapat terjadi dengan kondisi jantung yang memengaruhi sisi kiri jantung, seperti gagal jantung sisi kiri yang menyebabkan jantung sisi kanan gagal bekerja.

Masalah kesehatan yang mungkin menjadi penyebab regurgitasi trikuspid, antara lain:

  • Anomali Ebstein

Pada kondisi langka ini, katup trikuspid yang cacat berada lebih rendah dari biasanya pada ventrikel kanan, dan daun katup trikuspid terbentuk secara tidak normal.

Hal ini dapat menyebabkan darah bocor ke belakang ke atrium kanan. Anomali Ebstein paling umum terjadi pada anak-anak dengan penyakit jantung bawaan, yang kadang tidak terdeteksi hingga dewasa.

  • Endokarditis

Katup trikuspid dapat rusak karena infeksi selaput jantung (endokarditis) yang dapat melibatkan katup jantung.

  • Sindrom karsinoid

Dalam kondisi langka ini, tumor yang berkembang di sistem pencernaan dan menyebar ke hati atau kelenjar getah bening menghasilkan hormon. Hormon ini dapat merusak katup jantung, paling umum katup trikuspid dan katup paru.

  • Sindrom Marfan

Sindrom Marfan, kelainan genetik jaringan ikat yang ada saat lahir, kadang-kadang dikaitkan dengan regurgitasi katup trikuspid.

  • Pemakaian alat pacu jantung

Alat pacu jantung atau kabel implan cardioverter-defibrillator terkadang dapat menyebabkan cedera pada katup trikuspid selama penempatan atau pelepasan perangkat implan.

  • Biopsi endomyocardial

Pada biopsi endomiokard, dokter akan mengangkat sejumlah kecil jaringan otot jantung kemudian berlanjut dengan pengujian untuk mengetahui tanda-tanda peradangan atau infeksi. Kerusakan katup terkadang dapat terjadi selama prosedur ini.

  • Demam rematik

Demam rematik adalah komplikasi radang tenggorokan yang tidak diobati yang dapat merusak katup jantung, termasuk katup trikuspid, yang menyebabkan penyakit jantung ini kemudian hari.

Faktor risiko regurgitasi trikuspid

Siapa pun bisa mengalami regurgitasi trikuspid. Namun, beberapa orang mungkin memiliki risiko yang lebih besar ketimbang orang lain terkena penyakit ini, karena beberapa faktor berikut.

Komplikasi regurgitasi trikuspid

Melansir dari laman Mayo Clinic, ada beberapa komplikasi yang bisa terjadi jika kebocoran katup trikuspid ini tidak mendapat penanganan dengan baik, seperti:

  • Fibrilasi atrium bisa terjadi karena katup yang rusak mempengaruhi irama jantung normal.
  • Gagal jantung sangat mungkin terjadi karena tekanan parah pada ventrikel kanan. Ventrikel akan semakin melemah seiring waktu dan menyebabkan gagal jantung.

Obat & Pengobatan regurgitasi trikuspid

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk regurgitasi trikuspid?

Dokter Anda akan mendiagnosis berdasarkan riwayat kesehatan awal dan pemeriksaan medis.

Dokter dapat memantau suara jantung sistolik untuk mencari suara yang tidak biasa dari aliran darah. Hal ini dilakukan untuk menentukan waktu siklus darah melalui suara jantung sistolik yang akan membantu dokter menemukan katup yang tidak menutup.

Kebocoran katup trikuspid perlu melalui diagnosis ekokardiografi, radiografi dada, dan elektrokardiografi.

Apa saja pilihan pengobatan untuk regurgitasi trikuspid?

Agar penyakit jantung ini tidak menimbulkan komplikasi, dokter akan merekomendasikan beberapa pengobatan berikut ini.

  • Minum obat untuk mengelola gejala, seperti obat diuretik, obat antiaritmia, dan obat untuk mencegah gagal jantung.
  • Operasi untuk memperbaiki katup jantung; memisahkan, menutup lubang, atau membentuk kembali selebaran katup. Jika dokter tidak bisa memperbaiki katup tersebut, dokter akan memasang katup jantung buatan.

Pengobatan regurgitasi trikuspid di rumah

pola hidup sehat lansia

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi regurgitasi trikuspid.

  • Konsumsi makanan yang sehat untuk jantung, seperti sayur, buah, biji-bijian, protein, dan lemak. Hindari makanan yang tinggi lemak jenuh, gula, dan garam.
  • Lakukan olahraga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda. Namun, tanyakan kepada dokter sebelum Anda memulai rencana olahraga.
  • Tingkatkan kebersihan diri, terutama pada kesehatan mulut dan gigi untuk mencegah infeksi gigi yang menjadi risiko endokarditis.
  • Istirahat yang cukup dan bisa mengelola stres agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Pencegahan regurgitasi trikuspid

Tidak ada cara pasti untuk mencegah regurgitasi trikuspid. Namun, beberapa langkah tertentu bisa menjadi cara untuk menurunkan risikonya, seperti:

  • Jaga kebersihan mulut dan mengikuti pengobatan dokter jika mengalami infeksi pada gigi dan mulut.
  • Selama masa kehamilan, lakukan cek kesehatan diri dan janin secara rutin untuk mendeteksi kemungkinan kelainan jantung pada bayi. Jaga kesehatan selama masa kehamilan.

health-tool-icon

Kalkulator Detak Jantung

Cari tahu berapa detak jantung istirahat (RHR) maksimum untuk usia Anda dan bagaimana intensitas olahraga dan faktor lain memengaruhi detak jantung.

Laki-laki

Wanita

Anda mengecek untuk ....

Detak jantung istirahat Anda .... (bpm/denyut per menit)

60

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Tricuspid valve regurgitation. (2018, April 17). Retrieved April 23, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tricuspid-valve-regurgitation/symptoms-causes/syc-20350168.

Tricuspid Valve Regurgitation: Heart and Vascular: Penn Medicine. (n.d.). Retrieved April 23, 2021, fromhttps://www.pennmedicine.org/for-patients-and-visitors/patient-information/conditions-treated-a-to-z/tricuspid-regurgitation.

Problem: Tricuspid valve regurgitation. (n.d.). Retrieved April 23, 2021, from https://www.heart.org/en/health-topics/heart-valve-problems-and-disease/heart-valve-problems-and-causes/problem-tricuspid-valve-regurgitation.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 08/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri